Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Internal dan Eksternal Link : Pengertian, Perbedaan, dan Manfaat

Internal dan Eksternal Link : Pengertian, Perbedaan, dan Manfaat

Penggunaan link tentunya sudah menjadi hal biasa dalam optimasi SEO, di mana link berguna untuk mengunjungi ke alamat lainnya. Link sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu internal dan eksternal link, untuk lebih lengkapnya berikut pengertian internal dan eksternal link, perbedaan, dan manfaatnya.


Pengertian Link Internal dan Eksternal

Sebelum tahu apa fungsi link dan cara menggunakannya, alanglah baiknya tahu terlebih dahulu pengertian kedua jenis link ini. Hal tersebut agar nantinya Anda tahu soal kedua link ini dan tidak salah dalam menggunakan link di website atau blog.


1. Pengertian Internal Link

Internal link menjadi jenis yang paling sering digunakan dalam blog, jenis ini sendiri memungkinkan pengguna untuk memasang link ke alamat atau halaman lain di situs blog yang sama. Sehingga pengunjung dapat tertarik untuk melihat konten lain di blog itu sendiri.

Hal ini bertujuan agar pengunjung tidak cepat-cepat keluar blog dan lebih memilih untuk berlama-lama dalam blog yang sama. Tentunya, internal link dapat membuat situs memiliki SEO yang bagus dan akan lebih sering dikunjungi.


2. Pengertian Eksternal Link

Lawan dari internal link, eksternal link sendiri merupakan sebuah tautan baik menuju atau datang dari situs lain. Biasa disebut sebuah koneksi antar website agar mendukung satu sama lain dari segi view atau pengunjungnya.

Biasanya eksternal link juga digunakan dalam iklan atau promosi, sehingga produk yang dijual memiliki jaringan yang lebih luas. Eksternal link sangat bagus untuk memperkenalkan blog atau situs yang baru dibuat agar lebih cepat dikenal oleh banyak orang.


Perbedaan Link Internal dan Eksternal 

Sebenarnya, bila dilihat baik-baik antara perbedaan internal dan eksternal link yang dimilikinya. Keduanya memiliki perbedaan serta kelebihannya masing-masing, di mana kedua link ini sangat dibutuhkan dalam perkembangan website ataupun blog.


1. Penggunaan Internal Link dan Eksternal Link

Perbedaan yang paling jelas di antara keduanya datang dari segi penggunaan, di mana internal link digunakan untuk menuju halaman lain. Namun masih dalam satu situs website ataupun blog, biasanya ia digunakan agar pengunjung bisa lebih lama di dalam sebuah blog.

Sedangkan eksternal link digunakan untuk menuju atau datang dari situs lain, biasanya diterapkan pada blog yang telah melakukan kerja sama sebelumnya. Biasanya eksternal link juga biasa ditemui pada iklan ataupun promosi yang dilakukan secara online, seperti iklan-iklan di sosial media.


2. Tujuan Internal Link dan Eksternal Link

Dari segi tujuannya sendiri ada beberapa yang sama, namun ada beberapa tujuan yang memang bertolak belakang. Misalnya, internal link dan eksternal link sama-sama digunakan untuk mengembangkan website atau blog ke arah yang lebih baik.

Di sisi lain keduanya juga memiliki perbedaan, di mana internal link lebih condong untuk mengembangkan diri secara individual. Sedangkan eksternal link lebih ke arah jaringan yang lebih luas dengan memperkenalkan website atau blog melalui media-media digital lainnya.


3. Cara Menggunakan Internal Link dan Eksternal Link

Bila dilihat dari cara penggunaannya, internal link cenderung lebih mudah digunakan. Hal ini karena ia bisa dibuat sendiri, baik di dalam konten, toolbar website, ataupun di halaman situs. Apalagi baik hosting website atau blogger memang sudah memberikan fitur hyperlink yang bisa digunakan.

Namun untuk penggunaan eksternal link sedikit lebih susah, karena mesti melibatkan orang lain atau situs lainnya untuk dapat membuat eksternal link. Dibutuhkan kerja sama atau kontrak terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan eksternal link ini, sehingga penggunaannya lebih terbatas.


4. Kelebihan Internal Link dan Eksternal Link

Secara garis besar kelebihan internal link datang dari optimasi blog itu sendiri, di mana ia berfungsi agar blog lebih optimal dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, internal link dapat membuat SEO blog semakin meningkat di mata Google Search.

Sedangkan, eksternal link memiliki kelebihan untuk memperluas koneksi blog, baik antar blogger, penyedia jasa, iklan, dan masih banyak lainnya. Bisa dibilang eksternal link lebih mengarah ke penghasilan atau sebagai bentuk agar membuat blog dapat secara luas lebih menghasilkan.


Manfaat Link Internal dan Eksternal

Ada beberapa manfaat utama yang diberikan oleh internal link dan eksternal link, tentunya kedua link ini juga memiliki manfaat yang berbeda. Tergantung penggunaannya link tersebut akan sangat membantu untuk membuat situs semakin bagus.


1. Manfaat Internal Link

Internal link memiliki beberapa manfaat utama, di mana bila dimanfaatkan dengan baik bisa membuat perkembangan pesat bagi sebuah blog. Manfaatnya sendiri bisa Anda simak berikut ini :

  • Mempermudah Bot Google merayapi halaman situs.
  • Mempermudah sistem navigasi blog.
  • Meningkatkan page view blog.
  • Memperbesar peluang mendapatkan backlink secara eksternal
  • Sebagai Optimasi SEO
  • Mengurangi tingkat atau persentase bounce rate.


2. Manfaat Eksternal Link

Bukan hanya internal link saja yang memberikan manfaat bagus, namun eksternal link juga tak kalah bermanfaatnya untuk pengembangan situs web atau blog. Berikut beberapa manfaat utama bila menggunakan eksternal link pada blog :

  • Memperkenalkan situs ke blogger atau pembaca.
  • Memperluas jangkauan koneksi dan jaringan.
  • Membuat blog menjadi lebih baik.
  • Membuat situs terlihat lebih profesional.
  • Sebagai SEO On-Page.
  • Sebagai bentuk kerja sama dengan blogger lain.
  • Sebagai langkah awal kerja sama dengan berbagai pihak.

Dari ulasan seputar pengertian, perbedaan, manfaat internal dan eksternal link yang ada di atas. Tentunya, kini mengelola website atau blog akan semakin lebih profesional. Meskipun tidak akan berdampak langsung, namun perlahan keberadaan link akan membantu perkembangan blog.