Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

100+ Niche Blog Trendy, Terpopuler dan Profitable Sepanjang Tahun

Niche Blog Trendy, Terpopuler dan Menguntungkan

Niche Blog, Seberapa Pentingkah Itu ?

Sebelum terjun ke dunia blog, menentukan niche adalah langkah penting yang biasanya sering dilewatkan para blogger. Padahal, jika kalian berfokus ke niche yang tepat, blog kalian akan semakin lebih powerfull dan memperbesar 'kemungkinan' pundi-pundi uang.

Selain itu, blog kalian akan mudah sekali untuk dimonetisasi, sekaligus tidak perlu bertarung head to head lagi melawan situs-situs yang sudah punya otoritas sangat tinggi, seperti media berita nasional dan sebagainya. 

Bahkan, bisa saja menjadi tolak ukur popularitas menurut mesin telusur, juga wadah melahirkan konten-konten yang unik, bermutu, dan enak dibaca. 

Banyak sekali kalangan para blogger tidak tahu bagaimana caranya menentukan niche yang tepat atau mungkin sulit memilih niche blog yang cocok karena masih belum mengenali bakat dan kemampuannya yang dimiliki. 

Bakat dan minat adalah parameter awal yang penting sekali dalam menentukan topik blog.

Dengan kedua hal itu, para blogger bisa meningkatkan motivasi dirinya untuk melahirkan banyak artikel, juga dipandang lihat dan luas wawasan terhadap apa yang ditulis, sehingga menjadi langkah awal menuju kesuksesan sebagai blogger. 

Mungkin, ada beberapa di antara kalian masih bingung, kenapa harus memilih dan fokus pada satu topik blog saja ? 

Nah dalam postingan ini, berikut ada penjelasan tentang pengertian niche blog beserta apa saja manfaatnya, beberapa tips praktis memilih topik yang tepat dan ide-ide niche blog Indonesia rekomendasi, terpopuler, dan paling menguntungkan yang bisa digunakan saat ini.


Niche Blog : Pengertian dan Manfaat

Niche Blog itu merupakan topik utama blog, atau lebih rincinya adalah sebuah tema atau topik utama yang dibahas dalam sebuah blog. 

Contohnya, jika blog kalian bertemakan niche "Teknologi," tentunya isi artikel kalian harus berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan komputer, smartphone, laptop, hardware software dan lain-lain.

Niche Blog bisa dikatakan mempunyai peranan penting dalam hal SEO (Search Engine Optimization) serta kenyamanan dari setiap pengunjung yang ingin mengenal blog kalian lebih dekat. 

Dalam niche blog, kalian cukup mengandalkan fokus dan konsisten mengulas artikel saja yang dibikin dengan topik serupa. Sebenarnya, tidak aturan sama sekali yang mewajibkan para blogger menarget artikelnya ke satu topik tertentu. 

Namun di sisi lain, ada banyak keuntungan yang didapat apabila konten blog berfokus pada satu niche saja, di antaranya ialah : 

  1. Situs blog kalian akan dipandang baik oleh Algoritma Google, apalagi bisa dijadikan bahan referensi atau rujukan oleh para pengunjung.
  2. Bisa lebih fokus dan konsisten dalam menuliskan banyak artikel, sehingga isi blog kalian tidak terkesan campur-aduk atau melenceng ke luar topik lainnya.
  3. Kalian bisa dianggap sebagai ahli di bidangnya, mungkin bisa saja membuka jasa pasang iklan banner atau jual produk tertentu untuk mendapat monetisasi selain dari Iklan Adsense.
  4. Angka CTR (Click Through Rate) dan CPC (Cost per Click) iklan bisa meningkat dan tinggi, sehingga dapat menambah jumlah pendapatan dari iklan.
  5. Menjadi ajang personal branding, tanda identitas atau privilege tersendiri, karena mudah dikenali dan diingat oleh para pembaca.
  6. Mesin telusur Google akan semakin mudah mengenali situs blog kalian dan bisa ditemukan oleh para pembaca (berpotensi masuk Page One).
  7. Menjadi acuan para Agency Advertiser, tentu kalian tidak perlu heran lagi kebanyakan blog yang fokus pada 1 niche saja lebih mahal nilai CPC-nya ketimbang blog gado-gado. Kalian juga bisa mematok harga tinggi untuk jasa iklan banner sesuai jumlah para pengunjung yang masuk dan seberapa royal pembaca mengenali diri kalian. 


