Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kupas Tuntas Blogger Finansial, Pengertian Sampai Cara Buatnya Terlengkap !

Blogger Finansial : Pengertian, Cara Membuat dan Tujuan Audiens

Blog Finansial, Membahas Seputar Uang Tidak Akan Ada Habisnya

Halo sobat blogger, dalam artikel ini akan dikupas mengenai blogger finansial, jadi jika Anda sedang mencari informasi seputar cara membuat blog dengan niche finance atau bisnis yang membahas seputar finansial, maka Anda sudah mendapatkan artikel yang tepat.

Maka dari itu, silahkan lanjutkan baca artikel ini sampai tuntas, supaya Anda bisa mendapatkan informasi yang maksimal seputar panduan membuat blog bisnis, atau blog yang mengulas berbagai hal seputar finansial.


Apa Sih Pengertian Blogger Finansial ? 

Baik, sebelum lebih jauh membahas tentang cara menjadi seorang blogger yang mengelola niche finansial atau bisnis, maka lebih baik jika tahu tentang "pengertian blogger finansial".

Yap, Blogger Finansial sendiri dapat dimaknai sebagai seorang penulis blog yang mengelola sebuah blog, dimana blog tersebut khusus membahas masalah finansial dan bisnis.

Kurang lebih seperti itu pengertian blogger finansial menurut hemat penulis.

Mengapa seperti itu, karena kata "blogger" sendiri itu merujuk pada pelaku, atau dalam hal ini subjek, sedangkan untuk kata "finansial" sendiri sudah cukup jelas, jadi pengertiannya seperti diatas.

Baca Juga : 101+ Niche Blog Trendy, Terpopuler dan Profitable Sepanjang Tahun


Siapa Target Pengunjung Blog dengan Niche Finansial ? 

Target ataupun sasaran pembaca dari blog dengan niche finansial ataupun bisnis ini bisa merujuk ke arah.

  • Pertama, ke user atau pengguna produk finansial atau informasi seputar bisnis.
  • Kedua, menyasar penyedia platform produk finansial.

Oke, kita akan bahas satu persatu.

Pertama, target blog finansial adalah user produk finansial atau bisnis, sebenarnya tidak hanya user, namun juga orang atau siapapun yang ingin mulai menggunakan instrumen finansial.

Misalnya saja, orang yang ingin membeli emas sebagai sebuah instrumen investasi, dimana ia belum pernah membeli emas.

Maka kemungkinan besar, ia akan googling, dengan keyword "cara membeli emas batangan" atau keyword lain yang sejenis di Google.

Nah, karena Anda akan membuat blog dengan niche finansial atau bisnis, Anda bisa menyajikan artikel dengan keyword "cara membeli emas batangan", orang yang membeli emas adalah target Anda, tepatnya target dari artikel yang Anda buat.

Dimana dalam artikel itu, Anda bisa membuka slot iklan untuk toko emas online, atau bahkan Anda sendiri bisa jualan emas disitu.

Mengapa ? Karena orang yang sedang mengunjungi artikel tersebut, sedang ingin membeli emas untuk investasi, dan jika Anda menawarkan "jualan" emas, maka kemungkinannya tinggi jualan Anda laku.

Baik, selanjutnya target kedua dari blog finansial adalah pemilik produk finansial, misalnya saja, keyword diatas, tentang "cara membeli emas batangan".

Jika artikel tersebut sudah mendapatkan traffic dari Google, dan mempunyai posisi yang bagus di SERP, maka Anda bisa menawarkan slot ikan pada para pemilik produk finansial, misalnya saja vendor emas online, toko emas batangan, dan seterusnya.


Siapa Blogger Finansial Terbaik di Indonesia? 

Nah, kalau yang satu ini cukup sulit, cukup tricky. Mengapa demikian, karena saat ini sudah banyak website besar dan company yang mengusai niche finance.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa niche finansial merupakan garapan yang berat bagi seorang blogger, mungkin jika micro niche finansial, hal itu masih terbuka lebar.

Seperti blog yang membahas tentang jual beli mobil bekas saja misalnya, atau sepeda bekas, dan seterusnya.

Cukup mudah menemukan blogger finansial yang terjun di dunia micro niche, namun untuk macro niche sangat sulit.

Beberapa blog yang membahas tentang bisnis dan finansial, diantaranya adalah duwitmu.com, pintek.id, koinworks.com, dan lain sebagainya.

