Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5+ Jenis Olahraga Penambah Berat Badan Terampuh

5+ Jenis Olahraga Penambah Berat Badan Terampuh

Memiliki tubuh yang ideal menjadi salah satu impian setiap orang. Tidak gemuk tidak juga kurus, jadi porsi tubuh normal dan sehat. Namun, dari kebanyakan orang belum tahu bagaimana cara mendapatkannya. Oleh karena itu, ketahui olahraga menggemukkan badan atau menaikkan berat badan.


Tips Menggemukkan Badan Menjadi Lebih Ideal dari Dokter

Dewasa ini banyak orang yang menginginkan tubuhnya bertambah gemuk, namun sebaliknya yang gemuk justru ingin kurus. Namun, dari kedua perbedaan tersebut berat badan paling benar adalah yang ideal atau cukup. Untuk bisa mendapatkannya, Anda perlu mengikuti beberapa saran dari dokter.

Proses penambahan berat badan perlu disesuakan dengan kondisi kesehatan setiap orang. Oleh karenanya, sebelum memulai program untuk meningkatkan berat badan ada baiknya Anda periksa status gizi dengan cara menghitung indeks massa tubuh. Bila kurang, coba ubah pola makannya.

Salah satu tips menggemukkan badan secara alami dari dokter, yaitu dengan memilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi, makanlah dengan porsi yang lebih kecil sesering mungkin, konsumsi juga minuman padat kalori serta nutrisi, mengkonsumsi camilan sehat, menambah asupan kalori, olahraga.

Baca Juga : Susu Dancow atau Indomilk, Mana Yang Bikin Cepat Gemuk ?


5+ Jenis Olahraga Rekomendasi Yang Harus Dilakukan untuk Menggemukkan Badan

Olahraga dalam rangka menurunkan berat badan mungkin sudah terlalu sering orang lakukan, namun apakah Anda tahu bagaimana cara berolahraga untuk dapat menaikkan berat badan? Selain bisa menjadikan badan jauh lebih kuat dan sehat, olahraga pilihan ini sangat aman untuk segala usia.


1. Rutin Berenang Secara Berkala 

Salah satu olahraga dalam rangka menggemukkan badan, yaitu dengan berenang secara berkala. Manfaat dari renang pun akan terasa sangat efektif ke dalam tubuh serta kesehatan bagi siapa pun yang mencobanya, terlebih lagi jika Anda melakukannya secara rutin. Pasti hasilnya bisa maksimal.

Dengan berenang juga dapat membantu mengencangkan otot serta menyehatkannya. Tidak hanya menggemukkan saja, namun olahraga renang juga dapat menurunkan berat badan. Selain menaikkan berat badan, renang dapat menjadikan jantung Anda lebih sehat dan membentuk otot tubuh.


2. Lakukan Senam Zumba 

Selain itu, ada olahraga menyenangkan lain yang bisa Anda coba dalam rangka menaikkan berat badan yaitu dengan melakukan zumba. Sebagai salah satu olahraga paling populer di kalangan wanita, senam yang serupa dengan aerobik ini sangat ampuh dalam menggemukkan badan.

Gerakan yang terdapat pada olahraga zuma ini merupakan gerakan yang cukup dinamis serta memerlukan banyak energi. Dengan begitu, akan sangat baik dalam proses pembentukan tubuh. Banyaknya energi yang keluar, terganti dengan asupan makanan bernutrisi jadi bisa menggemukkan.


3. Bersepeda Secara Rutin 

Tidak hanya bisa menurunkan saja, namun dengan bersepeda Anda pun juga dapat menggemukkan berat badan. Bahkan aktivitas seperti ini juga dapat membantu menenangkan dan menyegarkan pikiran serta menyehatkan kondisi tubuh. Otot juga akan menjadi lebih kencang, terutama paha.

Tidak hanya paha, namun bagian betis pun akan terasa kencang jika Anda melakukan olahraga sepeda secara rutinan. Semakin kencang otot pada bagian tubuh, maka akan semakin padat pula massa ototnya dan menjadi jauh lebih mudah untuk menggemukkan atau menaikkan berat badan.


