Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Terlengkap | 10+ Keuntungan Jadi Blogger dan Cara Mendapatkannya


Menjadi blogger bisa menghasilkan? Seiring dengan kemajuan teknologi dan internet, profesi blogger kian banyak peminatnya karena bisa menghasilkan passive income yang cukup menggiurkan. Apa saja keuntungan jadi blogger atau punya blog ? Pahami terlebih dahulu apa itu blogger.


Apa Itu Blogger ?

Blogger merupakan sebutan bagi orang-orang yang menulis di blog atau di website dengan niche market tertentu. Blog yang dulunya lebih banyak sebagai catatan personal kini sudah banyak orang yang memanfaatkannya sebagai penyedia sumber informasi yang pengguna internet butuhkan.

Berbagai ilmu pengetahuan dan topik-topik blog yang menarik bisa Anda dapatkan dengan mudah hanya dengan mengetik kata kunci yang relevan. Tak hanya sebagai penyedia informasi, blog atau website kini juga berfungsi sebagai alat marketing untuk menjual produk barang atau jasa.

Menjadi blogger tidak harus dari kalangan intelektual dengan pengetahuan di atas rata-rata. Blogger bisa berasal dari berbagai kalangan dengan tingkat pendidikan, umur, dan status sosial yang beragam asalkan mau belajar dan berusaha keras untuk mengelola suatu situs.


12 Keuntungan Punya Blog atau Menjadi Blogger

Siapa sangka hobi menulis Anda bisa menjadi ladang penghasilan jika bisa melihat peluang, salah satunya adalah dengan menjadi blogger. Memang bukan hal yang mudah untuk menjadi blogger yang sukses, namun ada banyak keuntungan jika bisa memiliki blog atau menjadi blogger, yaitu:


1. Menguji Daya Kreativitas dan Inovatif

Menjadi blogger harus memiliki pola pikir yang kreatif dan inovatif agar tidak ketinggalan zaman. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, karena seorang blogger bisa membuat karya yang orisinal untuk memikat para pengunjung yang datang melihat dan membaca blog yang Anda buat.

Tulisan atau konten yang dibuat oleh blogger harus unik dan no plagiat karena jika ketahuan plagiat. Maka, Google akan memberi reputasi buruk dan bisa berakibat fatal kena penalti. Setiap blogger teruji kreativitasnya untuk menampilkan konten yang berkualitas di dalam desain website yang menarik.


2. Melatih Ketekunan dan Konsistensi

Jika Anda ingin menjadi blogger yang sukses, maka harus tekun dan konsisten. Karena 2 hal ini, merupakan kunci sukses dari seorang blogger agar bisa meraih target yang mereka inginkan. Apalagi salah satu penilaian algoritma Google adalah bersumber dari konsistensi dalam pengelolaan blog.

Oleh karena itu, seorang blogger harus selalu tekun dan konsisten dalam mengupload konten setiap harinya jika ingin mendapatkan penilaian baik dari Google. Karena penilaian yang bagus dari mesin pencari akan mempengaruhi peringkat website di halaman pencarian Google.


3. Menguasai Bidang IT

IT menjadi salah satu bidang ilmu yang paling banyak dibutuhkan di era teknologi dan informasi, seperti saat ini. Oleh karena itu, jika Anda menjadi blogger artinya memiliki penguasaan di salah satu bidang IT karena blogger terbiasa untuk mengotak-atik website dan menggunakan internet.

Mengelola website bukan sekedar membuat artikel dan konten secara konsisten, namun juga butuh pemahaman lain agar website tersebut bisa masuk peringkat atas halaman pertama. Salah satunya, adalah dengan menguasai teknik SEO, plugin di website, internet marketing, dan lainnya.