Blog-blog tersebut kebanyakan membahas masalah investasi dan keuangan. Nah, untuk selanjutnya ? Begini penjelasan detailnya sebagai berikut.


1. Blog Finansial "Duwitmu.com"

Blog Finansial "Duwitmu.com"

Blog Finansial yang satu ini ternyata telah berusia hampir lebih 8 tahun lamanya, Mas Rio adalah sosok orang di balik tulisan ini. Ia mengaku dalam blognya, bahwa dirinya telah menggeluti dunia keuangan selama lebih 15 tahun.

Lalu, alasan dia memilih niche blog ini karena dia sangat prihatin akan banyaknya orang Indonesia yang gagal dalam mengatur keuangan dan masih belum melek finansial. 

Topik-topik yang diulas dalam Blog Duwitmu berisi seputar finansial planning, dunia investasi seperti saham, reksadana, emas, tabungan, deposito, hingga crypto, hal-hal yang menyangkut hutang KPR Rumah maupun kartu kredit, selain itu juga terdapat beberapa tips analisa keuangan dalam membangun usaha. 

 

2. Blog Finansial "DaniRachmat.com"

Blog Finansial "DaniRachmat.com"

Sesuai namanya, Dani Rahmat merupakan pemilik situs blog ini yang telah berusia hampir lebih 7 tahun lamanya. Uniknya, bahasa yang digunakan pun sangat nyentrik dan terkesan santai, saking santainya dia menggunakan sapaan Lu Gue di setiap artikelnya. 

Seputar latar belakang, dia telah berpengalaman bekerja di sektor perbankan hampir lebih 10 tahun. Dia juga menoreh beberapa prestasi, di antaranya berhasil lolos ujian WAPERD (Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana) dan ujian WMI (Wakil Manajer Investasi), serta menyabet gelar CFP (Certified Financial Planner).

Dengan semua hal ini, saya rasa cukup meyakinkan buat para pembaca bahwa Mas Dani ini sangat berpengalaman sekali di dalam bidangnya. Di dalam blognya, Mas Dani mengulas seputar dunia asuransi, financial planning, dan jenis-jenis investasi.


3. Blog Finansial "Diskartes.com"

Blog Finansial "Diskartes.com"

Selanjutnya, Blog Finansial yang satu ini dimiliki oleh Mas Andhika Diskartes, yang di mana telah berusia hampir lebih 5 tahun. Mas Andhika telah berkecimpung di dunia investasi hampir lebih 1 dekade lamanya (10 tahun). 

Diskartes.com telah berdiri semenjak Tahun 2015. Teruntuk setiap artikelnya lebih cenderung membahas seputar topik-topik ekonomi makro dan mikro, serta investasi. Mengenai isi blog, bahasa sudah disajikan dengan ringan dan mudah dipahami, artikel selalu up to date, dan memberikan infografis yang menarik, sehingga para pembaca dapat memahami alur penjabarannya.  


4. Blog Finansial "SlaveBerdasi.com"

Blog Finansial "SlaveBerdasi.com"

Sampai sekarang, masih belum diketahui pasti siapa nama pemilik situs blog ini. Yang jelas, ia pernah berkarir di dunia portofolio manager dan asset management. Berkat pekerjaan inilah, dia mulai paham betul tentang dunia investasi saham.

Dalam blognya, ia kebanyakan membahas tentang seputar analisa saham, tetapi ada juga sebagian yang membahas topik-topik finansial lainnya, seperti financial freedom, investasi properti, obligasi, financial planning, serta perkembangan ekonomi di Indonesia akhir-akhir ini.  


5. Blog Finansial "Irfan.id"

Blog Finansial "Irfan.id"

Selanjutnya, Blog Finansial milik Muhammad Irfan ini telah berdiri 6 Tahun lebih lamanya. Berdasarkan pengalaman, ia pernah bekerja di Mandiri Investasi Sekuritas. 

Tidak heran, Mas Irfan selalu membahas lewat blognya tidak jauh-jauh mengenai dunia saham dan reksadana. Ia juga banyak me-review berbagai perusahaan sekuritas, mengenai tata cara pendaftaran, penggunaan aplikasi investasi, beberapa produk keuangan hingga jual-beli saham.


