Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

STMIK AMIKOM Surakarta - Profil Lengkap dan Prodi Jurusan Akreditasi


STMIK AMIKOM Surakarta - Profil Lengkap dan Prodi Jurusan Akreditasi

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Surakarta merupakan Kampus Multimedia yang pertama kali didirikan secara resmi  pada tanggal 30 Juli 1998 berdasarkan keluarnya Surat Keputusan No. SK. 55/D/O/1998 oleh Yayasan Budi Utomo, dan hingga kini kampus tersebut diketuai oleh Moch. Hari Purwidiantoro, ST, MM. dan berada di bawah naungan Rektor Universitas AMIKOM sekaligus Dewan Pembina STMIK Surakarta Prof. Dr. M. Suyanto, MM.

AMIK Cipta Dharma Surakarta (nama kampus sebelum diambil alih oleh Yayasan AMIKOM) sejak pertama kali didirikan baru membuka satu Program Studi saja, yaitu Prodi Komputerisasi Akuntansi. Pada Tahun 2005, pengelolaan kampus akademi ini diserahkan sepenuhnya kepada Yayasan AMIKOM Yogyakarta.

Selanjutnya, Pihak Kampus menyatakan untuk membuka Prodi Baru secara resmi pada Tahun 2014 yaitu Program Studi Manajemen Informatika demi memenuhi minat dan tingkat kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap Yayasan AMIKOM akhir-akhir ini.

Sebagai wujud langkah serius kemajuan pada Institusi Pendidikan, Alih Perubahan Status Akademisi menjadi Sekolah Tinggi akhirnya juga dinyatakan berhasil dan mendapatkan restu melalui keluarnya Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 1008/KPT/I/2019 tertanggal 17 Okober 2019. 

Namun, perguruan tinggi tersebut melakukan perubahan nama yang awalnya bernama STMIK Cipta Dharma Surakarta kini resmi menjadi STMIK AMIKOM Surakarta pada akhir Tahun 2019 dan dikenal banyak orang ini hingga saat ini.  

Mengenai Akreditasi, STMIK AMIKOM Surakarta saat ini telah meraih Predikat B dengan catatan kualitas yang cukup baik, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 340/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PT/VI/2020 yang berlaku hingga tanggal 16-6-2025.

Hingga saat ini, STMIK AMIKOM Surakarta berkantor di Jalan Veteran Notosuman, Singopuran, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.


Visi

“Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan Nasional di Bidang Sistem Informasi dan Multimedia Tahun 2030” 
“To Be the National Excellence Campus on Information System and Multimedia in 2030”

Misi 

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkompetensi, mandiri, kreatif-inovatif, kompetitif, dan menguasai Sistem Informasi dan Multimedia.
  • Menyelenggarakan penelitian dalam Bidang Sistem Informasi dan Multimedia yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan Sistem Informasi dan Multimedia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat.
  • Mengembangkan manajemen yang profesional, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.


Tujuan 

  • Mendapatkan kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan.
  • Menumbuh-kembangkan budaya penelitian dan jiwa kewirausahaan di kalangan civitas akademika.
  • Menghasilkan karya penelitian dan produk kreatif-inovatif yang memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat dan bagi Pembangunan Nasional Indonesia.
  • Menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan amanah serta memiliki Competitive Contributing Competences (Kemampuan Akademik yang berkontribusi dan berdaya saing), Adaptive Skills (Keahlian yang tepat waktu dan tempat), dan Affective Characters (Kepekaan Karakter).

Baca Juga : 

Daftar Program Studi dan Prospek Lulusan Masing-Masing Beserta Akreditasinya

STMIK AMIKOM Surakarta terdapat 3 Program Studi dan satu prodi dinyatakan berhasil mendapatkan akreditasi. Untuk informasi selengkapnya bisa dicek tabel yang ada di bawah ini, semua yang didapat berdasarkan laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan website resmi STMIK AMIKOM Surakarta.


Jurusan / Program Studi


Akreditasi


Prospek Lulusan











S1 – Informatika
(Reguler/Transfer)








B

Business Analyst / System Analyst, Programmer, Software Engineer, Database Development dan Administrator, Web Developer, Web Administrator, IT Consultant, Technopreneurship, Graphic Designer, Multimedia Designer, Programmer, Creative Advertisement, Animator 2D dan 3D, 2D dan 3D Modelling, Art Director, Character Designer, Layout and Background Artist, Mixed media Animator, Animation Producer, Storyboard dan Concept Artist, Stop-motion Animator, Technical Director, Technopreneurship, Technical Engineer, Network Engineer, Network Systems and Data Communication, Analyst Network and Computer System Administrator, Computer Security Specialist, IT Consultant, Technopreneurship.






