Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Makanan Penambah Berat Badan, Berkalori Tinggi Tapi Tetap Sehat

10 Makanan Penambah Berat Badan, Berkalori Tinggi Tapi Tetap Sehat

Sebagian besar orang yang ingin berat badannya naik, mungkin akan merasakan kesulitan. Sama halnya ketika ingin menurunkan berat badan. Kedua hal tersebut memang saling berkaitan, mengingat banyak orang menginginkan tubuh ideal. Jadi, ketahui makanan yang dapat menaikkan berat badan agar bisa lebih berhati-hati.


Langkah Mudah Dalam Menaikkan Berat Badan

Untuk dapat menaikkan berat badan secara sehat, Anda harus mengikuti beberapa saran dari dokter. Gunanya agar proses pembentukan energi atau menggemukkan badan menjadi maksimal dan sehat. Mengingat banyak makanan yang justru membahayakan tubuh meskipun membantu berat badan naik.

Jadi, pastikan hanya mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi saja bukan makanan cepat saji. Tidak hanya itu saja, tambahkan juga kalori sehat untuk dapat menaikkan berat badan. Seperti misalnya saja kacang-kacangan, keju, lauk sehat atau bisa mencoba almond, buah, roti gandum.

Anda juga bisa mengkonsumsi snack atau makanan ringan di samping makanan berat. Namun, pilihlah yang memiliki kandungan protein dan juga karbohidratnya. Makanlah dengan sedikit tapi sering, serta tidak lupa juga lakukan olahraga secara rutin agar tetap sehat.

Baca Juga : Susu Dancow atau Indomilk, Mana Yang Bikin Cepat Gemuk ?


10 Makanan Menggemukkan Badan, Berkalori Tinggi Tapi Tetap Sehat

Dalam rangka menaikkan berat badan, Anda harus mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori serta nutrisi. Mungkin, makanan tinggi lemak dan juga gula seperti contohnya soda, gorengan dan lain-lain bisa menggemukkan. Namun, makanan tersebut berisiko meningkatkan penyakit berbahaya lainnya.


1. Mengkonsumsi Susu Full Cream (Susu Murni Sapi)

Jika Anda memang ingin menaikkan berat badan menjadi lebih ideal, ada baiknya selalu mencoba mengkonsumsi susu. Perlu diketahui, bahwa susu ini mengandung banyak sekali kandungan bermanfaat yang dapat menggemukkan badan seperti protein, karbohidrat dan juga lemak baik.

Kandungan protein yang ada di dalam susu, sangat baik untuk menambah massa otot. Tidak hanya itu saja, susu juga mengandung kandungan vitamin serta mineral seperti kalsium. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang memang ingin menaikkan berat badan secara sehat dan tidak berisiko penyakit.


2. Nasi 

Nasi merupakan makanan pokok yang hampir setiap hari Anda konsumsi. Dalam porsi yang sudah dokter tentukan, nasi ini mampu menaikkan berat badan setiap orang jika memakannya dalam porsi tertentu. Ada begitu banyak kandungan baik yang ada di dalam nasi ini untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya nasi mengandung kurang lebih 200 kalori, bahkan terdapat juga kandungan karbohidrat yang memiliki peranan besar untuk dapat menaikkan berat badan seseorang. Jadi, dalam satu porsi Anda bisa mengkonsumsi nasi, namun sedikit saja tapi sering supaya badan bisa gemuk.


3. Daging Merah 

Selain nasi, daging merah juga seringkali banyak orang anggap sebagai salah satu jenis bahan makanan penambah berat badan secara ideal. Itu karena di dalam daging tersebut terdapat kandungan kalori yang cukup tinggi. Bahkan juga dapat membantu membangun massa otot.

Anda bisa mengkonsumsi daging merah ini untuk membantu menaikkan berat badan secara optimal. Pilihlah potongan daging sapi yang tidak memiliki kandungan lemak yang cukup banyak. Itu karena tujuannya supaya lebih mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya akibat lemak berlebih.


4. Telur 

Kemudian, ada telur yang bisa Anda konsumsi untuk dapat menaikkan berat badan secara ideal. Telur merupakan salah satu makanan yang bisa membentuk massa otot paling menyehatkan. Bahkan memiliki sumber protein berkualitas tinggi serta lemak yang sangat baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, telur menjadi salah satu makanan paling efektif, sehat dan aman untuk dapat menaikkan berat badan. Jangan hanya mengkonsumsi telur putihnya saja, namun konsumsilah telurnya secara utuh, supaya nutrisi yang Anda dapatkan lengkap. Tidak ada batas konsumsi telur dalam sehari.