6. Blog Finansial "CatatanKeluargaMuda.com"

Blog Finansial "CatatanKeluargaMuda.com"

Siapa sangka, Blog CatatanKeluargaMuda.com saat ini telah berusia hampir mencapai 10 tahun lamanya. Sedangkan nama pemilik situs blog ini menurut informasi yang didapat adalah Tofan Saban, yang dikatakan pernah berkarir sebagai analis perbankan, kemudian terjun ke dunia wiraswasta yang bergerak dalam sektor fintech lending dan UMKM. 

Mengenai blog, sang penulis menyampaikan dalam artikel betapa pentingnya kematangan finansial bagi keluarga muda. Dia juga membahas hal-hal seperti perencanaan keuangan jangka panjang, pembagian anggaran keluarga, persiapan dana darurat, pensiun, asuransi sampai berbagai produk keuangan contohnya emas, saham, properti, dan reksadana. 


7. Blog Finansial "AsuransiMurni.com"

Blog Finansial "AsuransiMurni.com"

AsuransiMurni.com merupakan salah satu blog finansial tidak lama berdiri selama 3 tahun lebih. Isi artikelnya menjelaskan tentang berbagai produk-produk asuransi, seperti peragenan, komisi, cerita pengalaman yang menarik seputar dunia asuransi. Selain itu, ternyata admin blog membuka jasa buat para pembacanya untuk ingin meng-konsultasikan apa saja yang berhubungan dengan asuransi.


8. Blog Finansial "BlogSabda.com"

Blog Finansial "BlogSabda.com"

Yang terakhir, saya rasa blog finansial ini sudah terlanjur dikenal oleh banyak orang. Blog yang didirikan oleh Mas Sabda Awal ini, telah menginjak usia hampir lebih 3 tahun lamanya. Berbeda dengan blogger lainnya yang punya latar belakang keuangan, dia sendiri baru belajar finansial secara otodidak mulai Tahun 2014.

Ia bercerita, semua ini berawal saat dia kebingungan mau dialokasikan kemana uangnya saking banyaknya. Sampai akhirnya, ia memutuskan untuk membeli tanah terlebih dahulu, kemudian belajar sedikit demi sedikit tentang bagaimana money management.

Pada Tahun 2016, ia baru mengenal dunia saham, selanjutnya ia mencari tahu lebih banyak lagi tentang reksadana, deposito, asuransi unitlink, tabungan emas dan P2P Lending

Setelah sekian lamanya bertepatan pada Bulan Oktober 2017, dia semakin yakin untuk mendirikan platform blog demi membagikan ilmu kepada orang lain, dengan harapan akan semakin banyak orang terutama generasi anak muda yang bisa melek secara finansial.   


Cara Membuat Blog dengan Niche Finansial Bisnis 

Baik, sekarang kita akan kupas tentang cara membuat blog dengan niche finansial atau cara menjadi blogger finansial, berikut langkah-langkahnya :

  1. Tentukan nama domain;
  2. Petakan keyword artikel pada blog tersebut;
  3. Buat blog dengan platform yang sesuai;
  4. Posting artikel secara berkala;
  5. Maintenance blog dengan baik;

Nah itulah 5 step ataupun langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat blog yang membahas berbagai hal seputar bisnis, peluang usaha dan finansial tentunya.

Anda belum jelas ?

Oke tenang, dijelasin satu persatu ya.

Kalau begitu silahkan Anda lanjut baca tulisan ini.


1. Menentukan Nama Domain Blog 

Baik, kita mulai dari yang pertama, menentukan nama domain blog, nama domain sangat penting bagi blog niche finansial, dia harus trusted, jadi silahkan pertimbangkan 3 hal ini dalam memilih domain untuk blog dengan niche finance :

  1. Tidak boleh menggunakan frase branding orang lain;
  2. Bisa menggunakan KOD;
  3. Bisa menggunakan domain branding sendiri;

Tenang, akan dijelaskan satu persatu.

Pertama, sebaiknya Anda dalam menentukan domain blog jangan menggunakan frase branding domain orang lain.

Contohnya, Anda tahu bahwa CNBC adalah kanal berita yang selalu mengulas berita dari sudut pandang bisnis.

Kemudian Anda coba untuk membuat blog finansial dengan nama domain cnbcindoblog.com, jangan buat atau beli domain semacam itu.


Mengapa ?

Karena domain tersebut mengandung frase brand milik company lain, yakni CNBC. Jika dipaksakan maka tidak baik bagi Anda, Anda berpotensi menghadi kesulitan dari 2 sisi.

