Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

DA PA Blog Turun ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

DA PA Blog Turun ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Menerapkan teknik yang benar dalam menjalankan blog memang sangat penting, seperti memperhatikan DA PA blog. Apabila DA PA blog mengalami penurunan, maka kita harus segera mencari tahu apa yang menjadi penyebab DA PA blog turun dan cara mengatasinya, agar situs blog kita kembali sehat.

DA PA blog sendiri dapat dikatakan sebagai indeks yang menunjukkan performa blog di mesin pencarian. Semakin tinggi DA PA, maka semakin bagus pula rating blog di Google. Hal inilah yang membuatnya sangat penting untuk diperhatikan.


Cara Mengecek DA PA Blog

Cara mengecek DA PA blog sebenarnya sangat simpel, di mana Anda bisa menggunakan situs pengecek DA PA seperti Tool Moz. Untuk mengecek DA PA blog menggunakan situs ini, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

  1. Bukalah browser di PC ataupun HP.
  2. Kemudian kunjungi Situs Tools Moz.
  3. Klik create an account, lalu masukkan email serta password.
  4. Tunggu beberapa saat hingga terdapat kode verifikasi masuk ke email, masukkan kode verifikasi atau klik link verifikasi yang ada di email.
  5. Setelah itu kembalilah ke menu login dan masukkan email serta password, lalu klik login.
  6. Otomatis Anda akan diarahkan masuk ke halaman utama Tool Moz, disini masukkan alamat website atau blog di kolom analisis.
  7. Selanjutnya klik Analyze, maka blog akan mulai di analisis.
  8. Bila sudah selesai akan muncul kolom everview berisi skor DA blog, lengkap dengan linking domains, ranking blog, dan informasi blog lainnya.
  9. Untuk mengecek DA PA sekaligus, klik compare link profiles yang ada di sebelah kiri layar.
  10. Kemudian klik lagi exact page, maka akan tampil DA PA blog secara lengkap.


Faktor yang Menentukan Skor DA PA Blog

Umumnya ada beberapa faktor utama yang menentukan skor DA PA blog, faktor ini sangat penting diperhatikan agar DA PA blog tetap stabil. Berikut faktor atau penyebab DA PA blog dan cara mengatasinya agar skor tetap stabil yang bisa dilakukan :


1. Kualitas Konten Blog

Membuat konten yang berkualitas sangatlah penting, baik dari segi materi, jumlah, ataupun penerapan SEO yang benar. Bila hanya mementingkan salah satunya saja, maka blog akan terlihat buruk di mata Google. Sehingga usahakan jagalah kualitas konten secara rutin.


2. Backlink Website

Membuat backlink website di website orang lain memang bagus, namun performa yang tidak baik akan membuat website sendiri akan menerima imbasnya. Skor DA PA bisa dipengaruhi oleh backlink yang Anda gunakan, sehingga berhati-hatilah saat menggunakan backlink tersebut.


3. SEO dan Search Engine Friendliness

Penerapan SEO sudah menjadi rahasia umum blog bisa page one, sehingga secara tidak langsung juga akan mempengaruhi skor blog tersebut. Selain itu ada juga penerapan SEO untuk blog secara keseluruhan atau biasa disebut Search Engine Friendliness.


4. Social Signals

Social signals juga harus diperhatikan agar DA PA blog tetap stabil, social signals ini bisa berupa like, comment, ataupun share pada konten blog. Semakin intens imbal balik antara pembaca dan penulis, maka semakin bagus pula blog di mata Google Search.


Penyebab/Faktor DA PA Blog Turun

Untuk lebih spesifiknya lagi ada beberapa hal utama yang menyebabkan DA PA blog turun, di mana dengan mengetahuinya Anda bisa mencegah agar skor blog tidak turun secara drastis. Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan :


1. Tidak Konsisten Posting Konten

Meskipun ide konten serta teknik SEO sangatlah penting, namun konsistensi membuat konten menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Biasanya Google akan melihat website atau blog ini dari seberapa konsisten membuat konten.

