Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendaftar Google Adsense Terlengkap Bagi Pemula

Cara Mendaftar Google Adsense

Google Adsense, Sumber Penghasil Uang Sejuta Umat

Saat ini, banyak orang yang berupaya mencari pendapatan tambahan atau bahkan ada yang bergantung pada pendapatan mereka secara online di Internet. 

Ada berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan mulai dari penjualan E-Commerce (Online Shop) dan menyediakan layanan online, Blogger, Youtuber dan sebagainya. Pekerjaan online ini memprioritaskan konten yang menarik dan membawa pengunjung untuk terus berinteraksi atau keterlibatan.

Dari sini, Blogger dan YouTuber mendapatkan penghasilan dengan bantuan Adsense. Mereka tidak hanya mengandalkan konten saja tetapi juga menggabungkannya dengan penyisipan iklan. Metode ini adalah trik yang ramai diminati oleh para pelaku atau pemilik blog, situs web, dan akun YouTube lainnya.

Selain itu, orang yang mendaftar Google Adsense juga tidak perlu khawatir tentang jenis iklan yang akan dimasukkan ke dalam konten mereka sendiri. Karena iklan yang ditampilkan akan disaring terlebih dahulu untuk menyesuaikan tema atau niche pemilik blog, situs web atau youtube. 

Apakah kalian juga tertarik mencoba untuk memonetisasi konten Blog dan Youtube kalian ? Yuk, simak cara mendaftarkan Google Adsense sebagaimana berikut.

Baca Juga : 101+ Niche Blog Trendy, Terpopuler dan Profitable Sepanjang Tahun


Pengertian Google Adsense

Google Adsense adalah program dalam iklan yang disediakan oleh Google yang memungkinkan para pengguna untuk menjadi bagian dari partner. Semua pengguna dapat mengikuti layanan ini dengan memenuhi persyaratan memiliki situs web atau blog. 

Pemilik pengguna atau situs web yang berpartisipasi dalam program Google AdSense dapat memperoleh pembayaran yang diberikan oleh Google ketika iklan diklik oleh pengunjung. 

Karakteristik situs web yang berpartisipasi dalam program ini, biasanya ditandai dengan iklan di sidebar dan tengah artikel, tetapi juga tergantung pada pengguna soal bagaimana cara mengaturnya. 

Sebagian besar pengguna melakukan monetisasi memanfaatkan Google Adsense. Pengguna layanan ini juga cukup mudah, Iklan Adsense menawarkan juga komisi yang lebih besar daripada menggunakan layanan serupa.

Ini tentu saja merupakan peluang yang tidak boleh dibuang oleh semua pemilik situs web. Sekarang, mereka sibuk menggunakan Iklan AdSense di situs web masing-masing. Begitu banyak pemilik mendaftarkan Google Adsense sebagai cara untuk meningkatkan pendapatan dan juga menaikkan kualitas konten mereka.


Keuntungan Mendaftar Google Adsense

Mendaftar untuk Google Adsense dapat memberikan manfaat bagi pemilik situs web seperti beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebagai berikut di bawah ini :


1. Mendapat Penghasilan Tambahan

Dibayar dari Google merupakan suatu hal yang diinginkan oleh pemilik situs web atau blogger, dengan adanya penambahan iklan AdSense yang ditampilkan di situs web dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. 

Kalian bisa mendapatkan penghasilan dari Iklan AdSense, tetapi ini juga tergantung pada beberapa faktor seperti tingkat popularitas situs web (blog) dan besaran nilai iklan (biaya per klik) yang disediakan oleh pengiklan. 

Kemudian, penggunaan kata kunci yang lebih kompetitif sesuai dengan target, umumnya semakin besar nilai yang ada di setiap iklan diklik. 

Google biasanya melakukan transaksi pembayaran pada setiap bulan dengan pencairan dapat dilakukan setelah menyelesaikan persyaratan dengan pendapatan $ 100 atau sama dengan 1,4 juta (setara nilai kurs Rp 14.152).


2. Iklan Nyambung dengan Isi Konten Website

Konten adalah unsur terpenting dalam menarik perhatian para visitors, dengan itu membutuhkan penataan yang baik dan benar. 

Ketika kalian menggunakan layanan ini, misalnya Google AdSense dan layanan serupa, tentu saja dapat mengurangi ruang yang ada pada konten, sehingga hal ini dapat membuat beberapa pengunjung mulai tidak betah dan menyukainya. 

Keuntungan mendaftar Google Adsense adalah untuk memunculkan program yang sesuai dengan isi konten situs web atau blog. Jadi, iklan yang disajikan tentu tidak mengganggu tema konten kalian. 

Kalian dapat membayangkan jika konteks iklan hadir dari blog kalian, misalnya kalian berbicara tentang layanan hosting web tetapi iklan yang ditampilkan malah berkaitan tentang tanaman atau hewan, tentu saja ini terkesan aneh karena jauh sekali dari apa yang dibahas.


3. Bentuk iklan yang Bisa Disesuaikan

Keunikan pada tampilan blog tentu sangat penting bagi pengunjung, terutama dengan kemudahan navigasi. Iklan Google Adsense sangatlah mudah disesuaikan oleh para pengguna, sekalipun dapat menyesuaikan bentuk, ukuran, perbatasan iklan, termasuk juga dengan latar belakang iklan. 

Bagi mereka yang memiliki keahlian dalam keterampilan Web Master dan berpengalaman sebagai blogger mungkin bisa saja dapat menggunakan Google Adsense untuk menyelesaikan suatu desain tertentu.


