Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5+ Tips Mudah Menghasilkan Uang dari Blog

Tips Mudah Menghasilkan Uang dari Blog

Sebagai pemula blogger, kalian pasti pernah bertanya-tanya bagaimana sih cara menghasilkan uang dari blog ? Apa itu monetisasi blog ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini kerapkali muncul di benak para penulis. 

Akhir-akhir ini, dunia blogging telah menjadi wadah segala informasi masyarakat publik, padahal beberapa tahun sebelumnya semua ini sempat menjadi hanya catatan pribadi biasa saja. Oleh karena itu, lantas kenapa kita tidak melihat ini sebagai peluang ? 

Baca Juga : 100+ Niche Blog Trendy, Terpopuler dan Profitable Sepanjang Tahun

Membangun pundi uang melalui blog, yang biasanya dinamakan monetisasi blog merupakan sebuah kegiatan marketing yang dapat memberikan banyak keuntungan, baik dari segi materi dan eksposur. Jika berdasar materi, kalian bisa mendapat untung langsung dalam bentuk uang.


Cara Monetisasi Blog dengan Mudah dan Cepat

Namun di sisi lain, segi eksposur ini mampu menaikkan personal branding diri kamu dan awareness pada blog di mata para pengunjung. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memonetisasi blog kalian. 


1. Monetisasi Blog : dengan Berjualan Produk

Sebagian para blogger mencoba langkah monetisasi blognya dengan mempromosikan produk orang lain atau produk sendiri. Seiring berkembangnya blog, maka konten artikel semakin berkualitas dan dikunjungi banyak orang. Nah, kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan mengkonversi produk-produk yang bisa dijual menjadi uang, seperti Ebook, video tutorial, dan semacamnya.

Berjualan produkmu sendiri juga bisa meningkatkan peluang keuntunganmu hingga 100 %. Bersamaan juga, kalian juga pelan-pelan bisa memahami bagaimana proses penjualan produk ke customer melalui blog dan menggiring para pembaca agar mau membeli produkmu (teknik funneling). 

Kiat : Sebaiknya, kalian berjualan produk yang berguna bagi pembacamu dan usahakan sesuai dengan target atau niche yang dibuat, misalnya blog bertopik fashion dan beauty, berarti produk yang cocok dijual adalah skincare, peralatan makeup dan sebagainya. 


2. Monetisasi Blog : dengan Produk Gratis (Endorsement)

Cara seperti ini biasanya diharapkan banyak sekali orang seperti content creator, influencer, top blogger dan semacamnya. Iklan Endorsement ini bekerja dengan cara, sebuah perusahaan atau brand tertentu memberikan produk cuma-cuma kepada influencer, artist atau semacamnya untuk dipajang ke konten mereka (baik di sosial media maupun post artikel).

Produk-produk yang ditawarkan, bisa berupa makanan, minuman, tiket perjalanan, busana, kegiatan hiburan atau destinasi wisata, sampai layanan web hosting dan domain murah. 

Sebelum memajang barang iklan, sebaiknya pahami dan jelaskan dengan jujur. Kalian tidak perlu mereview atau meng-endorse suatu barang dengan pujian berlebihan, apalagi tidak usah menyangkal jika produk tersebut tidak sesuai dengan harapanmu. Hal ini juga berlaku pada blog, usahakan lengkapi isi blogmu dengan menjelaskan penerimaan barang berbentuk imbalan gratis dalam kontenmu itu. 

Kiat : Saat meninjau produk, berikan testimoni yang jujur pada para pembaca dan sebaiknya tonjolkan sisi manfaatnya kepada orang lain daripada sekedar menjual produk terang-terangan.


3. Monetisasi Blog : dengan Program Afiliasi (Affiliate Marketing)

Program Afiliasi merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blog dengan cara mengadakan kerjasama iklan antara blogger dengan pihak perusahaan, untuk mempromosikan produknya dan akan mendapatkan keuntungan berupa komisi tiap ada transaksi. Sedangkan, besaran komisi yang didapat bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. 

Selain itu, kalian juga berkesempatan untuk mempelajari cara pasang iklan setelah mendapat materi promosi dari pihak pengiklan. Biasanya, bentuk kerjasama iklan ini berbentuk kode referal yang diperoleh saat bergabung. 

Referral code ini berfungsi sebagai pendeteksi sumber asal pembeli, sehingga ketika ada pembeli baru yang memasukkan kode ini, maka kalian akan terdeteksi sebagai sumber yang mengajak atau mengiklankan. Kode referal ini biasanya dibagikan melalui sosial media, namun itu kembali pada kesepakatan kalian dengan pihak perusahaan. 

Kiat : Kalian disarankan untuk pilih program afiliasi yang cocok dengan niche blog kalian, dan pastikan kalian memberikan konten berkualitas yang relevan.

4. Monetisasi Blog : dengan Iklan Konteks (Google Adsense dan sejenisnya)

Iklan kontekstual merupakan jenis iklan yang sering muncul di postingan blog, baik berupa konteks tulisan, gambar maupun video. Model cara seperti ini paling banyak digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari situs blog.

Format iklan ini begitu beragam, mulai dari tampilan grafis, teks, sampai iklan video yang bisa ditempatkan di mana saja sesuai dengan tata letak blog.

Nah, biasanya iklan seperti ini yang sering kita pakai adalah Google Adsense, mungkin kalian tau juga penyedia layanan iklan lain sejenisnya seperti Mgid, Adsterra, Adnow atau sebagainya

Sangat berbeda dengan iklan afiliasi, jenis iklan konteks ini langsung memberikan hasil sekian persen setiap kali ada transaksi (biaya per klik). 