Usahakan buatlah konten yang terjadwal dengan baik, misalnya saja setiap dua hari sekali atau seminggu sekali. Pilihlah hari yang sana serta jam yang sama pula, dengan demikian secara tidak langsung skor blog akan naik di search engine Google.


2. Asal Pasang Backlink di Website Abal-abal

Memasang backlink di website abal-abal juga dapat membuat skor DA PA turun, hal ini karena performa backlink yang tidak stabil bisa menyebabkan search engine membaca blog kita sebagai blog biasa dan abal-abal pula. Sehingga skor blog juga akan ikut turun seiring berjalannya waktu.


3. Tidak Memperhatikan SEO

Seorang blogger yang menyepelekan SEO pastinya akan berakibat fatal, baik blog sepi pengunjung, konten tidak naik ke search engine, hingga pemblokiran blog bila dalam waktu lama tidak diperbaiki. Otomatis DA PA blog juga akan turun hingga menyentuh skor terendahnya.


Cara Mengatasi atau Meningkatkan DA PA Blog

Terkadang DA PA blog bisa turun tanpa adanya alasan yang jelas, bila sudah demikian maka seorang blogger harus segera mengatasinya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skor tersebut, beberapa yang paling penting bisa Anda simak berikut ini :


1. Tingkatkan Kualitas Konten

Meningkatkan kualitas konten menjadi hal yang wajib dilakukan, baik dari segi jumlah kata, konsistensi, atau dari segi materi konten itu sendiri. Biasanya konten yang bagus ialah konten yang memiliki struktur lengkap di dalamnya, mulai dari prolog, subjudul, list penomoran, hingga penutup.

Banyak blogger yang berpendapat konten yang bagus juga harus terhubung satu sama lain, seperti tema blog yang sama, judul terkoneksi, struktur sama, adanya backlink dengan konten lain, dan masihbanyak optimasi lainnya.


2. Gunakan Google Console

Bila Anda belum menggunakan Google Console, maka segeralah tautkan blog ke sistem tersebut. Google Console sendiri berguna untuk membuat Sitemap XML, meningkatkan trafik, hingga indeks Google dengan lebih cepat. 

Hal inilah yang membuat Google Console sangat penting untuk meningkatkan DA PA blog, terutama untuk blog baru atau yang mulai berkembang. Karena jumlah pengunjungnya yang belum stabil dan cenderung tidak menentu.


3. Aktifkan Google AMP

Jangan lupa aktifkan pula Google AMP atau yang biasa digunakan untuk mempercepat loading halaman blog. Meskipun terlihat sepele, namun website atau blog yang lambat akan sangat berpengaruh terhadap skor DA PA.


4. Tingkatkan Kecepatan Blog

Selain menggunakan Google AMP, ada juga cara lain untuk meningkatkan kecepatan atau performa blog. Misalnya saja membeli domain dan hosting premium, mengurangi konten video, hingga melakukan optimasi page speed.

Agar lebih maksimal usahakan saat melakukan posting konten, perhatikanlah penerapan gambar atai link yang tepat. Sehingga tidak memperlambat website ataupun blog dalam melakukan loading page di dalamnya.


5. Buat Blog Mobile Friendly

Buatlah blog sebisa mungkin untuk mobile friendly, di mana Anda bisa membuat blog agar tetap nyaman dikunjungi oleh pengguna HP. Fitur ini sendiri sebenarnya sudah ada di blog ataupun website, namun masih belum banyak yang melakukan optimasi yang satu ini.

Setelah mengetahui penyebab DA PA blog dan cara mengatasinya di atas, maka secara tidak langsung skor DA PA blog berangsur-angsur akan mulai pulih kembali. Sehingga website atau blog bisa sehat dan memiliki banyak pengunjung setiap harinya.