Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3+ Tips Jitu Jadi Food Blogger Profesional

Tips Jitu Jadi Food Blogger Profesional

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Food Blogger, orang yang suka mengulas pada postingan blognya tentang beragam macam masakan, resep, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan dunia kuliner. Saking hebatnya, profesi ini juga berpeluang bisa diajak kerjasama atau endorsement tempat usaha makanan. 

Tertarik dengan ini ! Ayo simak selanjutnya, karena ulasan artikel ini akan mengulas beberapa langkah dan tips supaya menjadi seorang Food Blogger yang sukses dan profesional.


Para Food Blogger Indonesia yang Terkenal dan Menginspirasi

Tips menjadi Food Blogger bukanlah sesuatu yang gampang, kalian harus menempuh perjalanan yang sangat panjang untuk menggapai pencapaian ini. Lagi pula, kalian juga harus terus-menerus belajar, mencoba terjun ke lapangan, serta meng-upgrade kualitas diri supaya bisa menjadi blogger yang handal. 

Baca Juga : 100+ Niche Blog Trendy, Terpopuler dan Profitable Sepanjang Tahun

Untuk mengawali semua ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah belajar dari kalangan orang profesional. Harapannya, kalian bisa mendapat inspirasi, pembelajaran, dan ide masukan dari kisah perjalanan mereka sampai menjadi Food Blogger yang berhasil.

Berikut ini, orang-orang yang berpengalaman sebagai Food Blogger Profesional yang kalian jadikan inspirasi. 


1. Julia Veronica, dan Marius Tjenderasa

Sebagaimana yang kalian kenal, mereka berdua sebenarnya adalah sepasang kekasih yang sama-sama menggemari dunia kuliner. Semenjak Tahun 2011, kedua blogger ini menuangkan hobinya lewat tulisan blog dengan dinamai Anak Jajan, hingga saat ini sudah dikunjungi sekitar 20 juta orang. 

Banyak hal-hal yang menarik dan istimewa didapatkan dari Blog Anak Jajan, di antara lainnya ialah :

  1. Tidak sekedar membahas hidangan, makanan dan minuman dari dalam atau luar negeri saja, Blog Anak Jajan juga kerap membagikan informasi berbagai resep secara gratis kepada orang lain.
  2. Blog Anak Jajan sudah dilengkapi dengan berbagai postingan artikel yang sangat komplit sesuai dengan lokasi atau area tertentu. Terlebih lagi, situs blog ini juga memuat destinasi wisata kuliner berdasarkan tempat Mall dan area Hangout tertentu.  
  3. Situs blog ini juga memadukan konten tulisan dan visual gambar dengan sangat bagus. Tidak jarang, mereka juga menautkan konten Youtube atau vlog mereka berdua ke dalam postingan mereka masing-masing. 
  4. Tidak hanya itu saja, situs blog ini menyediakan fitur navigasi dan tombol search, sehingga siapapun itu bisa menemukan artikel resep kulinernya dengan mudah. 


2. Theresia (akrab dipanggil Tere)

Theresia, atau Tere adalah seorang blogger yang sudah terjun ke dunia kuliner semenjak Tahun 2013. Situs blognya dinamai dengan HeyTheresia, yang banyak mengulas beragam santapan Indonesia ataupun Luar Negeri, dengan gaya penulisan yang tidak kaku dan mudah dimengerti. 

Selain itu, Tere juga kerapkali aktif membagikan segala informasi atau resep sederhana kepada para followersnya di akun resmi intagram pribadinya. 

Beberapa hal yang bisa kalian pelajari di sini, ialah :

  1. Konsep blog terlihat simpel dan menarik, kemudian dilengkapi dengan fitur navigasi atau menu yang mudah diakses oleh para pengunjung. 
  2. Setiap postingan blog sudah dilengkapi dengan visual yang sangat profesional, dan mencerminkan isi tulisannya. Tidak jarang, Tere juga menautkan link video Youtube-nya ke post artikelnya. 
  3. Blog HeyTheresia mencantumkan berbagai informasi yang lengkap, mulai dari nama dan harga makanan, nama restoran dan alamatnya, kontak nomor yang bisa dihubungi, jam operasional, serta mencantumkan lokasi Google Maps di postingannya. 


3. Dr. Verdi D. 

Dr. Verdi adalah seorang dokter biasa sekaligus blogger yang sudah terjun ke dunia kuliner semenjak Tahun 2012. Situs blognya bernama The Hungry Doctor yang telah memiliki ratusan artikel seputar dunia kuliner dan destinasi wisata. Beberapa hal yang bisa diambil sebagai pelajarannya dari situs blognya, di antara lain ialah : 

  1. Gaya bahasa yang digunakan santai dan friendly, menjadikan para pembaca nyaman dan betah berlama-lama di blognya. 
  2. Adanya ulasan yang diberikan, serta foto-foto pendukung yang berguna untuk memberikan informasi tambahan bagi para pengunjungnya. Apalagi, foto-foto yang diberikan terkesan estetik dan profesional. 
  3. Kategori blog yang ditampilkan juga begitu lengkap, seperti berdasarkan kota, area atau lokasi Mall yang terkenal sampai jenis makanannya.