D3 - Manajemen Informatika



-


Programmer, Database Administrator, IT Consultant, Web Developer / Programmer / Designer, Web Administrator, Multimedia Programmer / Designer, Radio Bradcaster, Presenter, Reporter, Cameraman, Editor, Creative Advertisement, Art Director, Graphic Artist, Technopreneurship.








D3 - Komputerisasi Akuntansi





-

Accounting Clerks, Accounting Receptionist, Financial Clerks, Analsis Sistem, Programmer, Konsultan Pengembangan Sistem, Desainer Sistem, Administrator Database, Web Developer, IT Technical Support, Supervisor Data Processing, Senior Programmer, Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Akuntansi, Pengajar, Menjadi Technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang komputer akuntansi serta Information and Communication Technology System.



Rincian Biaya Kuliah, Sarana Prasarana dan Sumbangan Institusi

Berdasarkan Laman Brosur PMB STMIK AMIKOM Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021, Para Mahasiswa diwajibkan membayar biaya kuliah yang harus disetor setiap Masa Semesternya, begitu juga membayar Biaya Sarana dan Biaya Sumbangan Wajib Pembangunan berdasarkan dengan Gelombang Masuk dan Program Studi yang diminati masing-masing, sebagai berikut di bawah ini.

Biaya Kuliah, Pendaftaran, dan Sumbangan STMIK AMIKOM Surakarta

Fasilitas-Fasilitas Kampus

Guna untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan belajar segenap para mahasiswa, Pihak Kampus menyediakan berbagai fasilitas, sarana dan prasarana yang bagus dan terbaik, di antaranya adalah.
  • Hotspot Area
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Pemrograman
  • Laboratorium Multimedia
  • Laboratorium Broadcasting
  • Ruang Kuliah Ber-AC
  • Perpustakaan
  • Halaman Parkir Luas



Unit-Unit Kegiatan dan Komunitas Mahasiswa

Pihak Kampus juga menyediakan wadah organisasi dan unit kegiatan mahasiswa agar bisa menyalurkan bakat atau keahlian yang dimiliki oleh segenap para mahasiswa guna meningkatkan ajang kompetisi dan kualitas daya saing mereka sekaligus turut andil dalam mengharumkan nama baik almamater kampus tercinta ini, di antara lain ialah.
  1. Pecinta Alam
  2. Multimedia
  3. Cyber Hardware Software
  4. Badminton
  5. Futsal
  6. Musik
  7. Kerohanian Islam
  8. Broadcasting
  9. Games E-Sport

Penghargaan Nasional dan Internasional

Dalam rangka meningkatkan Reputasi Pihak Kampus baik di Skala Nasional maupun Internasional, STMIK AMIKOM Surakarta telah memenangkan 1 Penghargaan Internasional dan 18 Penghargaan Nasional dalam berbagai bidang khususnya pada Bidang TIK (Teknologi dan Informasi Komputer) dan Multimedia, beberapa di antaranya sebagai berikut.
  • Juara Lari Marathon Internasional UGM International Trail Run
  • Kukky & Puppy, Juara Nasional ITC Indoneris Kategori Animasi 2 Dimensi
  • Rain Story, Juara Nasional  SELISIK ITC Kategori Animasi 2 Dimensi
  • Gass Repair, Juara Nasional SELISIK ITC Kategori Mobile Application
  • Be a Hero, Juara Nasional SELISIK ITC Kategori Game Application
  • Porsi Romantis, Juara Nasional CDS Awards Kategori Short Movies
  • Sampah Tak Berkah, Juara Nasional ITC Indoneris Kategori Animasi 3 Dimensi
  • Udara Bersih, Juara Nasional Indocoris ICT Awards Kategori Animasi 2 Dimensi
  • Cheff Battle, Juara Nasional ITC Indoneris Kategori Game Development
  • BATI, Juara Nasional ITC Indoneris Kategori Desktop Application
  • SI PELAMAR, Juara Nasional ITC Indoneris Kategori Web Application
  • SIMPONIS, Juara Nasional SELISIK ITC Kategori Mobile Application
  • Motivasi Belajar, Juara Nasional SELISIK IT Kategori Animasi 2 Dimensi

Kerjasama dan Kolaborasi Antar Pihak

Pihak Kampus juga telah melakukan jalinan kerja sama dan kolaborasi dengan beberapa Perguruan Tinggi Dalam maupun Luar Negeri supaya dapat melahirkan sinergi dan dampak positif bagi para lulusan akademisi selepasnya dengan melalui program pertukaran Mahasiswa, transfer ilmu dan pengalaman, beasiswa maupun kerja sama dengan dosen dan peneliti, sebagaimana berikut di antaranya ialah.
  • Huachiew Chalermprakiet University Thailand
  • Union Institute of Language Australia
  • Universiti Kuala Lumpur Malaysia
  • Multimedia University Malaysia
  • TAFE Queensland Australia


Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Berlangganan via Email