4. Referensi Luas

Mendaftar Google Adsense dapat memberikan nuansa mudah dan kenyamanan dengan memuat referensi yang banyak. Arti Adsense itu sendiri bisa dikatakan sebuah program periklanan yang begitu populer seantero dunia.

Tidak hanya itu, sekian banyaknya referensi, tips, dan trik yang berkaitan dengan Google Adsense bisa menyebar secara online. Dokumentasi lengkap itulah yang sangat berguna bagi para pengguna layanan Google Adsense. Contohnya, jika ada masalah kalian yang terjadi cukup tinggal searching di Google Search, kemudian akan menampilkan beberapa halaman atau referensi yang layak dibaca.


5. Statistik Tersedia Lengkap

Keuntungan dari Mendaftar Google AdSense adalah Pihak Google AdSense menyediakan data statistik dan analisis paling lengkap bagi para pengunjung dan pendapatan situs web. Kalian dapat memilih semua fitur di akun dashboard. 

Selain itu, kalian dapat melihat jumlah klik, pendapatan pada setiap klik dan total pendapatan, popularitas situs web dan halaman web disesuaikan dengan iklan yang muncul. Tidak hanya fitur statistik, fitur menarik lainnya juga terdapat di Google Adsense, seperti adanya ketersediaan fitur keamanan yang dapat digunakan dalam memblokir iklan yang tidak diinginkan. 

Melihat begitu banyaknya manfaat yang diperoleh dalam penggunaan layanan iklan Google Adsense, alangkah baiknya kalian bisa mendaftar dari sekarang dan tidak perlu membutuhkan waktu verifikasi yang cukup lama lagi. 


Cara Mudah Mendaftar Google Adsense Bagi Pemula

Cara mudah untuk mendaftar Google Adsense, kalian dapat berlatih darimana saja dan setidaknya ikuti 4 cara ini yang bisa dijadikan sebagai syarat penggunaan iklan Adsense, di antara lain ialah :


1. Buat Akun di Google Adsense

Cara pertama adalah membuat akun di Google AdSense terlebih dahulu. Silakan kunjungi halaman AdSense, tekan Sign Up, kemudian klik "Daftar Sekarang". 

Selanjutnya, nanti kalian diminta mengisi formulir pendaftaran dengan mengisi situs web dan email yang kamu gunakan. Geser scroll (turun) ke bawah, tekan kata "Simpan & Lanjutkan" untuk memasukkan menu berikutnya.

Tunggu sampai ada pesan verifikasi lebih lanjut, kalian hanya perlu scroll (turun lagi) ke bawah lalu tekan kata "Buat Akun". Sampai di sini, akun kalian telah aktif tetapi belum dapat menggunakan Google Adsense, maka kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu.


2. Aktifkan Akun AdSense

Tahap kedua, selanjutnya kalian memasuki dashboard Google Adsense, kemudian isi informasi yang diminta dengan benar, karena alamat ini adalah persyaratan pembayaran. Salin juga kode yang disediakan ke situs web/blog (kode yang menunjukkan identitas situs web). 

Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada, "Saya telah menempelkan kode ke situs saya" tujuannya adalah Google Adsense dapat mengecek dan meng-audit isi blog. Setelah itu, klik "Selesai". 

Umumnya, layanan Google Adsense meminta kalian untuk menunggu hasilnya maksimal 3 hari, bahkan sebagian ada yang 7 hari dan jika registrasi berhasil diterima, biasanya akan mendapatkan email aktivasi dan jika blognya ditolak, kalian juga akan menerima pesan email yang berisi alasan sebab penolakan tersebut.


3. Buatlah Iklan Adsense

Setelah berhasil disetujui dan ditandai aktif, buatlah jenis iklan apa yang akan dipilih dan masukkan ke bagian mana yang ingin terpasang pada situs web atau blog kalian. Bagian ini justru terlihat menarik karena pengelolaan iklan dapat menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan sendiri. 

Ada 3 hal yang kalian harus lakukan dalam settings layanan iklan Adsense, yaitu :

  1. Buat unit iklan atau iklan
  2. Pilih jenis iklan
  3. Pilih gaya teks iklan semuanya menambah keinginan Anda.


4. Tambahkan Iklan Adsense di Situs Web

Kalian dapat menambahkan iklan dengan 2 cara, yaitu dengan plugin otomatis dan car manual menggunakan code editor yang cukup mudah digunakan, khususnya bagi para pemula.

Baca Juga :


Kesimpulan 

Dengan adanya kerjasama dengan Google Adsense, hal itulah yang dapat menarik daya minat masyarakat untuk terjun ke dunia blogging ataupun Youtube. Mereka percaya, yang tadi awalnya hanya ingin membuat konten sebagai sarana penyalur hobi atau bakat, akhirnya bisa dihargai kembali. 

Selain mendulang banyak penonton, pembaca, atau pengunjung, di sisi lain kalian juga dapat sekaligus mendapatkan banyak penghasilan. Yang terpenting, apapun alasan utamanya dalam dunia blogging ataupun Youtube wajib memperhatikan kualitas konten yang akan dibikin. 

Bisa dimulai dengan fokus dan kumpulkan energi untuk membangun sebuah image (pada blog/youtube), tentukan niche atau topik yang tepat dan mendekati minatmu. Nah setelah itu, biasanya iklan Adsense akan mengikuti keberhasilan blog kalian jika dianggap berkualitas dan sangat mumpuni di mata Google.