Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Google Disavow : Pengertian dan Cara Menggunakan Bagi Para Pemula

Google Disavow : Pengertian dan Cara Menggunakan Bagi Para Pemula

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini pekerjaan semakin lebih mudah dengan kehadiran alat bantu untuk memaksimalkan kinerja. Seperti halnya backlink yang terkadang memberikan manfaat. Namun, dengan berkembangnya algoritma Google kriterianya semakin ketat. Tidak jarang orang ingin cari tahu cara menggunakan Google Disavow tools satu ini.


Apa Itu Backlink ?

Sebelum mengarah ke pembahasan yang lebih jauh lagi. Ada baiknya Anda mengetahui arti dari Bakcklink terlebih dahulu. Sesuai dengan namanya, Backlink ini merupakan link yang berasal dari website lain. Backlink spam ini bisa membuat dampak pada peringkat situs dari mesin pencarian Google.

Baca Juga :

Nah, Backlink yang baik itu mampu membantu peringkat situs menjadi lebih tinggi. Sebaliknya, Backlink yang buruk bisa memberikan masalah pada situs Anda. Hal inilah alasan penting, mengapa Backlink sendiri sangat beranfaat untuk meningkatkan ranking SEO pada website seseorang.

Apa pun penyebab yang berasal dari Backlink buruk, semuanya dapat merugikan pengguna. Google Tool inilah yang menjadi salah satu tools yang dapat menghentikan bahaya tersebut agar tidak mengintai website Anda. Backlink yang bagus itu justru bisa meningkatkan skor domain dan page authority.


Faktor Penyebab Dari Backlink Yang Buruk

Mengingat saat ini semakin maraknya backlink yang buruk dan memberikan dampak negatif kepada suatu situs. Dalam proses mengatasi masalah tersebut, Anda harus segera melakukan evaluasi pada setiap backlink-nya. Dalam dunia bisnis, tidak semua orang memiliki nilai persaingan yang sehat.

Ada beberapa dari mereka yang memiliki perilaku buruk. Sama halnya dengan seseorang yang melakukan backlink pada situs Anda. Melakukan berbagai macam cara untuk bisa mendapatkan peringkat. Bahkan lebih parahnya lagi, hal tersebut justru menyerang kompetitor dengan menggunakan backlink buruk.

Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, kini telah hadir inovasi baru yaitu dari Google Disavow Tool atau GDT. Jika sampai backlink yang berkualitas buruk itu Anda abaikan, tentu saja akan mengakibatkan dampak yang lebih buruk lagi. Nah, fungsi dari Google Tools satu ini adalah menolak backlink yang berkualitas buruk.


Segala Macam Informasi Mengenai Google Disavow Tools

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa kehadiran GDT ini sangatlah berguna sekali. Salah satunya dapat membantu untuk menolak backlink dengan kualitas buruk. Backlink yang beracun harus segera untuk Anda atasi, jika tidak maka akan berdampak buruk bagi website.


1. Mengapa Penggunaan Google Disavow Tools Itu Penting ?

Pernahkah Anda melihat suatu website atau blog, ada beberapa komentar yang berisikan link mengarah ke website pribadi? Itulah yang namanya backlink, namun tidak semua backlink memiliki kualitas baik. Nah, bagi yang berkualitas buruk harus segera mengatasinya. Jika tidak maka akan memberikan dampak bagi website sendiri.

Situs yang berisikan banyak backlink tidak berkualitas, justru tidak baik dan menjurus kepada tindakan Spamming. Dari hal ini bisa jadi Anda akan mendapatkan hukuman penalti dari pihak Google secara langsung. Oleh karena itu, Google Tool ini akan membantu menolak backlink.


2. Kapan Anda Harus Menggunakan Google Disavow Tools ?

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahwa Google Disavow Tools ini bisa membantu semua website yang terkena backlink berkualitas buruk. Pada umumnya, backlink yang memiliki kualitas buruk lebih menjurus ke tindakan spamming. Tentu saja hal ini tidak hanya mengganggu, namun juga berdampak buruk pula untuk website pribadi.

Inilah mengapa Anda harus menggunakan Google Disavow Tools segera. Mengingat tools tersebut memang khusus untuk bisa membantu setiap website yang terkena backlink berkualitas buruk. Cara atau kinerja dari tools tersebut bisa mengirim sebuah file penolakan langsung ke Google.