4. Memiliki Daya Saing Tinggi

Persaingan di bidang blogging dan pengelolaan website kini semakin tinggi, seiring dengan semakin banyak bermunculannya website-website baru dengan niche tertentu. Anda sebagai blogger akan terlatih memiliki daya saing yang tinggi, agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Dengan daya saing tinggi, seorang blogger akan terus terlatih untuk belajar mengikuti tren. Sebab perkembangan zaman dan membuat konten yang bermanfaat untuk pengguna. Mereka juga cenderung tidak akan mudah menyerah meskipun banyak tantangan yang dihadapi.


5. Paham Digital Marketing dan Internet Marketing

Bidang ilmu IT lainnya yang harus seorang blogger pahami untuk bisa sukses adalah internet marketing dan digital marketing. Kedua hal ini merupakan hal dasar yang harus dikuasai, agar blog yang dikelola bisa muncul di peringkat atas halaman pertama Google (Page One) seperti ekspektasinya.

Ilmu internet marketing dan digital marketing yang seorang blogger miliki akan membantu blog atau website tersebut menempati posisi terbaik di mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk bisa menguasai teknik-teknik membuat artikel yang SEO dan User Friendly agar mudah terindeks.


6. Melatih Ketelitian Dalam Bekerja

Seorang blogger harus teliti dalam bekerja, terutama saat menulis artikel dan memilih topik bahasan yang tepat. Karena jika salah memberikan informasi, hal ini tentu akan berdampak tidak baik untuk pembaca yang nantinya berdampak pada performa website.

Jika topik yang ada pada suatu konten di website semakin menarik, maka semakin banyak pencarian di Google terkait dengan topik tersebut. Peluang website untuk tampil di posisi teratas pun akan semakin tinggi. Untuk itu, Anda juga harus teliti dalam menganalisa kekuatan pesaing yang lain.


7. Memiliki Hobi Membaca dan Menulis

Memiliki hobi membaca dan menulis ? Maka, jangan sia-siakan hobi tersebut dan manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari aktivitas hobi yang Anda senangi. Menjadi blogger, tentu harus senang membaca dan menulis agar bisa menambah kosakata dan menguasai pengetahuan baru.

Semakin banyak membaca, maka akan semakin banyak ide yang bisa tertuang ke dalam tulisan. Jika ingin menjadi blogger yang sukses, maka mau tidak mau Anda harus rajin membaca agar bisa lebih mudah mendapatkan inspirasi untuk konten blog atau website.


8. Memahami Bagaimana Mengelola Website yang Benar

Blogger tidak hanya berkaitan dengan konten tulisan, namun juga unsur lainnya yang tidak kalah penting untuk dipahami adalah tentang pengelolaan website. Jika Anda memiliki pemahaman yang bagus terkait pengelolaan website, maka akan lebih mudah untuk mengoptimalkan kinerja blog.

Dengan memiliki kemampuan mengelola website, ini bisa menjadi peluang yang bagus jika Anda mampu memanfaatkannya dengan bagus. Bukan tidak mungkin bagi seorang blogger untuk membuka jasa penulis artikel maupun jasa pengelolaan website.


9. Memiliki Aset Digital

Blog atau website bisa menjadi aset digital bernilai tinggi, apalagi jika sudah memiliki kredibilitas di mata publik hingga banyak iklan yang muncul pada situs tersebut. Ada banyak sumber penghasilan yang bisa Anda dapatkan melalui blog atau website jika pengelolaannya bagus.

Anda bisa mendapatkan penghasilan, mulai dari pembayaran iklan yang dipasang pada blog, penjualan produk yang semakin meningkat, tawaran endorsement dan paid promote, dan lainnya. Bahkan jika sudah ber-traffic tinggi, blog tersebut bisa terjual dengan nilai fantasits.


10. Memiliki Banyak Pengetahuan

Demi bisa membuat konten yang berkualitas maka Anda harus lebih banyak membaca dan belajar. Artinya, ilmu pengetahuan dan wawasan yang dimiliki akan semakin meningkat ketika menjadi blogger. Bayangkan, semakin banyak topik tersedia maka semakin banyak sumber yang terbaca.