Pertama dari sisi hukum dan bisnis, domain Anda berpotensi digugat oleh CNBC, dan orang kurang percaya dengan domain Anda karena Anda menggunakan frase branding milik company lain.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan KOD, KOD sendiri merupakan singkatan dari Keyword On Domain. Jadi maksudnya, di dalam domain yang Anda beli ada keyword yang tertanam.

Taruhlah blog yang Anda buat adalah blog yang membahas tentang finansial, maka Anda bisa menyispkan kata finansial tersebut ketika membeli domain.

Misalnya finansialmandiri.com, Anda bisa membeli domain tersebut, tentu sepanjang domain tersebut masih tersedia di regitrar dan belum disewa oleh orang lian.

kemudian, yang ketiga, Anda bisa membuat blog yang berhubungan dengan finansial, tanpa mengambil brand milik orang lain dan tanpa KOD, tetapi dengan nama domain Anda sendiri.

Dengan membuat brand Anda sendiri, misalnya Berdikira.com, dimana Berdikira.com merupakan blog yang membahas masalah dan informasi seputar finansial.

Memang pada awal blog tersebut dibuat, maka tidak banyak orang yang tahu, pasalnya orang belum tahu brand tersebut dan juga tidak ada keyword didalam domain tersebut.

Namun, ketika brand mulai dibangun, SEO terus diupayakan, kemudian artikel baru terus dipublish secara berkala, maka bukan tidak mungkin Anda akan punya hati dimata pembaca Anda suatu saat nanti, sehingga Anda kemudian memiliki pembaya yang loyal.

Domain, tipe ketiga ini salah satu domain yang disukai oleh Google. Pasalnya, domain tersebut menyediakan informasi baru bagi Google untuk diindeks dan dipopulerkan.


2. Pemetaan Keyword Blog 

Oke, setelah urusan tentang domain selesai, langkah selanjutnya yang bisa dibilang "penting" adalah memetakan keyword yang akan dibuat menjadi sebuah artikel pada blog milik Anda nantinya.

Memetakan keyword sangat penting, ada beberapa manfaat yang bisa Anda petik dari memetakan keyword sebelum membuat blog :

  • Punya cukup banyak keyword sebagai bahan membuat artikel;
  • Konten dalam blog akan tersusun secara terstruktur dan mudah;
  • Blog Anda memiliki akar yang kuat di mesin pencari Google;

Oke, kita akan jabarkan satu persatu.

Dengan memetakan keyword pada sebuah blog, kita akan mempunyai cukup banyak stock keyword yang nanti stock tersebut bisa digunakan salah satunya untuk membuat artikel dalam blog.

Dimana artikel yang dibuat saling berkait, teratur dan membahas tema yang sama, hal ini akan memudahkan user dan mesin pencari dalam memahami blog Anda secara bersamaan.

Akibat lain yang bisa ditimbulkan dari memetakan keyword yang ada pada sebuah blog adalah, artikel pada blog Anda akan tersusun secara terstruktur dan teratur, user atau pembaca blog Anda bakalan mudah memahami pesan yang Anda sampaikan lewat tulisan.

Dengan begitu, maka retensi blog Anda terhadap user bakalan semakin bagus, semakin bagus retensi, semakin bagus engagement blog Anda, semakin tinggi kualitas blog Anda, akibatnya Google pun bakalan suka merekomendasikan blog Anda ketika ada orang yang melakukan pencarian dimesin telusur.

Berikutnya, dengan melakukan pemetaan keyword pada blog, maka kemungkinan besar Anda juga akan membuat konten yang sesuai dengan keyword tersebut, banyaknya konten yang terstruktur dan membahas sebuah tema secara komplit, akan mendorong Google untuk merekomendasikan blog Anda muncul di SERP ketika seseorang melakukan pencarian.

Inilah kenapa dikatakan, dengan memetakan keyword pada blog, maka blog tersebut akan mempunyai akar yang kuat di mesin pencari.


3. Menentukan Platform Blogging 

Setelah Anda mempunyai "Bank Keyword" blog Anda, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan, blog Anda akan dibuat dengan menggunakan platform apa. Apakah Wordpress, Blogspot atau CMS yang lain.

Anda harus ingat bahwa, setiap platform blogging itu unik dan punya kekahasannya masing-masing.

