Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Biografi Zainuddin Nafarin : Pendiri SMADAV dan Harta Kekayaannya

Biografi Zainuddin Nafarin : Pendiri SMADAV dan Harta Kekayaannya

Teknologi canggih yang sekarang ini Anda gunakan/operasikan, tidak akan pernah muncul jika tidak ada pengembangnya. Berterima kasihlah kepada seorang yang kreatif mengembangkan teknologi tersebut. Seperti salah satunya pencipta antivirus Smadav. Akan tetapi, tidak semua orang paham dengan biografi pendiri Smadav dan jumlah penghasilannya.

Pendiri SMADAV dan Jumlah Penghasilannya

Siapa yang tidak mengenal antivirus yang sampai saat ini banyak digunakan pengguna teknologi ? Smadav merupakan antivirus yang merupakan buatan orang Indonesia, bernama Zainuddin Nafarin. Beliau adalah seorang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Bahkan, nama Smadav sendiri terinspirasi dari sekolahnya.

Beliau pernah menghabiskan masa mudanya di SMA 2 Palangkaraya, itulah mengapa Zainuddin Nafarin memberikan nama antivirus buatannya Smadav. Siapa yang akan menyangka, bahwa antivirus populer yang sampai saat ini banyak pengunduh merupakan buatan orang Indonesia.

Berkat menciptakan antivirus lokal SMADAV ini, Zainuddin Nafarin memiliki jumlah penghasilan yang sangat fantastis. Sekitar 380 juta tiap bulannya bisa ia dapatkan dengan mudah, inilah bukti ketekunan yang sebenarnya. Menjadikan nama Indonesia terkenal berkat seorang kreatif dalam bidang teknologi ini.

Mengenal Zainuddin Nafarin, Sang Pencipta Antivirus Lokal

Zainuddin Nafarin - Pendiri SMADAV

Seperti yang sudah ada pada penjelasan sebelumnya, bahwa antivirus lokal bernama Smadav ini merupakan buatan orang Indonesia yaitu Zainuddin Nafarin. Menurut informasi, sebelum mengembangkan Smadav v1.0 ini saat mulai mengenal dan memahami Visual Basic di laboratorium komputer sekolahnya.

Dari situlah motivasi awal beliau untuk membuat antivirus bernama Smadav muncul. Terlebih lagi saat ada teman-temannya yang memintanya untuk membersihkan komputer dari virus lokal secara manual. Inilah yang menjadikan Zainuddin Nafarin, berubah menjadi seorang software programmer.

Berkat hasil karyanya yang tentu sangat membantu di era teknologi canggih ini, beliau semakin mendapatkan pujian dari banyak orang. Sekarang ini Zainuddin Nafarin telah menjadi CEO dan juga Founder dari Smadsoft. Smadav sendiri tercipta pada pertengahan tahun 2006, beliau menciptakannya saat menduduki kelas 2 SMA.

Kilas Balik SMADAV dan Penciptanya

Sebagai salah satu jenis antivirus yang paling populer, Smadav telah menduduki tingkatan pengguna yang semakin naik setiap tahunnya. Tidak heran memang, meskipun ada berbagai macam antivirus unggulan lain. Namun, masih menjadi andalan untuk dapat menghapus dan melindungi lubang USB.

1. Awal Mula Mengenal Anti Virus

Zainuddin Nafarin sebagai pembuat antivirus Smadav sejak tahun 2006 lalu, alasannya bisa mengenal antivirus tersebut bukan karena cinta almamater. Melainkan secara tidak sengaja, beliau mengenal yang namanya Visual Basic pada laboratorium sekolahnya yaitu SMA 2 Palangkaraya.

Pada pertengahan tahun 2006, beliau bersama teman-temannya mengikuti praktikum komputer. Materinya adalah mengenai Microsoft Office, tapi karena sudah cukup menguasai. Beliau bosan dan akhirnya justru bermain shortcut komputer. Perhatiannya tertuju kepada Visual Basic atau software bahasa pemrograman.

2. Mencari Tahu Seputar Visual Basic

Dari rasa penasarannya terhadap Visual Basic, Zainuddin Nafarin selalu berusaha mencari tahu seputar VB agar beliau bisa mempraktekkan dan mempelajarinya sendiri. Beliau sampai rela pergi ke warnet dua hari sekali yang jaraknya sekitar 5 km dari rumahnya. Benar-benar pemuda yang sangat kreatif.

Dari aktivitas beliau tersebut, Zainuddin Nafarin ini kemudian masuk atau bergabung ke komunitas online bernama vbbego.net. Sebuah komunitas berisikan orang – orang yang memiliki ketertarikan terhadap bahasa pemrograman melalui Visual Basic. Dengan maraknya virus, arah diskusinya menjadi banyak mambahas cara membuat virus.

