Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Link Dofollow dan Nofollow : Pengertian, Perbedaan, Fungsi dan Manfaat

Link Dofollow dan Nofollow : Pengertian, Perbedaan, Fungsi dan Manfaat


Bicara seputar SEO memang tidak ada habisnya, termasuk penggunaan link Dofollow dan Nofollow sebagai salah satu optimasi yang banyak digunakan saat ini. Meskipun terlihat sepele, namun nyatanya website atau blog terkenal selalu menggunakan link tersebut.

Baca Juga :

Tergantung penggunaannya Link Dofollow atau Nofollow bisa membuat situs naik ke peringkat satu Google Search. Namun bila menerapkannya secara salah, kedua link ini justru akan membuat situs mengalami penurunan rating dalam Search Engine.


Pengertian Link Dofollow dan Nofollow

Dari ulasan di atas, pastinya banyak yang penasaran Apa Itu Dofollow dan Nofollow ? Sebenarnya keduanya memiliki pengertian yang bertolak belakang, sehingga penggunaannya juga berbeda. Untuk lebih lengkapnya lagi berikut pengertian Dofollow dan Nofollow secara lebih luas :

1. Pengertian Dofollow

Dofollow merupakan link bawaan yang memang sudah ada pada sebuah situs, baik halaman utama ataupun semua postingan postingan yang ada. Link inilah yang digunakan untuk dapat mengunjungi situs tersebut dari berbagai perangkat.

Umumnya Google akan merayapi link tersebut agar dapat diindeks, kemudian bisa dilihat oleh pengunjung melalui Search Engine. Biasanya untuk meningkatkan performasi, link Dofollow inilah yang akan dioptimasi sehingga lebih friendly.


2. Pengertian Nofollow

Berbeda dengan Dofollow, link Nofollow digunakan untuk menghentikan atau memblokir Google agar mengabaikan halaman di sebuah situs. Hal ini ditunjukkan supaya Google tidak melihat sisi buruk situs yang bisa membuat situs tersebut terlihat jelek di Search Engine.

Link Nofollow dapat digunakan untuk beragam kebutuhan SEO, misalnya saja menyembunyikan halaman tidak penting, mengabaikan komentar-komentar negatif, dan konten-konten yang bersifat sensitif.


Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Secara garis besar baik link Dofollow maupun Nofollow memiliki perbedaan yang besar, di mana keduanya lebih spesifik di bidangnya masing-masing. Nah berikut, beberapa perbedaan utama dari link Dofollow dan juga link Nofollow :


1. Struktur HTML

Bagian yang benar-benar membedakan link Dofollow dan link Nofollow terletak pada struktur HTML yang dimilikinya. Di mana link Dofollow memiliki HTML yang kompleks dan seperti link web atau blog, misalnya saja https://kreasimuda.com/cara.memulai.usaha.html.

Sedangkan struktur link Nofollow akan terdapat perbedaan yang signifikan, misalnya link di atas akan menjadi https://kreasimuda.com/ref:nofollow.cara.memulai.usaha.html

Dengan link seperti ini, maka ia tidak akan diindeks oleh mesin telusur Google.


2. Fungsi

Dari segi fungsinya kedua link memang sudah sangat berbeda, di mana link Dofollow digunakan untuk mengindeks ke Google. Sedangkan, link Nofollow untuk membuat Google tidak mengindeks halaman atau postingan dalam blog.

Tentunya penggunaan kedua link tersebut sangat luas, tergantung kebutuhan atau keinginan seorang blogger dalam mencantumkan link dalam blog yang dimilikinya. Namun, bila kedua link tersebut tidak digunakan secara benar, maka akan berdampak buruk bagi situs ke depannya.


Cara Mendapatkan Link Dofollow

Mendapatkan link Dofollow dari situs luar, tentunya akan membuat situs milik Anda bisa lebih dikenal banyak orang. Untuk cara mendapatkan link Dofollow ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini :


1. Menulis di Website atau Blog

Ada beberapa website atau blog di luar sana yang membutuhkan seorang penulis, di sini ambillah pekerjaan tersebut kemudian mintalah izin kepada pemilik website untuk dapat menyertakan satu link saja yang menuju ke blog milik sendiri.

Dengan begitu selain mendapatkan bayaran, tentunya blog sendiri akan memiliki rating yang lebih bagus kedepannya. Namun usahakan pilihlah website atau blog yang memiliki tema atau topik pembahasan yang sama, sehingga kualitas blog tetap terjaga di Search Engine.


2. Repurpose Konten

Membuat konten yang sama dengan orang lain memang menjadi sebuah pelanggaran, namun apa jadinya bila Anda membuat konten yang sama namun memiliki struktur yang berbeda. Misalnya terdapat situs dengan konten tips kesehatan, maka buatlah versi slideshare, foto, atau videonya.

Secara tidak langsung bila orang mengunjungi situs utama tips kesehatan tersebut, maka selanjutnya Google juga akan merekomendasikan situs Anda ke orang tersebut. Karena memiliki konten yang mirip atau serupa di tips kesehatan tersebut.


Dampak dan Manfaat ke SEO

Penggunaan link Dowfollow dan link Nofollow tentunya akan berdampak besar pada SEO blog, entah itu dampak positif ataupun negatif semuanya tergantung penggunaan. Namun secara umum link tersebut akan berdampak positif seperti berikut :


1. Manfaat Link Dofollow

Apabila Anda menerapkan link Dofollow pada blog, maka ada beberapa manfaat yang akan dirasakan. Terutama untuk meningkatkan kualitas serta SEO blog agar lebih dikenal secara luas. Misalnya saja beberapa manfaat berikut ini akan dirasakan saat menerapkan link Dofollow di blog :

  • Mempermudah blog masuk ke indeks Google
  • Memperluas jaringan dan koneksi blog
  • Memaksimalkan related keyword yang sesuai dengan tema blog
  • Meningkatkan Skor DA PA Blog
  • Bagus untuk meningkatkan SEO Page
Baca Juga :

2. Manfaat Link Nofollow

Di sisi lain manfaat link Nofollow juga tak kalah bagusnya bagi SEO blog, di mana link ini lebih berfungsi sebagai proteksi terhadap blog itu sendiri. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, nah untuk lebih lengkapnya berikut manfaat link Nofollow untuk sebuah blog :
  • Menyembunyikan halaman dengan rating jelek di blog
  • Menghindari Google melihat spam komentar negatif
  • Menghilangkan konten yang bersifat negatif
  • Menghindari pemblokiran blog

Dari ulasan seputar link Dofollow dan Nofollow di atas, pastinya kini Anda suda tahu seberapa penting link tersebut untuk sebuah blog. Sehingga mulai saat ini bisa menerapkannya pada blog sendiri, namun tetap harus sesuai kegunaan dan fungsinya agar dapat memaksimalkan potensi blog.