Jika Anda menggunakan Wordpress.org, maka Anda harus membeli hosting sebagai wadah konten yang ada pada blog Anda.

Harga hosting bervariasi, selain itu Anda perlu membeli hosting yang bonafid, agar ketika blog Anda diakses oleh user, dapat ditemukan dan digunakan (dibaca) dengan mudah.

Jangan sampai ketika diklik oleh user, blog Anda malah gagal diload oleh browser gegera hosting bermasalah.

Jika Anda tak ingin dipusingkan oleh hosting blog, maka Anda bisa menggunakan platform yang lainnya, salah satunya adalah Blogger.com yang juga dikenal dengan blogspot, dimana platform ini dikembangkan oleh Google.

Dengan menggunakan blogspot, maka Anda tak perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk membayar hosting, karena hosting disediakan gratis oleh pihak Google.

Namun ingat, jika Anda menggunakan blogspot, maka Anda harus mematuhi kebijakan Google mengenai konten dan berbagai hal lainnya ketika ngeblog.

Jika dilanggar maka blog Anda bisa dihapus, berikut kontennya.

Selain menggunakan Wordpress atau blogspot, Anda juga bisa menggunakan PHP atau CMS lainnya, namun jika Anda menggunakan platform tersebut, Anda harus sediakan cukup modal yang lumayan.


4. Posting Artikel secara Teratur 

Setelah blog Anda jadi, tentu masih kosong melompong, belum ada artikelnya, yang perlu Anda lakukan adalah mengisi blog tersebut dengan berbagai konten menarik dan bermanfaat sesuai dengan tujuan Anda.

Konten tersebut bisa berupa artikel, gambar atau foto, serta video.

Terbitkan artikel secara berkala, misal setiap hari sebuah artikel, atau 2 hari sekali, atau periode waktu lain yang telah Anda tentukan dan jadwalkan.

Artikel yang dipublikasikan secara teratur, setidaknya bakalan membawa 3 manfaat :

  1. Google atau search enggine lainnya bakalan tahu kalau blog Anda hidup dan layak di crawling;
  2. Pembaca merasa mendapat kepastian, karena setiap periode waktu tertentu bakalan mendapatkan artikel baru;
  3. Advertiser pengiklan atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Anda akan merasa nyaman karena tahu blog Anda aktif;

Selain ketiga manfaat tadi, sebenarnya masih banyak hal positif lian yang bisa didapat ketika secara rutin mempublish artikel baru.


5. Maintenance Blog Financial 

Setelah Anda rutin memposting artikel yang membhas berbagai masalah bisnis dan info menarik bermanfaat seputar finansial, selama, misal 3 bulan, maka setidaknya Anda sudah mendapatkan paling tidak 60 sampai dengan 90 artikel blog baru berkualitas tinggi.

Jika sampai sini traffic belum juga datang signifikan, silahkan maintenance blog dengan baik, perbaiki error jika Anda, dengan secara bersamaan tetap menerbitkan artikel berkualitas tinggi.

Setalh 6 bulan, maka Anda akan mendapatkan traffic berkualitas sesuai dengan niche Anda, karena yang kita bahas pada artikel ini adalah blog dengan niche finansial.

Maka kita bakalan mendapatkan visitor berkualitas tinggi yang mencari info seputar dunia finansial dan bisnis pada blog Anda.

Baca Juga : 101+ Niche Blog Trendy, Terpopuler dan Profitable Sepanjang Tahun


Kesimpulan 

Nah begitulah seluk-beluk seputar blog finansial, kita sudah bahas dari berbagai sisi, mulai dari pengertian sampai cara membuatnya.

Jika Anda ingin membuat blog finansial ataupun bisnis, niche ini termasuk niche yang berat dan keras persaingannya, namun bukan berarti tidak bisa ditaklukkan, dengan semangat dan kerja keras serta doa, pasti bisa dikuasai.

Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.


Penutup

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan cek juga artikel lainnya yang ada pada blog ini, karena masih ada tulisan lain yang tak kalah menarik dengan ini.

Bagikan juga link artikel ini ke grup WA komunitas Anda atau sosial media lainnya yang Anda ikuti, supaya lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat baik tulisan ini.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga setalh membaca tulisan ini Anda bisa mendapatkan insight seputar blogger finansial, salam sukses untuk Anda dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya di blog ini.