Tips Menjadi Food Blogger Sukses dan Profesional

Selanjutnya, kita segera membahas tips-tips supaya menjadi Food Blogger yang handal dan profesioanl, di antara lain ialah.


1. Punya Blog Sendiri

Pertama, sebaiknya kalian buatlah terlebih dahulu blog pribadi yang profesional, kemudian segera lakukan optimasi SEO supaya performa blognya semakin lebih bagus. Pastikan juga, kalian tidak mengganti-ganti domain atau alamat situs blog, karena hal itu akan memberikan pengaruh pada domain authority dan page authority blog.

Selain itu, proses pembuatan blog ini sangatlah mudah dan memakan biaya yang sangat terjangkau.


2. Buat Konten yang Bermanfaat serta Unik

Konten artikel yang informatif dan berkualitas adalah kunci utama keberhasilan menjadi Food Blogger. Segala ide yang dituangkan ke blog haruslah unik, baru, mudah dimengerti, serta menjangkau audiens yang lebih luas.

Misalnya, kalian membahas wisata kuliner pada daerah tertentu ataupun makanan yang sedang hits-hitsnya. Maka, kalian buatlah pembahasan dengan cara yang jujur dari sudut pandang kalian sendiri. Kalian yakinkan para pembaca dengan mencantumkan informasi penting seperti alamat lokasi, harga, dan deretan pilihan menu.

Selanjutnya, kalian tambahkan tips atau tutorial resep makanan, yang berasal langsung dari koki atau chef-nya.


3. Memilih Jenis Kuliner Tertentu

Jika kalian ingin fokus pada jenis kuliner-kuliner tertentu, misalnya hanya memilih jenis makanan pastry, kuliner tradisional, dan makanan kaki lima (street food). Kalian segera bahas ketiga topik itu secara konsisten dengan harapan, nantinya kalian akan dikenal sebagai Food Blogger yang jago (expert) dalam kategori-kategori ini.

Pastinya, kalian lakukan riset dulu sebelum memutuskan jenis makanan apa yang mau dipilih. Dan, salah satu cara yang terbaik adalah melihat trend saat-saat ini yang sedang berkembang. Setelah itu, kalian bisa membuat konten artikel dengan gaya bahasa yang cocok dengan target pembaca yang diinginkan. 

Menghubungkan situs blog dengan sosial media menjadi suatu keharusan bagi para blogger. Bagaimana tidak ? kalian bisa menjadikan sosial media sebagai alat mempromosikan blog kalian kepada para followers, meningkatkan konversi dan traffic, dan memperluas para audiens.

Kemudian, kalian pastikan untuk menambahkan fitur social sharing, social login, dan social commenting ke blog makanan buatan kalian. Tidak hanya meningkatkan daya tarik saja, melainkan fitur-fitur itu juga bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung (User Experience) terhadap blog kalian. 


4. Visual Jangan Dianggap Sepele

Visual adalah bagian terpenting bagi situs blog makanan. Kalian terus tambahkan gambar dan video terbaik yang bisa menjelaskan detail terkait artikel tersebut. Ingat ! Visual dapat mempengaruhi penilaian para pengunjung seberapa bagusnya konten-konten artikel yang kalian bagikan kepada mereka. 

Kalian juga tidak boleh luput pada desain blog kalian, sebaiknya kalian memilih theme blog yang responsive, mobile-friendly, dan cocok dengan berbagai browser. Selanjutnya, kalian bisa memanfaatkan tools tambahan untuk meningkatkan fungsional pada Food Blog kalian. 

Contohnya, jika kalian menggunakan layanan WordPress pada blog, kalian bisa menggunakan berbagai plugins, seperti SEO, Gallery, Security, Optimasi Gambar, Anti Spamming, sampai Analytics, sehingga membuat performa blog semakin berjalan lebih maksimal. 

Di sini, kalian bisa mendapat pelajaran dan tips supaya tergapai menjadi seorang Food Blogger yang sukses dan profesional. Tidak cuma itu saja, setidaknya kalian bisa mengenal sekilas tentang inspirator siapa saja yang dapat dijadikan contoh panutan, dan mengetahui kemampuan apa saja yang bisa dikuasai dari blog mereka.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi 'Tips Jitu untuk Menjadi Seorang Food Blogger yang Sukses' yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar di bawah ini.