3. Bagaimana Google Disavow Tools Bisa Membantu ?

Seperti yang Anda tahu, backlink berkualitas baik termasuk ke dalam persyaratan peringkat pencarian yang juga baik dan sehat. Ada beberapa backlink yang mampu memberikan peringkat khusus kepada suatu website. Namun, ada pula yang isinya hanya menjurus ke tindakan spamming.

Dengan menggunakan Tool ini, maka akan membantu Anda untuk meningkatkan profil tautan masuk. Kemudian, juga akan menolak backlink dengan kualitas rendah secara langsung. Bila mesin pencarian menilai bahwa tautan terkait berkualitas buruk, maka akan langsung menghapus tautan tersebut.


4. Apa Itu Google Disavow Tools ?

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, Tools ini merupakan bagian dari pihak Google Webmaster Tools. Fungsinya adalah untuk dapat mengurangi nilai backlink berkualitas buruk yang menjurus ke spam.

Kemudian, dapat membantu untuk mencegah terhadap hukuman Google berbasis link. Google Tool tersebut akan memerangi link spam yang berada di situs Anda. Dalam kasus besar, tools tersebut akan mengupayakan agar link tidak merusak kinerja suatu situs.


5. Membuat File Pada Google Disavow Tools

Dengan semakin maraknya link spamming yang seringkali muncul pada situs pribadi, tidak hanya menggangguu. Namun, jika terus menerus mengabaikannya maka akan semakin bertambah buruk. Dengan hal ini, tidak menutup kemungkinan pengguna website melakukan pengajuan file ke tools.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ketika hendak menghapus suatu tautan / menambahkannya ke file Tools. Saat akan mengunggah file baru, maka secara otomatis mengganti file lama. Jadi, download file lamanya dulu barulah tambahkan baris baru untuk URL / domain situs yang tertolak.


6. Cara Memeriksa Backlink

Sebelum melakukan tindakan pelaporan tindakan spamming ke Google. Pertama, mulailah dengan cara menyusun daftar dari backlink itu sendiri. Anda juga bisa menggunakan webmaster tools, tujuannya untuk dapat mengunduh daftar dari backlink yang terdapat pada situs pribadi.

Anda juga bisa menggunakan tools seperti Moz, Ahrefs atau Majestic. Namun, usahakan saat menggunakannya paling tidak ada dua tools tersebut. Gunanya adalah untuk dapat memastikan sumber link yang banyak. Setelah daftar backlinknya lengkap, identifikasikan backlink buruk.

Baca Juga :


Cara Menggunakan Google Disavow

Tampilan Google Disavow

Setelah mengetahui berbagai macam jenis informasi mengenai Google Disavow Tools. Kini saatnya Anda mempraktekkan tools tersebut secara langsung. Caranya juga cukup mudah, hanya ikuti saja step by step dari awal sampai akhir. Pastikan tidak ada yang tertinggal, agar prosesnya berjalan lancar.

  1. Pertama-tama, verifikasikan website Anda dengan Google Webmaster Tools
  2. Lalu buat daftar backlink yang ingin Anda tolak
  3. Gunakan Aplikasi Notepad saja
  4. Untuk nama filenya harus ada .txt pada bagian akhir
  5. Bisa juga melihat langsung di Google Webmaster Tools
  6. Caranya pilih search traffic, lalu klik links to your site dan klik download this table
  7. Jika sudah download, ketik link yang ingin Anda tautkan
  8. Bila yang mengirim backlink banyak, gunakan nama domainnya saja
  9. Misalnya seperti domainspam.com
  10. Ketik pada pencarian Google Disavow Link Tools
  11. Kemudian, klik Disavow Links
  12. Lalu klik lagi tombol Disavow Link. Tujuannya untuk upload file txt
  13. Setelah itu, klik unggah lalu kirim
  14. Anda sudah berhasil melaporkan Backlink Spamming ke Google
  15. Laporan terkait Google Disavow Tools File, Anda akan mendapat email dari Google
  16. Proses menghilangkan backlink dengan Google Disavow Tools selesai

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dari cara menggunakan Google Disavow. Beserta dengan pembahasannya mengenai definisi dan juga informasi lengkap dari Google Disavow Tools. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan tools tersebut untuk mengidentifikasi backlink buruk.