Baca Juga : 


Tips Menentukan Niche Blog Yang Tepat dan Terbaik 

Setelah membaca pengertian niche blog dan apa saja manfaatnya, mungkin kalian bimbang bagaimana caranya sih memilih niche blog yang baik dan tepat. Asalkan kalian tahu, memilih niche blog ini bisa dikatakan susah-susah gampang, karena faktor utama paling menentukan masa depan blog.

Pasti di antara kalian pernah terbesit ada ratusan ide yang muncul di kepala kalian, saking banyaknya sehingga tidak tahu mau ambil yang mana. Tenang saja, tulisan artikel di bawah ini semoga saja bisa membantu memilih topik blog yang terbaik dan tepat buat kalian, di antaranya ialah.


1. Sesuaikan dengan Minat (Apa yang Disukai/Dikuasai)

Hal pertama yang harus dilakukan sekaligus paling mudah ialah menentukan topik blog yang akan digeluti berdasarkan apa yang diminati. Untuk mengetahui minat kalian, pasti kan harus diketahui dulu apa hobi dan kemampuan yang dimiliki.

Misalnya, minat kalian ada di bidang "Games," maka kalian bisa membuat suatu blog yang mengulas apa saja yang berkaitan tentang games online, cheat, tips, update dan review sebuah permainan terbaru lainnya.

Nah, dengan penerapan niche blog sesuai apa yang diminati, kalian akan lebih mudah dan tidak terbebani mengerjakan konten-konten artikel untuk di-post. Sebaliknya, jika seandainya memilih niche yang tidak disukai, kalian sudah pasti gampang bosan, malas atau jenuh menyelesaikannya. 

Selain itu, kalian juga akan didorong untuk melahirkan artikel-artikel berkualitas dan nyaman untuk dibaca. Kemudian, kalian juga disarankan untuk menguasai topik blog yang dipilih. Tenang saja, kalian tidak perlu berpikir harus menjadi pakar atau master dulu baru bisa menjelaskan niche blog ini dengan baik. 

Kalian hanya perlu memahami isi topik tersebut dengan baik, sehingga bisa disampaikan dalam bentuk artikel yang mudah dibaca atau menghasilkan konten yang berkualitas. Setidaknya, para pembaca bisa menjadikan blog ini sebagai rujukan atau referensi pada suatu topik.

Intinya, blogging itu harus membutuhkan dedikasi. Kalau si blogger pemula tidak berminat dengan topiknya yang diambil, maka dia akan cepat bosan. Dunia blogging ini isinya orang-orang yang benar-benar antusias terhadap nichenya masing-masing. 

Kalau anda tidak berminat, akan susah bersaing. Tapi jangan anggap minat sebagai halangan. Justru dunia blogging itu enak karena kita bisa mendapatkan penghasilan dengan menulis hal-hal yang kita minati.


2. Topik yang Trendy dan Populer  

Selain minat, kalian juga perlu menentukan niche blog yang dipilih apakah sedang trend di tengah masyarakat atau tidak ? 

Karena blog atau website yang membahas topik trending akan membantu sekali untuk meningkatkan jumlah para pengunjung lebih banyak. Pastikan niche blog yang dipilih begitu banyak diminati dan sangat antusias orang-orang mencarinya.

Bukan hanya itu saja, kalian juga semakin termotivasi (lebih bersemangat lagi) saat membuat konten trendy. Mungkin kalian akan meriset berbagai sumber untuk melahirkan artikel yang lebih baik daripada kompetitor. 

Namun kalian juga harus berpikir atau menilai apakah trend pada konten tersebut memiliki potensi yang bagus dalam jangka waktu yang panjang atau sebaliknya, hanya beberapa saat saja dan bisa hilang begitu saja.  


3. Lakukan Riset Sederhana Tapi Mendalam

Selanjutnya, target konsumen sebuah blog adalah para pembaca atau pengunjung Google. Jika ingin membangun blog atau menuliskan banyak artikel, maka dia harus tahu apa yang diinginkan oleh netizen itu sendiri.