4. Melakukan Push-Up

Bila memang Anda tidak ada waktu untuk berolahraga di luar, bisa juga melakukan olahraga di rumah untuk menaikkan berat badan. Salah satunya dengan berolahraga push up, terlebih lagi caranya juga cukup mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu. Jadi, olahraganya jauh lebih fleksibel.

Push up merupakan salah satu jenis olahraga paling murah dan sangat mudah untuk Anda lakukan karena tidak perlu menggunakan alat. Dengan melakukannya, maka akan mudah membentuk otot tubuh pada bagian atas. Semakin padat massa otot, maka bagus menggemukkan badan.


5. Biasakan Olahraga Gym dengan Angkat Beban 

Kemudian, salah satu jenis olahraga yang bisa menaikkan berat badan yaitu angkat beban. Tidak hanya bisa dilakukan oleh pria saja, namun para wanita pun juga bisa melakukannya. Berfokus pada beban berat seperti besi maupun barbel ini akan sangat membantu membentuk otot.

Jika Anda ingin hasilnya lebih maksimal, kombinasikan olahraga angkat beban ini dengan jenis lain seperti misalnya chin ups, bench press dan juga bent over. Banyak orang mengatakan bahwa olahraga ini ampuh menggemukkan badan hanya dalam waktu yang cukup singkat.


6. Lakukan Squat secara Rutin  

Tahukah Anda bahwa olahraga squat ini dapat membantu menaikkan berat badan, bahkan bukan hanya sekedar asumsi belaka saja. Pada umumnya, olahraga satu ini hampir serupa dengan push up dan juga sit up.

Dengan melakukan squat ini, maka metabolisme tubuh Anda pun akan jauh lebih terjaga serta otot pun menjadi semakin kuat dari sebelumnya. Selain menggemukkan badan, olahraga yang akan wanita lakukan nantinya dapat membuat bagian pantat terlihat padat dan juga berisi.


7. Olahraga Sit-Up 

Tidak hanya Push-Up saja, namun ada olahraga lain yang bisa Anda lakukan dalam rangka menggemukkan badan yaitu Sit-Up. Terlebih lagi olahraga satu ini tidak memerlukan alat apapun, sehingga murah meriah dan bisa dilakukan di rumah.

Berbeda dengan Push-Up, Sit-Up lebih berfokus pada pembentukan serta mengencangkan bagian otot perut. Bahkan juga melatih otot punggung supaya lebih kuat dan padat. Dengan begitu, hasil dari postur tubuh Anda pun bisa jauh lebih stabil dan badan akan terlihat lebih ideal.


Cara Menggemukkan Badan Selain Berolahraga 

Untuk dapat mencapai sebuah tujuan, tentu saja tidak boleh Anda lakukan setengah-setengah. Sama halnya seperti ingin menaikkan berat badan. Olahraga saja tidak cukup, di samping itu perlu cara lain sebagai pendampingnya sehingga hasilnya lebih maksimal.


1. Memilih Makanan Kaya Akan Nutrisi 

Untuk dapat menaikkan berat badan secara sehat, dokter mewajibkan setiap orang agar mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi bukannya makanan cepat saji, berlemak, tinggi kalori, atau bahkan yang memiliki kadar gula begitu tinggi.

Supaya bisa menggemukkan berat badan lebih sehat, Anda hanya perlu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar tubuh dapat mencerna baik. Seperti misalnya buah dan juga sayuran, daging tanpa kulit maupun lemak, kacang-kacangan, tahu, ikan, telur dan tempe.


2. Makan dengan Porsi Kecil 

Biasanya seseorang yang memiliki kekurangan berat badan akan selalu sering merasa cepat kenyang. Tentu saja, seringkali mereka akan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang jauh lebih besar dari pada umumnya.

Daripada mengkonsumsi makanan dua sampai dengan tiga kali dalam sehari, akan jauh lebih baik jika Anda makan dalam porsi yang lebih kecil namun sering. Tentu saja dengan begitu, proses menggemukkan badan menjadi lebih maksimal dan sehat tanpa ada gangguan kesehatan.

Seperti yang sudah Anda ketahui pada penjelasan tentang olahraga menggemukkan badan atau menaikkan berat badan di atas. Untuk dapat menggemukan badan, pakailah cara yang dokter anjurkan. Seperti berolahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Baca Juga :