Kadang, besaran nominal hasil iklan yang didapat selalu berubah-ubah dan berbeda, semua tergantung pada jumlah impresi, klik, dan seberapa banyak iklan itu dilihat oleh para pengunjung. Namun, jika niche blogmu bagus dan jumlah pengunjung sangat banyak, kalian bisa dengan cepat menghasilkan uang dari jenis iklan ini.  

Kekurangannya, para blogger tidak bisa mengendalikan penuh atas jenis iklan apa saja yang akan muncul. Bahkan, ada beberapa model iklan yang harus diblokir karena tidak sesuai dengan niche blog yang kalian buat atau sekedar meningkatkan angka CPC (biaya perklik) saja. 

Kiat : Jangan pernah mencoba klik iklan sendiri karena blogmu bisa terkena pinalti, dan tidak perlu pasang banyak iklan karena hal itu bisa mengganggu para pembaca, sehingga membuatnya tidak betah. 


5. Monetisasi Blog : dengan Iklan Banner (Rental Space/Sewa Ruang)

Selanjutnya, kalian bisa menyewakan sebagian ruang (space) situs blog-mu kepada para pengiklan, biasanya berupa spanduk atau widget pada sidebar. Nah, keuntungan di sini ialah pemilik blog bisa menetapkan tarifnya sendiri sesuai selera dan iklan apa saja yang boleh muncul.

Sebelum ini, usahakan kalian memastikan situs blog sudah memiliki kredibilitas yang baik di mata para pengunjung, karena pihak pengiklan tidak mau sembarangan taruh iklan ke blog yang tidak ada daya tariknya sama sekali. So, intinya tetap mengedepankan kualitas artikel, tampilan, dan aksesbilitas layout pada blog kalian.   

Kiat : Usahakan kalian menyediakan media kit dengan laporan lengkap statistik pada blog dan harus perbaharui datanya tiap bulannya.


6. Monetisasi Blog : dengan Iklan Bersponsor (Sponsorship)

Kerjasama Sponsorship adalah jenis iklan yang sangat menggiurkan, tetapi sangat sulit diperoleh. Cara kerjanya cukup simple, pihak pengiklan (advertiser) bisa menjadi sponsor lomba atau giveaway yang kalian selenggarakan.

Atau mungkin dengan cara lain, misalnya membuat artikel bersponsor. 

Pihak pengiklan biasanya akan request kepada pihak blogger untuk menge-post artikel mereka ke blogmu (content placement) atau mungkin dia akan meminta kalian untuk membuat artikel blog sesuai syarat dan ketentuan mereka.

Nah, cara ini perlu membutuhkan strategi marketing dan copywriting yang bagus, ada 2 jenis teknik iklan yang selalu dilakukan di dunia internet, yaitu Teknik Soft-Selling dan Teknik Hard-Selling. Yang terpenting, tulisan artikel yang dibuat harus menjadikan para pembaca terbawa suasana untuk mau membeli produk yang ditawarkan.

Kiat : Artikel iklan bersponsor akan menjadi lebih menarik, jika dikemas dalam teknik soft-selling.


7. Monetisasi Blog : dengan Keanggotaan (Membership)

Yang terakhir, kalian bisa membuka keanggotaan pada situs blog-mu, contohnya seperti E-Course (Kursus Online) yang tidak pernah didapatkan dari situs atau orang lain. 

Dalam sistem kerja ini, kalian cukup menerima pendaftaran orang lain sebagai member baru, kemudian cukup memfokuskan untuk memberikan konten berkualitas, sehingga pembeli (buyers) bisa mendapat apa yang mereka inginkan (berupa ilmu, jasa, tutorial dan sebagainya).  

Untuk keuntungannya, kalian bisa mendapat komisi keanggotaan (membership) setiap bulan atau tahunnya jika mereka ingin masuk daftar atau diperpanjang masa aksesnya. 

Andaikan saja, anggotamu harus membayar Rp 100.000 per bulan, sedangkan member-mu ada 500 orang, bisa langsung ditotalkan saja berapa labanya ? Diperkirakan mencapai kurang lebih 50 juta rupiah. Sangat menguntungkan bukan ? 

Kiat : Penting sekali menjaga kepercayaan dan keterlibatan kalian terhadap para pembeli maupun pembaca. Tunjukkan manfaat apa yang bisa diberikan setara dengan uang yang mereka bayarkan. 

Baca Juga :


Kesimpulan

Mungkin awalnya, penghasilan dari blog yang kalian buat masih belum menuai banyak. Namun seiring  berjalannya waktu, kalian pasti bisa meningkatkan kualitas blog-mu sampai berhasil dimonetisasi oleh Google Adsense setidaknya. 

Yang terpenting dan tidak boleh dilupakan, kalian wajib mempertahankan blogmu pada ranking Google SERP dan kualitas SEO yang bisa dijadikan patokan. 

Tidak ada jaminan pasti terhadap berapa besar penghasilan yang kalian dapatkan, namun kalian harus tetap mempertahankan konsistensi dalam melahirkan konten-konten yang berkualitas, unik dan menarik.

So, berikut beberapa tips di atas sebenarnya hanya sebagian beragam cara menghasilkan uang dari blog. Kalian bisa mencobanya satu, dua, tiga sekaligus, tetapi kalian juga harus berusaha menyesuaikan strategi untuk menargetkan para audiens-mu.