Misalnya, topik yang disukai adalah gosip artis. Kemudian, kita harus mencari tahu apakah topik sedang trending dan banyak diminati atau tidak ? Nah, untuk mengetahui hal ini kalian bisa mulai dengan menggunakan fitur Google Trends

Cari tahu tentang topik apa yang disukai, kemudian amati seberapa banyak peminatnya. Usahakan kalian hindari topik yang grafik menurut atau kemungkinan hanya booming sementara waktu saja. 

Oh iya, pastikan niche dan isi artikel kamu menjadi sesuatu yang berbeda dan paling lengkap daripada yang lain. Nah, untuk itu kalian juga wajib berusaha meriset artikel-artikel lainnya yang sepadan, buku, jurnal dan sumber-sumber terpercaya lainnya untuk melengkapi isi postinganmu (meningkatkan kualiatas artikel).


4. Mendapat Keuntungan (Profitable)

Pastikan niche yang kamu pilih itu banyak diminati, unik dan diincar banyak orang, nah dengan antusias pengunjung yang banyak itu mampu memberikan penghasilan besar kepada si owner website atau blogger. Biasanya, niche-niche yang membawa keuntungan besar ini adalah niche yang abadi dan evergreen

Selain biaya perklik bernilai tinggi, peluang RKT halaman juga semakin meningkat seiring semakin nyaman para pengunjung membaca isi postingan kamu. Dengan ini, penghasilan adsense bisa lebih cepat cair (pay out). 

Baca Juga : 5+ Tips Mudah Menghasilkan Uang dari Blog


5. Pastikan Potensi Topik Blog Bisa Untung atau Tidak 

Yang terakhir, kalian bisa mempertimbangkan keuntungan apa yang bisa didapat jika kamu yakin ambil niche blog bagian ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraup untung dari blog selain Google Adsense, di antaranya ialah menjual produk, menjual E-Book atau E-Course, pemasangan jasa iklan banner untuk brand agency, penawaran jasa konsultasi, dan mengikuti affiliasi. 



15+ Niche Blog Terlaris, Profitable, dan Paling Banyak Dikunjungi

Kebanyakan niche blog terlaris ialah topik blog yang selalu ramai dicari orang setiap tahunnya, istilah ini bisa disebut tema evergreen atau topik abadi. Walaupun banyak pesaingnya, jika kamu benar-benar konsisten, stay on focus pada kualitas konten dan menjaga ciri khas kamu pun pasti bisa mendapat pengunjung. 

Selain itu, biasanya niche blog evergreen juga memiliki potensi High Paying Keyword (HPK) yang begitu banyak, sehingga dapat memberikan keuntungan lebih besar dari Google Adsense yang dimana setiap kliknya pasti terhitung dengan biaya besar. 

Berikut ini, niche blog yang paling banyak dikunjungi, punya nilai BPK (biaya per klik) tinggi dan tidak akan lekang dimakan zaman, di antara lain ialah.  


1. Keuangan (Financial) 

Niche keuangan, orang-orang tidak bisa lepas dengan uang. Topik blog ini berpotensi mampu menjangkau semua kalangan, seperti anak sekolahan, mahasiswa, pekerja/pegawai, orang tua, maupun para owner bisnis. 

Berbagai permasalahan pelik soal keuangan mulai gencar dicari, mulai dari bagaimana cara mengelola keuangan (money management), cara berinvestasi bagi para pemula, perencanaan keuangan (financial planning), tips konsisten menabung sejak dini, mengatur kas perjualan digital, dan masih banyak lagi. 

Kalian bisa simak contoh artikel-artikel blog topik keuangan seperti ini di website Finansialku dan Koinworks.


2. Kuliner (Food & Beverage)

Niche kuliner ini berkaitan dengan apa saja yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Saat ini, kebanyakan para blogger memberikan informasi resep masakan, kegunaan kitchen kit (peralatan dapur) dan lainnya, kemudian pasang tautan link ke saluran Youtubenya supaya bisa meraup pendapatan Google Adsense bersamaan. 

Para pengunjung, terutama ibu-ibu biasanya selalu membutuhkan informasi seputar makanan atau minuman di internet, seperti membuat makanan enak sederhana, masakan rasa bintang lima harga kaki lima, minuman kekinian, sampai resep makanan mewah ala-ala restoran.

