Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10+ Sayuran Terbaik Penambah Berat Badan Secara Sehat dan Alami

10+ Sayuran Terbaik Penambah Berat Badan Secara Sehat dan Alami

Sayuran yang menggemukkan badan dapat menjadi solusi terbaik, selain menggunakan obat berbahan dasar kimia. Hal ini karena kandungannya belum tentu baik untuk tubuh, bahkan tidak sedikit menjadi bermasalah jika mengkonsumsinya dalam jangka panjang. Namun, untuk Anda yang sudah gemuk sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Baca Juga : Susu Dancow atau Indomilk, Mana Yang Bikin Cepat Gemuk ?


10+ Jenis Sayuran Terbaik yang Dapat Menaikkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan berbagai tanaman mulai dari sayur, buah, maupun obat herbal. Sama halnya dengan mengurangi berat badan, menggemukkan tubuh juga memiliki banyak manfaat. Secara lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini :


1. Daun Pepaya

Sayuran yang memiliki rasa pahit ini memang jarang orang sukai, namun bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan akan sangat cocok mengkonsumsinya. Hal ini karena terdapat kandungan setidaknya 79 kalori dalam 100 gram daun pepaya.

Saat memasaknya hindari terlalu matang, sebab bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan kandungan baiknya. Jika tidak suka rasa pahit berlebihannya, maka bisa mengolah dengan beberapa cara, misalnya membuat tongseng dan memakannya menggunakan nasi.


2. Wortel

Sudah sejak lama wortel dikenal dengan kandungan Vitamin A-nya yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Setidaknya terdapat 2 jenis yang beredar di pasaran saat ini, yaitu untuk buah dan sayur. Meskipun dari segi bentuk sama, namun pada dasarnya rasanya sedikit berbeda.

Kandungan kalori yang terdapat dalam 100 gram wortel cukup banyak meski masih dibawah cabai dan jagung, yaitu sekitar 41 kalori. Bagi Anda yang kurang menyukai sayur, membuatnya sebagai jus bisa menjadi solusi terbaik asalkan tetap perhatikan kadar gulanya.


3. Jamur Shiitake

Menurut penuturan dari salah satu ahli, menyebutkan bahwa Jamur Shiitake memiliki efek hipolipidemia atau pengurangan lemak, salah satunya adalah Beta-Glucan. Fungsinya untuk membuat kenyang lebih lama dan muncul kepercayaan bahwa bisa meningkatkan berat badan.

Dalam sehari Anda bisa mengkonsumsi kurang lebih 33 kalori yang terkandung dalam 100 gram Jamur Shitake. Kandungan Vitamin B di dalamnya juga berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan sel kanker dari beberapa jenis.


4. Jagung

Sayur yang masuk ke dalam jenis biji-bijian ini kaya akan serat dan nutrisi yang berkhasiat untuk mempercepat kenaikan berat badan. Ada berbagai jenis olahan yang bisa Anda kreasikan setiap harinya mulai dari membuatnya sebagai sayur asem dan puding.

Setiap 100 gram-nya terdapat sekitar 125 kalori yang bermanfaat membuat perut cepat kenyang. Bahkan di beberapa daerah menjadikannya sebagai makanan pokok pengganti nasi. Caranya yaitu, jagung yang kering kemudian digiling sampai menjadi bubuk agak kasar. 


5. Kacang Polong

Nilai gizi yang terkandung di dalam kacang polong satu cangkir atau setara dengan 145 gr memiliki sebanyak 117 gr kalori, 21 gr karbohidrat, 786 gr protein, dan 0,85 gr lemak. Dengan demikian ketika mengkonsumsinya, maka dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Kandungan lainnya dalam kacang polong, adalah Antioksidan Polifenol yang berkhasiat untuk mencegah penyakit degeneratif dan serangan jantung serta mengoptimalkan kenaikan berat badan. Cara pengolahannya bisa dengan membuatnya sebagai minuman atau bubur.


6. Tomat

Sayur tomat sering kali menjadi beberapa makanan seperti sambal, jus, dan lalapan. Bahkan, kandungan vitamin C-nya seringkali menjadi bahan untuk masker alami. Apabila Anda aplikasikan, setidaknya 1 kali dalam satu minggu, maka kulit menjadi lebih cerah.

