Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12+ Daftar Domain Tertua di Indonesia dan Dunia

10+ Domain Tertua di Indonesia dan Dunia

Setiap website atau blog pastinya memiliki nama domain yang berbeda-beda, dimana domain inilah yang menjadi alamat situs sekaligus branding sebuah web. Tahukah Anda bahwa terdapat daftar Domain tertua di Indonesia dan Dunia.

Domain memang sudah ada sejak tahun 1980-an, kala itu belum banyak yang menggunakan website atau blog. Domain mulai berkembang setelah perusahaan besar atau institusi mulai menggunakannya untuk membuat website perusahaan.


Daftar Domain Tertua di Indonesia dan Dunia

Nah bagi Anda yang ingin tahu domain tertua di Indonesia maupun dunia, baik yang masih aktif, sudah diakuisisi, atau yang sudah tidak aktif lagi. Maka Anda bisa menyimak ulasan daftar domain tertua berikut ini :


1. Symbolics.com

Salah satu domain tertua di dunia bernama Symbolics.com, dimana domain ini dibuat pertama kali pada tanggal 15 Maret 1985. Meskipun demikian, namun kini Symbolics.com telah dibeli oleh perusahaan investment yakni XF.com dan masih aktif hingga sekarang.


2. BBN.com

Ada juga domain dari perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yaitu Bbn.com, domain ini sendiri pertama dibuat pada 24 April 1985. Sama seperti Symbolics.com, domain Bbn.com sudah diakuisisi oleh perusahaan Raytheon dengan domain Raytheon.com pada tahun 2009 yang lalu.

Perusahaan Raytheon sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, dimana domain yang digunakan juga tetap sama dan masih aktif hingga sekarang. Anda dapat menemukannya dengan mudah di Google Search Engine.


3. Think.com

Thinking Machine Corporation merupakan perusahaan yang bergerak di bidang komputer, perusahaan ini sendiri memiliki sebuah website yang mempunyai nama domain Think.com. Domain tersebut menjadi salah satu domain tertua yang dibuat pada 24 Mei 1985.

Namun sayangnya perusahaan yang mengalami kebangkrutan tahun 1994, membuat domain tersebut dibeli oleh perusahaan lain. Bahkan kini ia sudah tidak aktif lagi dikarenakan alasan yang tidak dapat diketahui.


4. Mcc.com

Mcc.com menjadi domain tertua selanjutnya yang pertama kali di daftarkan pada 11 Juli 1985, dimana ia dimiliki oleh perusahaan Microelectronics and Computer Technology Corporation. Namun statusnya kini sudah tidak lagi aktif.


5. Dec.com

Perusahaan Digital Equipment Corporation atau biasa disingkat DEC, menjadi salah satu perusahaan manufaktur komputer tertua di dunia. Tak heran perusahaan ini juga memiliki domain tertua di dunia yang di daftarkan pada 30 September 1985 dengan nama domain Dec.com.

Saat mengalami kebangkrutan, Dec.com dijual dan diakuisisi oleh perusahaan yang bernama Compaq pada tahun 1998. Sayangnya kini ia sudah tidak aktif dan tidak dapat dijumpai lagi di search engine Google.


6. Northrop.com

Sudah ada sejak 7 November 1985, membuat Northrop.com menjadi satu dari banyak domain tertua di dunia. Domain ini sendiri dimiliki oleh perusahaan dirgantara Northrop Corporation yang kini berubah menjadi Northrop Grumman Corporation.

Semakin berkembangnya zaman domain ini sudah tidak lagi aktif, karena Northrop telah memiliki situs baru yang resmi digunakan saat ini. Sehingga Northrop.com statusnya tidak aktif dan tidak digunakan lagi.


7. Xerox.com

Xerox Corporation atau bisa disebut sebagai perusahaan fotocopy pertama di dunia ini juga memiliki domain yang dibuat pada tahun 1986. Sehingga menjadi salah satu domain paling tua di dunia yang bernama Xerox.com.


8. UI.AC.ID

Di Indonesia sendiri domain mulai digunakan sejak tahun 1990-an, tercatat domain UI.AC.ID menjadi domain paling tua di Indonesia yang dibuat pada 1 Januari 1995. Hingga sekarang domain tersebut masih aktif dan digunakan sebagai domain resmi Universitas Indonesia.