Tidak salah, sangat tinggi kemungkinan kalian mendapat banyak kunjungan blog ataupun website jika memilih ide topik ini. 

Banyak sekali topik seputar kuliner yang bisa dibahas, misalnya rekomendasi makanan dan tempat makanan favorit, informasi harga makanan, resep masakan, review makanan/minuman atau kedai makanan. 

Untuk contoh situs blog topik makanan terkenal yang bisa dijadikan referensi, yaitu Cookpad dan Masakapahariini.

Baca Juga : 3+ Tips Jitu Jadi Food Blogger Profesional


3. Pola Asuh Orang Tua (Parenting)

Seiring kemajuan zaman, orang tua akhir-akhir ini mulai melek digital dan mencari-cari informasi seputar cara pola asuh anak yang benar di internet. Topik parenting seperti ini bisa digolongkan kategori evergreen (selalu segar), selama orang tua masih terus memiliki anak.  

Banyak sekali informasi yang dibahas dalam topik parenting ini, mulai dari kesehatan ibu dan anak, tips keharmonisan keluarga, cara mendidik anak dengan berbagai cara, termasuk juga rekomendasi nama-nama anak bayi bisa kalian cantumkan di niche blog ini. Salah satu contoh blog niche parenting terkenal dan profesional bisa dilihat pada Website TheAsiaParent Indonesia.


4. Wisata (Tour & Travel)

Liburan merupakan kebutuhan penting dan sangat diperlukan oleh banyak orang. Sekian lamanya bekerja, setiap orang pasti merasakan jenuh-capeknya bercampur jadi satu, kemudian ada kalanya ingin menyegarkan jiwa dan batinnya kembali, dan salah satu caranya adalah jalan-jalan (refreshing).

Sebelum berlibur, orang-orang biasanya mencari-cari info di internet, mulai dari destinasi wisata terbaik dan favorit, rekomendasi tempat makan dan tempat penginapan, informasi promo dan diskon tiket murah, perlengkapan travel (travel kit) yang mesti dibawa, tips packing barang dengan benar, dan masih banyak lagi lainnya. 

Baca Juga : 5+ Tips Membangun Travel Blogger dan Cara Monetisasinya


5. Teknologi

Niche teknologi, topik blog yang paling banyak diminati dan diincar pada mesin telusur Google, sekaligus juga paling menguntungkan. 

Bagaimana tidak ? Kebanyakan para blogger yang berkecimpung ke dunia ini tidak hanya mengandalkan dari hasil iklan adsense saja, tetapi ada yang mendapat sponsor iklan produk atau jasa dari berbagai merek/brand.

Dengan peluang yang sangat besar sekali, kalian bisa mengulas banyak sekali ide topik tanpa perlu khawatir akan kehabisan bahan, misalnya tentang digital marketing, teknologi yang menopang kehidupan manusia, sosial media, internet, gadget/smartphone, Laptop/PC, perangkat teknologi terbaru, peluncuran aplikasi trending dengan segala manfaatnya, dan sebagainya.  


6. Kecantikan dan Busana (Beauty & Fashion)

Seiring berkembang pesatnya trend busana dan kecantikan, tidak sedikit para pengunjung yang notabenenya kebanyakan anak muda mencari informasi seputar ini, terutama model outfit setiap event. 

Selain itu, kesadaran merawat diri yang biasanya identik dengan kaum hawa ternyata mulai digandrungi juga kaum adam.

Nah di sini, kalian punya kesempatan membahas seputar produk-produk kecantikan seperti skincare, hairstyle, perawatan rambut, wajah, dan kulit, serum anti jerawat dan bebas minyak, dan lain-lain. 

Mungkin, kalian bisa juga menautkan channel Youtubemu ke konten artikel supaya para pembaca bisa mendapatkan informasi lebih detail lagi dan jelas. Toh juga, bisa dijadikan kesempatan membuat 2 sumber penghasilan bersamaan sekaligus.  


7. Permainan (Game Online)

Menurut penelitian Pokkt, Decision Lab and Mobile Marketing Association (MMA), berhasil membuktikan mayoritas masyarakat di dunia hampir kebanyakan pengguna lebih suka bermain games di smartphone, apalagi jumlah pengguna games asal Indonesia telah mencapai sampai 100 juta orang.