Sedangkan, untuk kalorinya sekitar 33 Kkal. Sebelum mengkonsumsi secara rutin, pastikan mengetahui apakah kondisi lambung Anda dapat menerimanya. Hal ini karena tidak sedikit penderita masalah kesehatan berupa asam lambung tinggi yang sangat beresiko untuk kambuh.


7. Bit

Masyarakat seringkali menggunakan buah bit sebagai pewarna ungu alami. Tumbuhan ini termasuk ke dalam jenis ubi jalar. Sedangkan, kandungan kalorinya sejumlah 43 Kkal yang dapat bermanfaat untuk mempercepat bertambahnya berat badan apabila Anda konsumsi dengan takaran tepat.

Sedangkan, pada kesehatan bermanfaat untuk menjadi pembersih ginjal empedu. Sayangnya, buah ini jarang tersedia di pasar pada umumnya, meskipun ada harga jualnya cukup mahal. Kemungkinan ada jika melakukan pemesanan melalui platform media sosial.


8. Cabai

Dalam 100 gram cabai menyediakan 103 kalori yang bermanfaat untuk meningkatkan berat badan manusia dengan mudah. Namun perlu Anda perhatikan, bahwa rasa pedasnya dapat mengakibatkan sakit perut bahkan diare apabila melewati batas konsumsi standarnya.

Menggunakan cabe rawit asli menunjang percepatan pertumbuhan berat badan. Memiliki tubuh yang atletis dan sesuai standar kesehatan merupakan impian banyak orang, meski menjadi cita-cita banyak orang namun tubuh yang kurus juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.


9. Bawang

Bahan ini sering masyarakat manfaatkan untuk keperluan memasak. Meskipun terlihat rasanya kurang enak, namun pada dasarnya kandungan kalorinya terbilang besar yaitu dalam setiap 100 gram terdapat 69 Kkal. Selain itu, adanya zat sulfur berfungsi sebagai pembunuh sel kanker.

Keseimbangan antara makan dan olahraga memberi ruang untuk tubuh beserta kelengkapannya mulai dari tulang dan otot menjadi lebih rileks. Sebaiknya, lakukan secara rutin meskipun hanya sebentar, sebelumnya sesuaikan dengan porsi dan tujuan yang ingin Anda raih.


10. Ubi Jalar

Umbi sebagai makanan pengganti nasi yang mengandung karbohidrat tinggi, bahkan terdapat wilayah yang menjadikannya sebagai makanan pokok. Vitamin dan mineralnya dibutuhkan tubuh untuk berbagai kegiatan mulai dari peningkatan berat badan dengan konsumsi rutin.

Dalam 100 gram buah ubi jalar setidaknya terkandung 85 gram kalori, yang dapat menambah berat badan. Tidak hanya itu, kandungan fosfor dalam buah mampu menjadi penangkal rasa lapar berlebihan. Sehingga, tidak heran selain rasa buah ini banyak menjadi incaran karena kandungannya.

Baca Juga : Susu Dancow atau Indomilk, Mana Yang Bikin Cepat Gemuk ?


11. Kentang

Sebagai salah satu jenis umbi-umbian, dengan mengkonsumsinya dapat membuat tubuh merasa kenyang dalam beberapa saat. Kentang sendiri juga sering menjadi makanan diet, selain itu juga berkhasiat menggemukkan secara signifikan apabila Anda konsumsi rutin.

Cara pengolahannya sendiri bisa menyesuaikan selera setiap penikmatnya, mulai dari goreng campuran makanan, dan keripik. Meski dari bahan alami dan aman, namun Anda tetap perlu mengetahui takaran yang baik sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan.


12. Kacang

Sekitar 227 kalori terkandung di dalamnya, sedangkan dalam sehari manusia membutuhkan sekitar 2.500 kalori. Sebagian besar orang akan mengalami peningkatan berat badan setelah mengkonsumsi dengan total tersebut, namun juga perhatikan keseimbangan gizinya.

Tubuh manusia akan lebih sehat dan bertenaga apabila Anda jaga dengan baik. Jika ingin mendapatkan berat badan ideal, maka harus mengikuti aturan. Bukan hanya program diet yang harus menggunakan prosedur khusus, menaikkan berat badan juga ada anjuran demikian.

Demikian ulasan mengenai sayuran yang dapat menggemukkan badan, dengan mengkonsumsi jenis-jenis ini akan meningkatkan massa tubuh secara alami. Asalkan dengan porsi yang cukup atau tidak berlebihan. Lebih baik lagi sebelumnya mengkonsultasikannya kepada ahli gizi.