Anda juga akan terlatih untuk menganalisa kata kunci apa yang paling tepat dengan niche website agar bisa menghasilkan konten berkualitas yang pengguna butuhkan. Semakin menarik dan bermanfaat pembahasannya, maka situs tersebut akan semakin pengunjung sukai.


11. Bisa Bekerja di Mana Saja dan Kapan Saja

Menjadi blogger memiliki keuntungan tersendiri karena profesi ini tidak memiliki batasan usia, pendidikan, hingga status sosial. Menariknya lagi, Anda bisa menjadi blogger kapanpun dan di mana pun berada tanpa ada batasan waktu atau tempat untuk mengerjakannya.

Anda masih tetap bisa menghasilkan, meskipun hanya di dalam rumah dengan menjadi blogger. Bahkan, ketika liburan pun blogger masih tetap bisa bekerja dengan membawa laptopnya. Blogger juga bisa dengan bebas menentukan kapanpun waktu liburnya tanpa ada yang membatasi.


12. Mengenal Banyak Orang di Internet

Blogger juga memiliki komunitas yang anggotanya mencapai ribuan orang, baik di tingkat lokal maupun internasional. Anda akan mendapatkan lebih banyak network link dan teman baru melalui internet yang mungkin nantinya bisa diajak bekerjasama.

Anda bisa bergabung dengan komunitas blogger melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Telegram, WhatsApp, dan lainnya.


3+ Kerugian Jadi Blogger

Di balik banyaknya sisi positif dan keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi blogger, ternyata menjadi blogger juga ada kerugiannya. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri yang harus Anda hadapi sebagai seorang blogger jika ingin sukses. Berikut ini beberapa kerugiannya, di antara lain ialah :


1. Butuh Waktu Lama Untuk Bisa Menghasilkan

Untuk bisa menghasilkan blog atau website dengan trafik pengunjung yang tinggi, maka ada waktu panjang yang harus Anda korbankan agar semua itu bisa tercapai. Perbanyak bersabar hingga website tersebut bisa menghasilkan uang dan harus terus belajar agar tidak ketinggalan trend.

Namun, jika sudah menghasilkan, maka website tersebut bisa menjadi passive income dari segi finansial. Popularitas yang semakin tinggi pada suatu website, akan semakin meningkatkan penghasilan Anda. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk terus belajar dan upgrade ilmu.


2. Banyak Waktu Habis untuk Membuat Konten

Mengingat konten adalah inti utama dari suatu website, maka waktu Anda akan banyak habis hanya untuk membuat artikel. Bahkan seorang blogger bisa menghabiskan berjam-jam atau berhari-hari untuk membuat artikel sesuai dengan niche website yang pengunjung butuhkan.

Artikel menjadi tonggak utama yang menjadi kunci keberlangsungan suatu blog. Karena tanpa artikel, maka website tersebut tidak ada artinya karena tidak ada apapun yang bisa dibaca. Jika sudah merasa kesulitan untuk menangani semua artikel sendiri, manfaatkan jasa penulis artikel yang ada.


3. Butuh Modal

Memang banyak blog gratisan yang bisa pemula pakai untuk merintis karir sebagai blogger seperti blogspot atau wordpress. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal tentu lebih baik jika bisa membeli dan memiliki domain serta hosting sendiri sehingga situs tersebut lebih kredibel.

Belum lagi Teknik Optimasi SEO On Page maupun Off Page yang harus juga Anda optimalkan dan terkadang membutuhkan biaya. Pengeluaran yang sering dilakukan seperti pembelian backlink, jasa press release, jasa penulisan artikel, pembayara domain hosting, bayar iklan, dan lain sebagainya.


4. Harus Selalu Mengikuti Trend

Apa yang menjadi tren beberapa tahun lalu belum tentu menjadi tren di tahun sekarang. Artinya, perkembangan tren di dunia teknologi dan internet begitu sangat pesat, sehingga jika tidak terus belajar dan upgrade diri, maka Anda akan semakin tertinggal dan tidak bisa mengikuti perkembangan.