Selain dikarenakan mudah diakses, penyebaran games ini bisa meluas dan cocok dipakai di perangkat (device) apa saja seperti laptop, tablet atau smartphone. 

Seiring populernya suatu games online, orang-orang sudah mulai mencari informasi membahas apa saja yang menyangkut tentang games tersebut, seperti review, tips dan trik, pembahasan fitur-fitur, alur bermain, cara meraup untung melalui games, dan sebagainya. 


8. Pendidikan (Education)

Niche Pendidikan, kebutuhan pokok umat manusia tidak akan luntur hingga Hari Kiamat. Betapa pentingnya pendidikan sebagai ajang unjuk kualitas diri menjadi lebih baik lagi. 

Tidak jarang, orang-orang kerapkali searching melalui Google untuk mencari kunci jawaban soal, atau riset berbagai informasi, misalnya beasiswa, pertukaran pelajar/mahasiswa, lomba, atau sebagainya. 

Kebutuhan akan niche pendidikan diyakini akan terus bertahan, tidak salah dimasukkan kategori evergreen (selalu segar), karena memang selalu dibutuhkan setiap saat, apalagi tidak hanya mengandalkan ilmu sekolahan saja.

Untuk target pengunjung topik blog yang satu ini, biasanya kebanyakan tidak jauh dari kalangan anak sekolahan, mahasiswa/i, guru/dosen, dan sederajat lainnya. 


9. Otomotif

Semakin tingginya minat kendaraan, niche otomotif  menjadi primadona sebagian besar orang yang sangat potensial dan menguntungkan. 

Mengenai ide artikel, kalian bisa mengulas topik yang berhubungan dengan spesifikasi mobil atau motor, perbandingan harga dan tawaran promo tertentu, tutorial modifikasi, belajar mengemudi, atau perawatan kendaraan dengan tepat, dan lain-lain.  

Kelihatan mudah dan menguntungkan, bukan ? Jika tertarik dengan dunia otomotif, apa salahnya kalian mencoba membuat blog seputar ini.


10. Kesehatan (Healthy)

Berbicara soal kesehatan, rasanya tidak akan ada habisnya sebab pasti ada isu atau masalah baru setiap harinya. Mengingat kesehatan begitu mahal dan penting sekali di atas segala-galanya, tidak jarang orang-orang mencari informasi terkait hal ini, terutama di tengah wabah pandemi.

Kepopuleran niche kesehatan tidak bisa diragukan lagi di mata Google, tentu saja ini berpotensi banyak pengunjung, namun di sisi lain dapat beresiko sekali sekaligus sensitif karena menyangkut tentang keselamatan jiwa orang lain. 

Tentunya, yang mengulas informasi-informasi seperti ini pastikan berkonsultasi atau menjadi ahli di bidang kesehatan terlebih dahulu. Google tidak akan kenal ampun memblacklist atau take-down konten yang mengandung informasi menyesatkan. 

Dengan niche kesehatan, kalian bisa membahas, misalnya seputar informasi penyakit atau jenis obat, cara menyembuhkan suatu penyakit secara herbal alami, tips hidup sehat, diet, olahraga, bahkan mungkin penjelasan detail antara mitos, hoax, dan fakta tentang kesehatan yang pernah beredar di telinga masyarakat.


11. Pendapatan Online (Blogging, Online Shop, Digital Marketing)

Dunia digital tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, setiap apa yang kita inginkan pasti tinggal buka gadget atau laptop langsung tersedia semua. Pesan barang tinggal klik order, berangkat ke tempat lain tinggal pesan ojol, dan masih banyak lagi. 

Saat ini, semua orang pun juga bisa berlomba-lomba untuk membangun sumber penghasilannya masing-masing, mengingat kekuatan internet tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Nah, beberapa di antaranya seperti blogging, vlogging atau jualan online shop. 

Ulasan informasi ini yang terkait dengan topik ini, misalnya seperti bagaimana menentukan niche blog dengan benar seperti contoh artikel di sini, strategi berjualan online, membuat konten video di Youtube, daftar bisnis sampingan dan sebagainya.


