Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5+ Tips Membangun Travel Blogger dan Cara Monetisasinya

Tips Membangun Travel Blogger dan Cara Monetisasinya

The Naked Traveler, berawal nasibnya dari pengalaman travel yang dituliskan ke situs blog sehingga akhirnya diterbitkan dalam sebuah buku serial. Sempat kepikiran gak sih ? Lalu dari mana saja datangnya uang padahal mereka seringkali jalan-jalan dan menulis ? 

Setiap kali travelling, pasti habis banyak untuk kebutuhan transportasi, makan, minum dan menginap. Kalian pasti penasaran, dari mana saja dia punya sumber pemasukan padahal dia hanya seorang traveller dan blogger saja ?

Sebelum lanjut, sudahkah kalian memiliki blog ?

Dalam ulasan ini, pastikan kalian sudah menentukan ceruk untuk blog kalian. Jika seandainya masih belum, kalian bisa menyimak poin-poin di bawah ini untuk membangun blog travel dengan baik dan benar. 

Baca Juga : 101+ Niche Blog Trendy, Terpopuler dan Profitable Sepanjang Tahun

Cara Membangun Website Travel yang Profesional 


1. Tentukan Platform Website

Sebagai pemula, sangat direkomendasikan untuk membangun blog pertama kali menggunakan WordPress. Layanan WordPress, kerap kali digunakan untuk blog pribadi mengejar iklan Adsense, ada yang membangun toko online sampai menjadi kebutuhan bisnis perusahaan. Selain platform WordPress, kalian juga bisa mencoba Blogspot soalnya kedua platform ini sama-sama gratis.

Selain tersedia fitur gratis, ada juga yang berbayar. Jika kalian ingin punya hasil maksimal alias tidak tanggung-tanggung, kalian cukup pilih platform WordPress.org karena punya akses lebih penuh dan berbeda dibandingkan dengan WordPress.com yang cocok sebagai alternatif pengganti untuk penggunanya. 

 

2. Buatlah Nama Domain

Tidak cukup sampai di situ saja, apakah yakin ingin membiarkan konten blog kalian menggunakan domain yang masih diakhiri nama platform yang digunakan ? Tentu tidak kan, sudah jelas hal ini akan mengurangi sisi profesional kalian apalagi rela menghabiskan banyak waktu untuk berupaya menghasilkan banyak uang melalui blog.

Cukup sederhana kok, kalian hanya membayar sekali setiap tahun untuk membeli domain murah, kemudian menyewa sebuah hosting di situs terpercaya. Nah kedua bagian ini alhasil akan mulai membangun rasa kepercayaan dan ketertarikan sendiri pada orang-orang yang berinteraksi dengan blog kalian. 


3. Gunakan Layanan Hosting

Selanjutnya, sebagaimana sudah dijelaskan tadi. Kebutuhan hosting akan jalannya sebuah blog merupakan bagian yang sangat penting dan krusial sekali, khususnya bagi para pengguna Wordpress. Sedangkan untuk blogspot, tidak perlu ambil pusing lagi karena sudah tersedia dari pusat servernya langsung. 


4. Tampilan Website Mobile Friendly

Hampir 90 % orang dari kebanyakan orang sekarang ini, membuka website sudah tidak lagi menggunakan PC saja, melainkan yang mereka gunakan adalah smartphone. Sebaiknya, pilihlah theme website yang berukuran ringan, sederhana, namun SEO Friendly buat konten-konten anda agar semakin dilirik oleh Google. 


5. Dibubuhi Foto dan Video Bersamaan

Rasanya begitu hambar jika kita membaca sebuah artikel wisata tapi tidak ada foto atau videonya sama sekali. Dalam blog, jangan disamakan dengan tulisan novel yang membahas menyeluruh tentang pengalaman wisata apa yang dialami. Justru, blog ini adalah wadah informasi sekilas saja. 

Usahakan, setiap melakukan travelling, harus siapkan kamera ponsel atau digital milik kalian supaya membuat konten yang berkualitas dan mampu meningkatkan interest para pembaca terhadap blog kamu.


6. Terdapat Informasi Terperinci Tentang Wisata Yang Dikunjungi 

Dalam blog, jangan lupa untuk mencantumkan informasi detail seperti lokasi wisata, tiket masuk, harga, serta hal-hal yang menurut kalian penting untuk ditambahkan supaya dapat menambah wawasan para pembaca dan disajikan dengan lengkap.

So, beberapa poin inilah yang menjadi bagian terpenting untuk membangun blog wisata profesional. Dan, selanjutnya kita akan mengulas cara-cara menghasilkan uang melalui website atau blog travel profesional. 


Cara Blog Travel Mendapatkan Uang Bermodal Jalan-Jalan


1. Pasangkan Iklan AdSense 

Semuanya akan dijamin ketika kalian memiliki banyak pengunjung, setiap hari pengunjung meningkat, atau lebih dari pengunjung, apalagi punya pengunjung setia. Dengan adanya pengunjung, blog kalian akan mendapatkan pasokan penghasilan dari iklan Google.


2. Pasangkan Iklan dari Orang Lain

Seperti Google Adsense, kalian bisa menentukan harga. Beda halnya dengan Google Adsense yang biasanya terpasang di tengah artikel dan berasal dari pengiklan Google yang suka bergonta-ganti. Sedangkan model yang satu ini, hanya melibatkan 2 pihak masing-masing yaitu kalian sebagai penerbitnya dan orang lain sebagai pengiklannya.

Sayangnya, susah sekali orang yang bersedia pasang iklan di blog kalian, tetapi jika blog yang kalian buat sudah dianggap profesional, mendapat traffic yang tinggi dan para pembaca sudah royal dengan kalian, pasti pengiklan akan terus setia beriklan dengan kalian. 


3. Buatlah Konten yang Mengandung Sponsor

Cara ini sebenarnya paling banyak digunakan oleh blog travelling. Metodenya gampang kok, kalian cukup membuat konten tentang merk yang ingin disponsori, contohnya sepatu gunung untuk naik gunung.

Kalian mendiskusikan segala sesuatu tentang sepatu ini, kemudian mengirim lisensi untuk membeli sepatu. Namun untuk mendapatkan uang, kalian perlu mendapat bantuan dari bagian yang ingin kalian sponsori.


4. Menekan Biaya Perjalanan

Dengan cara ini, kalian bisa jalan-jalan dengan ditanggung seluruh biaya oleh pihak wisata yang sedang memakai jasa anda, sedangkan untuk biayanya mencakup mulai dari transportasi, akomodasi, dan keperluan lainnya yang ditanggung oleh pihak travel. Dan, kemudian kalian bisa dibayar, enak kan ?

Baca Juga :

Sayangnya, kalian jangan melihat satu sisi saja. Pekerjaan ini tidak sepenuhnya enak, justru bakalan bisa menjadi beban berat, karena kalian akan diminta benar-benar serius dan detail menulis tentang perjalanan apa saja yang sudah dikunjungi, mengumpulkan banyak foto, dan segala yang dibutuhkan pihak wisata pada blog. 

Bisa dikatakan hampir mirip sponsor, tapi yang kalian sponsori adalah destinasi wisatanya. Bagaimana ? Cukup mudah bukan untuk mencari uang lewat internet. Yang terpenting adalah konten blog yang wajib diutamakan, nanti pengunjung dan pengiklan akan bisa mengikuti di belakangnya.