Bahkan dari sinilah domain .ID mulai banyak digunakan, sehingga Universitas Indonesia menjadi salah satu lembaga yang mengelola penggunaan domain .ID di Indonesia hingga sekarang ini.


9. TELKOM.CO.ID

Selanjutnya ada perusahaan telekomunikasi PT. Telkom Indonesia yang membuat situs dengan domain TELKOM.CO.ID pada 18 Mei 1995. Sehingga ia menempati urutan kedua sebagai domain tertua yang ada di Indonesia.

Hingga kini domain tersebut masih aktif dan sering digunakan untuk berbagai pelayanan Telkom, seperti berita telekomunikasi, informasi perusahaan, ataupun anak perusahaan yang dimilikinya.


10. ITB.AC.ID

Tak ingin kalah dengan Universitas Indonesia, kampus ITB juga membuat situs dengan domain ITB.AC.ID pada 18 Mei 1995 silam. Hal inilah yang membuatnya termasuk domain tertua sekaligus lembaga yang berkepentingan terhadap domain .ID seperti halnya Universitas Indonesia.

Terlepas dari hal tersebut domain ITB.AC.ID tetap digunakan sebagai pelayanan utama sampai sekarang, seperti pendaftaran mahasiswa, jurnal-jurnal, berita kemahasiswaan, dan masih banyak lagi lainnya.


11. UII.AC.ID

Sama halnya dengan Telkom dan ITB, UII atau Universitas Islam Indonesia juga membuat situs dengan domain pada tanggal 18 Mei 1998. Situs tersebut dibuat sebagai bentuk promosi sekaligus penggunaan awal domain .ID di Indonesia.

Sampai sekarang ia juga masih digunakan sebagai domain resmi Universitas Islam Indonesia, baik sebagai media branding ataupun bentuk layanan pendidikan berbasis web dari kampus itu sendiri.


12. RAD.NET.ID

Masih di tanggal yang sama yaitu 18 Mei 1998, PT. Rahajasa Media Internet juga membuat domain untuk perusahaannya dengan nama domain RAD.NET.ID. Perusahaan ini sendiri bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi, bahkan ia menjadi salah satu yang tertua diantaranya.

Meskipun demikian, sayangnya RAD.NET.ID sudah tidak digunakan sejak tahun 2018 yang lalu. Namun situs ini masih bisa dikunjungi dan dilihat melalui Google Search Engine.


13. UGM.AC.ID

Meskipun bukan menjadi kampus pertama yang menggunakan domain, UGM juga patut diacungi jempol karena selalu update soal teknologi. Kampus ini sendiri mulai menggunakan domain resmi Indonesia sekitar tanggal 12 Juli 1995 dengan nama domain UGM.AC.ID.

Tentunya situs tersebut juga masih beroperasi hingga kini, bahkan di dalamnya terdapat berbagai pelayanan dari Universitas Gajah Mada tersebut. Baik pelayanan untuk mahasiswanya atau berita-berita terbaru yang bisa dinikmati oleh publik sekalipun.


14. INDOSAT.NET.ID

Menjadi salah satu kartu provider terbesar di Indonesia, PT. Indosat Mega Media menggunakan domain .ID pertama kali pada 15 Februari 1996. Domain perusahaan ini diberi nama INDOSAT.NET.ID dan digunakan sebagai pelayanan utama Indosat kepada konsumennya.

Hingga sekarang domain ini juga tetap digunakan sebagai situs utamanya, dimana semua pengguna Indosat dapat menggunakannya untuk menikmati semua layanan yang diberikan oleh Indosat.


15. UNAIR.AC.ID

Universitas Airlangga memang menjadi salah satu kampus tertua di Indonesia, kampus ini mulai menggunakan domain .ID sejak 7 Mei 1996 yang diberi nama UNAIR.AC.ID. Hingga kini domain tersebut digunakan sebagai pelayanan kemahasiswaan.

Misalnya saja untuk pendaftaran, melihat daftar fakultas, hingga proses kelas di kampus Universitas Airlangga. Tak heran domain ini sudah menjadi domain utama sejak dulu dan digunakan hingga sekarang sekalipun.

Dilihat dari daftar domain tertua di Indonesia dan dunia di atas, dapat dipastikan domain mulai ada sejak tahun 1985-an dan baru masuk ke Indonesia sekitar 1995-an. Bahkan tidak sedikit pula situs dengan domain tertua tersebut yang masih aktif dan digunakan hingga saat ini.