Alhasil, website atau blog pun akan lebih mudah tersingkir oleh kompetitor lain yang lebih berkualitas baik dari segi konten maupun teknik optimasinya. Belum lagi, algoritma Google yang selalu berubah menuntut pengelola website harus selalu standby untuk mempelajari tren.


5 Cara Agar Blog Mendapat Keuntungan/Penghasilan 

Ada banyak proses yang harus dilewati hingga sebuah blog atau website bisa menghasilkan pendapatan atau keuntungan. Namun, jika Anda memahami bagaimana cara agar blog bisa menghasilkan, maka akan lebih mudah untuk mengatur strategi marketing yang tepat.


1. Menjual Produk Barang atau Jasa Milik Sendiri

Website atau blog bukan hanya sekedar situs untuk menyediakan informasi yang pengguna internet butuhkan. Website juga bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk barang atau jasa untuk meningkatkan target market agar lebih luas lagi, sehingga omzet penjualan pun bisa meningkat.

Anda bisa memanfaatkan blog sebagai sarana pemasaran produk-produk jualan secara online. Sebagai contoh, jika menjual produk berupa tas, maka website tersebut bisa berfungsi layaknya marketplace yang menampilkan katalog produk, deskripsi, sekaligus cara pembayaran.


2. Pemasangan Iklan

Sering membuka website kemudian tiba-tiba muncul iklan ? Itulah salah satu penghasilan yang bisa pemilik website dapatkan. Iklan Adsense yang terpasang menjadi sumber penghasilan, karena setiap klik dari pengunjung akan terkonversi menjadi fee untuk pemilik website tempat iklan.

Anda bisa mendapatkan tampilan iklan pada website atau blog dengan cara membuat akun Google Adsense, lalu mendaftarkannya. Kemudian, tunggu hingga mendapatkan validasi akun sampai iklan bisa ditayangkan di blog tersebut. Semakin tinggi trafik, peluang iklan diklik pun semakin tinggi.


3. Penawaran Kerjasama

Blog yang sudah memiliki kredibilitas tinggi, biasanya lebih sering mendapatkan penawaran kerjasama. Oleh karena itu, blog atau website adalah aset digital berharga yang harus Anda perjuangkan hingga bisa memiliki popularitas tinggi di mata pengunjung internet.

Kerjasama yang Anda tawarkan bisa berupa pemasangan iklan dari suatu produk barang atau jasa untuk dalam bentuk konten pada website tersebut. Pemilik produk akan membayar nominal tertentu karena telah memasang konten terkait produk yang ada pada website.


4. Review Produk

Selayaknya selebgram yang memanfaatkan platform media sosial Instagram, untuk melakukan review produk, maka blogger pun juga bisa memanfaatkan platform website yang ia kelolanya. Produk hasil review biasanya akan menyesuaikan dengan target market dari blog tersebut.

Setiap review produk di konten website Anda, pemilik produk akan memberikan bayaran sesuai dengan kesepakatan bersama atau rate card yang telah terjalin kesepakatan sebelumnya. Jika banyak yang meminta untuk review, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan semakin banyak.


5. Program Affiliate

Afiliasi tentu sudah tidak asing lagi untuk bidang internet marketing. Program ini memungkinkan untuk mendapatkan komisi atau pembayaran dari produk yang berhasil terjual melalui website yang Anda kelola. Komisi bisa pengguna dapatkan dari setiap transaksi dari pemasangan program afiliasi.

Program afiliasi cukup simple dan tidak ribet karena tidak perlu lagi menyetok hingga mengepak barang untuk mengirimnya ke pembeli. Cukup dengan membuat konten lalu jika ada pembeli yang melakukan transaksi melalui affiliate yang terpasang di blog, maka komisi pun akan masuk.

Menjadi blogger memang terlihat menyenangkan apalagi jika website atau blog yang ada sudah bisa menghasilkan passive income. Namun, untuk mencapai hal tersebut tentu memerlukan kerja keras. Jika sudah tahu keuntungan jadi blogger atau punya blog, sudah siap memulainya?