12. Gaya Hidup (Life Style)

Akhir-akhir ini, gaya hidup penuh kemewahan sering dipopulerkan oleh kalangan artis dan influencer. Mereka tidak jarang selalu mengupload gaya hidupnya di post sosial media, sehingga para followers yang melihatnya ingin sekali ikut-ikutan ala gaya hidup mereka.

Jika kalian salah satu orang tertarik dengan topik lifestyle ini, tentu hal ini bisa menjadi niche blog yang tepat untukmu. Niche yang satu ini biasanya ada hubungan dengan dunia fashion tetapi lebih luas lagi daripada itu, misalnya seperti gaya model berfoto, gaya rambut, gaya berpakaian, dan sebagainya.
 
Niche lifestyle, niche yang cocok ada jajal saat ini. Selama kita membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan gaya dan cara hidup orang, pasti akan menjadi incaran para pembaca yang haus informasi.   

13. Bisnis dan Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Niche bisnis dan kewirausahaan, salah satu topik blog yang berhubungan dengan dunia bisnis dan perniagaan. Potensi niche bisnis ini memiliki peminat yang cukup banyak, apalagi kesadaran anak muda mau berwirausaha mulai bermunculan. 

Niche bisnis seperti ini biasanya selalu berkaitan erat dengan dunia keuangan, mungkin kalian yang senang menghasilkan uang banyak, bisa saja dijadikan sebagai ulasan ide topik ini di konten anda.
 
Di niche bisnis ini, kalian bisa mengulas seputar informasi mulai dari motivasi para pebisnis, perjalanan anak muda yang berhasil merintis usahanya, tips memilih supply barang terpercaya, mengelola kas penjualan, atau cara meningkatkan produktivitas para pekerja dan sebagainya. 

14. Review, Tips & Tutorial  

Niche tips dan tutorial menjadi cara cepat untuk berbagi pengetahuan dalam memecahkan suatu masalah, dan bagian dari proses belajar. Blogger yang membahas topik ini dipandang bermanfaat sekali membantu para pembaca.

Selain itu, me-review barang tertentu ternyata telah menjadi topik dengan minat paling tinggi, apalagi membahas barang yang sedang trending atau sangat terkenal. 

Misalnya, kalian sedang menulis sebuah artikel review, pastikan cantumkan plus minusnya (kekurangan dan kelebihan) dari tiap barang yang dibahas, sehingga kalian akan dianggap sebagai ahlinya sekaligus mendapat kepercayaan dari para pembaca.

15. Pengembangan Diri (Self Development)

Dalam kehidupan, betapa pentingnya akan pengembangan diri. Sayangnya, jarang sekali sekolah memberikan pelajaran tentang ini. Melihat kesempatan ini, kalian bisa membangun niche blog self development untuk menyajikan pesan-pesan yang bermanfaat kepada orang lain.

16. Hobi

Soal hobi, niche blog yang satu ini bisa dikatakan menguntungkan mengingat para pengunjung rela menghabiskan banyak uang untuk sesuatu yang disukai. Memberikan kesenangan terhadap orang lain pasti tidak akan ada ujungnya. 

Jika kalian punya hobi tertentu, apa salahnya kalian menjajal topik ini ? Biasanya blogger yang menulis sesuatu berdasarkan hobi pasti tidak akan pernah merasakan bosan dan jenuh seterusnya.


100+ Daftar Niche Blog Indonesia Rekomendasi Untuk Meningkatkan Para Pengunjung

Dari sekian 16 topik blog di atas, jika masih belum juga memenuhi kesanggupan kalian untuk membangun blog mungkin di antara kalian masih ada yang merasa yang kurang cocok atau tidak nyaman dengan contoh topik blog di atas. 

Nah di sini, mungkin kalian bisa menjajal mikro niche (topik blog berskala kecil) dengan ratusan ide sederhana yang bisa menargetkan para pembaca tertentu untuk mau membaca artikel ini sekaligus dapat menghasilkan lebih banyak uang juga mengingat persaingan di niche-niche seperti ini sangat amat sedikit sekali. 

Sebagai berikut, daftar mikro niche blog Indonesia rekomendasi untuk para blogger di antara lain adalah.