3. Lahirnya Antivirus SMADAV versi 1.0

Tepat beberapa bulan setelah itu, Zainuddin Nafarin melahirkan antivirus buatannya yaitu Smadav v1.0. Namun, karena kesibukannya dalam mengikuti Olimpiade Matematika. Menjadikan beliau menundanya sampai tahun 2008. Smadav pertama kali terkenal tepatnya pada kawasan Yogyakarta.

Antivirus Smadav ini mulai Zainuddin Nafarin kembangkan sejak bulan Oktober tahun 2006. Salah satu pemicu beliau menciptakan Smadav adalah karena saat temannya memintanya untuk membersihkan virus lokal, padahal beliau cukup awam dengan hal tersebut. Hal itu membuatnya jengkel.

4. Berawal Dari Membantu Teman

Zainuddin Nafarin jengkel karena virus lokal tersebut dan juga temannya, mereka memintanya untuk ke rumah masing-masing temannya untuk membersihkan virus lokal secara manual. Mau tidak mau beliau mengiyakan ajakan rekannya. Dari sinilah beliau terinspirasikan untuk membuat antivirus Smadav.

Beliau menamakannya antivirus Smadav karena terinspirasi dari nama sekolahnya, yaitu SMA 2 Palangkaraya. Zainuddin Nafarin merupakan salah satu dari banyaknya orang yang jenius. Bagaimana tidak, beliau mulai merintis antivirus tersebut saat masih menduduki kelas dua SMA.

5. Apa Saja Fitur dari SMADAV ?

Smadav merupakan perangkat lunak berupa antivirus buatan lokal, tujuannya adalah untuk mengatasi virus komputer. Baik itu lokal atau bahkan internasional sekali pun yang sudah menyebar di Indonesia. Terdapat dua jenis antivirus, pertama versi gratis dan juga berbayar.

Logo dari Smadav sendiri adalah simbol objek berwarna hijau. Penciptanya, yaitu Zainuddin Nafarin mengatakan bahwa warna tersebut melambangkan kesederhanaan serta kedamaian. Ada begitu banyak sekali fitur yang ada pada Smadav ini. Seperti Smad-Lock dan juga SmaRTP.

Kelebihan Antivirus Buatan Lokal SMADAV

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa penemu dari anti virus bernama Smadav ini memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat bagi pengguna komputer / laptop. Zainuddin Nafarin telah memberikan solusi kepada seluruh pengguna Indonesia, agar leluasa internetan tanpa khawatir virus.

1. SMADAV Free

Sebelum menginjak ke dalam pembahasan mengenai kelebihan anti virus lokal ini, ketahui terlebih dahulu bahwa Smadav memiliki dua varian. Seperti Smadav Free ini, khusus untuk anti virus satu ini semua fitur yang nantinya akan pengguna gunakan semuanya gratis tanpa bayar.

Fitur yang ada pada Smadav Free ini, antara lain adalah proteksi tambahan bagi komputer Anda. Terjamin 100% kompatibel terhadap anti virus lain, termasuk best USB anti virus, tidak perlu melakukan update terlalu sering. Kemudian, adanya cleaner dan juga tools untuk dapat membersihkan virus.

2. SMADAV Pro

Nah, untuk variasi antivirus Smadav Pro ini adalah berbayar. Jadi, untuk bisa mendapatkannya Anda sebagai pengguna harus transfer uang agar bisa dapat license atau bahkan serial keynya. Sedangkan untuk fiturnya, sebagian sama dan setengahnya lagi tidak ada pada versi gratis.

Berbicara mengenai antivirus berbayar Smadav Pro ini, Anda harus bayar untuk dapat license. Harga satu key untuk 1 komputer saja, bisa jadi sekitar Rp 30.000, 3 key Rp 50.000. Sedangkan untuk 6 key 6 komputer adalah Rp 100.000.

3. Kelebihan Antara SMADAV Free dan Pro

Berbanggalah sebagai masyarakat Indonesia, berkat karya Zainuddin Nafarin semua pengguna komputer atau laptop tidak perlu khawatir lagi terhadap serangan virus. Dengan begitu, internetan menjadi lebih aman. Hal ini terbukti dari adanya kelebihan antara Smadav Free dan juga Pro.

Untuk Smadav Free alias gratis, Anda bisa mendapatkan semua fitur tanpa harus membayar. Berbeda dengan versi Pro-nya, ada beberapa fitur tambahan yang tidak ada pada versi gratis. Antara lain seperti update otomatis online, exception list, scanning jauh lebih cepat, dapat mengganti tema.

Dari beberapa penjelasan mengenai biografi pendiri Smadav dan jumlah penghasilannya. Kini Anda sudah mengetahui, bahwa orang yang mau berusaha menggapai inginnya pasti akan tercapai juga. Sama seperti Zainuddin Nafarin yang awalnya secara tidak sengaja bermain Visual Basic.