5. Ikan Salmon 

Selain itu, ada ikan salmon yang bisa Anda coba konsumsi sebagai salah satu makanan penambah berat badan secara ideal. Pada umumnya, salmon dikemas dalam kemasan dengan berat kurang lebih sekitar 20 gram serta mengandung kandungan kalori sekitar 250 kalori.

Tidak heran jika ikan salmon ini banyak orang percayai sebagai makanan paling ideal untuk menaikkan berat badan. Salmon juga memiliki kandungan lemak yang cukup sehat, sehingga kenaikan berat badan Anda menjadi lebih sehat. Bahkan mengadung protein serta omega-3.


6. Dark Chocolate 

Bagi Anda yang memiliki nafsu makan rendah, akan tetapi sangat ingin menaikkan berat badan secara ideal. Cobalah untuk mengkonsumsi dark chocolate ini, cokelat jenis ini merupakan salah satu sumber kalori yang kaya akan antioksidan dan juga mikronutrien.

Tidak hanya itu saja, dark chocolate juga memiliki kandungan sekitar 70% cocoa. Merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dapat menggemukkan badan. Di dalam 100 gram cokelat ini terdapat kalori tinggi sekitar 600 kalori. Cobalah untuk mulai konsumsi dari sekarang, terlebih bagi Anda yang suka cokelat.


7. Kacang-Kacangan 

Tidak hanya itu saja, menaikkan berat badan secara ideal dan sehat bisa Anda lakukan dengan mencoba mengkonsumsi kacang-kacangan atau bahkan butter kacang. Hanya dengan sekitar satu genggaman kecil kacang almond, terdapat kandungan sekitar lebih dari 7 gram protein serta 18 gr lemak yang sehat.

Jenis kacang-kacangan ini juga termasuk ke dalam kategori makanan padat kalori. Cobalah konsumsi sekitar dua genggaman kacang tiap harinya supaya Anda cepat menambah asupan ratusan kalori dalam tubuh. Butter kacang pun juga bisa ditambahkan ke makanan ringan lainnya.


8. Kentang 

Kentang merupakan salah satu jenis bahan makanan yang bisa Anda coba olah menjadi makanan lezat, kandungan di dalamnya sudah terbukti untuk dapat menaikkan berat badan secara ideal dan juga sehat. Bahkan kandungan kalorinya juga lumayan banyak.

Tidak hanya itu saja, kentang juga memiliki manfaat untuk dapat meningkatkan simpanan glikogen di otot tubuh Anda. Glikogen ini adalah salah satu sumber bahan bakar sebagai penunjang aktivitas sehari-hari atau bahkan saat berolahraga. Bahkan juga terdapat karbohidrat serta serat yang baik.


9. Roti Gandum dan Keju 

Bagi Anda pecinta roti gandum, berbahagialah bahwa jenis makanan ringan tersebut termasuk ke dalam salah satu makanan yang bisa menaikkan berat badan secara ideal dan sehat. Tidak hanya itu saja, roti ini juga terdapat sumber karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh.

Tidak hanya itu saja, keju pun juga merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menaikkan berat badan secara sehat dan ideal. Di dalam keju terdapat kandungan lemak dan juga kalori yang cukup banyak. Bahkan juga mengandung protein yang bisa membangun massa otot Anda.


10. Yogurt dan Pasta 

Cobalah untuk memilih yogurt yang memiliki kandungan lemak banyak atau full fat yogurt, bila memang Anda ingin menaikkan berat badan secara sehat. Selain adanya kandungan protein, yogurt ini juga mengandung lemak serta karbohidrat yang bisa menjadi asupan harian.

Kemudian, ada jenis makanan lain yang bisa membantu menaikkan berat badan Anda yaitu pasta. Makanan satu ini bisa menggemukkan badan siapa saja, itu karena terdapat sumber karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh. Pilihlah pasta dengan komposisi gandum utuh.

Baca Juga : Susu Dancow atau Indomilk, Mana Yang Bikin Cepat Gemuk ?

Seperti penjelasan yang tertera tentang makanan yang dapat menaikkan berat badan di atas. Menginginkan berat badan naik secara ideal dan sehat itu perlu upaya yang baik pula. Pasalnya tidak sembarang makanan yang bisa Anda konsumsi setiap hari, karena bisa menyebabkan penyakit.

Baca Juga :