Topik Kesehatan :

1. Rambut rontok

2. Berhenti merokok

3. Kulit yang cerah 

4. Kehamilan

5. Bersepeda

6. Obat alami

7. Berlari

8. Gym

9. Perawatan Pria

10. Meningkatkan kepercayaan diri

11. Kesehatan mental

12. Perhatian

13. Penyembuhan

14. Angkat besi

15. Pengobatan rumahan

16. Produktivitas hack

17. Penurunan berat badan

18. Yoga

19. Meditasi

20. Nutrisi dan suplemen

21. Kegelisahan

22. Pengobatan tradisional

23. Kesehatan oral (seksual)

24. Perawatan kulit (skincare) 

25. Diet 


Topik Hobi :

26. Berkebun

27. Perjudian

28. Fotografi

29. Tips kecantikan

30. Makeup (tata rias)

31. Bela diri

32. Hewan peliharaan

33. Game fisik

34. Olahraga Kriket

35. Desain interior

36. Menari

37. Musik

38. Kendaraan (sepeda, motor, mobil)

39. Melukis

40. Menghias kuku

41. Video games

42. Cara menulis dengan baik dan benar

43. Memancing


Topik Wisata :

44. Tips travel (jalan-jalan)

45. Panduan wisata

46. Destinasi terbaik

47. Budaya berbagai daerah


Topik Makanan :

48. Tips dapur

49. Minuman teh dan kopi

50. Tips memanggang

51. Bir

52. Wine

53. Hidangan laut (sea food)

54. Makanan sehat 

55. Memasak (cara membuat sesuatu)

56. Resep


Topik Finansial :

57. Reksadana

58. Stok Market

59. Penghematan Pajak

60. Tabungan kartu kredit

61. Perbankan

62. Pinjaman

63. Mengatur belanja bulanan keluarga

64. Tabungan finansial

65. Asuransi pribadi


Topik Internet :

66. Komputer, laptop, dan komponen lainnya

67. Panduan teknis

68.Gadget 

69. Smartphone

70. Review

71. Aplikasi

72. e-Commerce

73. Shopify

74. Tips dan strategi pemasaran Twitter

75. Instagram

76. Tips pemasaran Facebook

77. Email Marketing

78. Search Engine Optimization

79. Blogging

80. Youtube

81. Wordpress

82. Bangun penghasilan online


Topik Relationship :

83. Tips keluarga

84. Tipe keluarga

85. Pernikahan

86. Nasehat perceraian

87. Nasehat hubungan

88. Panduan kencan

89. Nasehat cinta



Topik Lainnya : 

90. Nasehat karir

91. Tips ujian kompetisi

92. Hacks belajar

93. Buku

94. Pertunjukan TV 

95. Film

96. Politik

97. Berita update

98. Manajemen waktu

99. Pelatihan beladiri

100. Pekerjaan lepas/sampingan

101. Grafis desain

102. Coding 

103. Poker

104. Atheis

105. Belajar bahasa

106. Tutorial Microsoft Word & Excel

107. Tips belanja online

108. Proyek DIY

109. Mengenai area sekitarmu


Topik Bisnis :

110. Pemasaran

111. Sumber daya manusia

112. Penjualan

113. Ide bisnis

114. Tips bisnis

115. Closing 


Kesimpulan

Pada intinya, pemilihan niche blog yang tepat sangatlah penting dalam membangun sebuah blog dan memang sangatlah tidak mudah. 

Dengan niche yang tepat pula, performa blog kamu bisa melesat dengan cepat dan menghasilkan banyak uang untuk anda. Nah, dari deretan topik blog pada tulisan di atas mana yang akan kalian pilih ?

Memilih niche blog menurut beberapa orang pasti dianggap menjadi sebuah tantangan tersendiri. Banyak blogger yang masih khawatir akan kehabisan ide, makanya dia lebih memilih niche blog gado-gado. 

Sebenarnya model seperti ini wajib dihindari untuk menjadikan blog kalian tetap unik dan menarik, namun itu semua kembali pada keputusan diri masing-masing.

Melalui artikel ini, semoga dapat membantu kalian dalam memilih niche blog yang tepat. Intinya, dalam dunia blogging selama kalian nyaman dan tertarik membahas suatu topik tertentu, entah dapat bayaran atau tidak, pastinya kalian harus tetap konsisten menulis artikel yang berkualitas.