Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bangun Sumber Penghasilan Dari Sosmed Hanya #DiRumahAja

Bangun Sumber Penghasilan Dari Sosmed Hanya #DiRumahAja

" Lebih Baik Kita menjadi Kepala Ikan Teri daripada menjadi Ekornya Ikan Paus. "
Yaps, itu salah satu kata-kata mutiara yang pernah saya dengar dari guru agama saya sewaktu masih bersekolah SMP. 

Sejak itu, mulailah terbesit di pikiran saya bagaimana caranya bisa punya usaha sendiri sehingga tidak perlu lagi pontang-panting cari kerja ala kantoran seperti orang lain. Saya rasa, lebih baik punya usaha kecil-kecilan tetapi bosnya adalah kita daripada bekerja di perusahaan besar bonafid namun hanya tetap dianggap sebagai bawahan saja.

Saat Pandemi COVID-19 sudah resmi masuk ke Indonesia, sebagian besar masyarakat mulai panik dan lari kesana kemari untuk membeli masker, hand sanitizer, dan pasokan makanan dalam jumlah besar. 

Herannya saya, masih ada saja segolongan oknum penjual yang tega menimbun barang-barang kesehatan itu hanya demi keuntungan pribadi tanpa mempertimbangkan rasa kemanusiaan yang dialami oleh kalangan masyarakat kelas bawah.

Situasi pandemi ini seketika juga berimbas terhadap turunnya daya beli masyarakat secara drastis dalam waktu singkat. Efek luar biasa ini benar-benar menggoncangkan sekali tiang perekonomian besar Indonesia sampai ikut terjun ke jurang resesi. 

Banyak pabrik dan perusahaan melakukan PHK besar-besaran demi menekan cashflow mereka agar tidak terjadi kebocoran, alhasil pusat perbelanjaan dan toko kini juga terkena dampak sepi akan pengunjung karena kebanyakan masyarakat tidak punya penghasilan tetap di tengah bencana wabah ini.



Angin Segar Bagi Para Pelaku Bisnis Online
Di sisi lain, situasi ini menjadi angin segar bagi pelaku bisnis online yang perlahan-lahan banyak sekali masyarakat mulai beradaptasi dengan dunia digital. Tidak heran, kita sendiri selalu merasakan sistem belajar online via Zoom atau Google Meets, order makanan dengan sistem delivery, dan order barang kesukaan kita melalui platform belanja online. 

Menurut Jhonny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, masyarakat Indonesia sebenarnya tidak sadar sedang tengah melakukan percepatan transformasi digital, untuk memasuki Digital Society Era 5.0 akibat Pandemi COVID-19.

Sebenarnya, orang bisa tempuh berbagai cara demi mendapatkan uang melalui sosmed, misalnya menggunakan Aplikasi Tiktok yang sedang booming saat-saat ini. Dengan membuat konten sebanyak mungkin mengenai produk-produk jualan kalian secara kreatif, omzet penjualan yang kalian alami bisa naik berkali-kali lipat karena berhasil menggaet para followers di sana.

Setiap saat membuka Tiktok, entah kenapa perasaan saya begitu tertarik sekali dengan konten-konten kreatif ala mereka, padahal awalnya saya berpikir isi kontennya hanya orang joget-joget saja. 

Satu hal unik lagi di Tiktok, para content creator ternyata juga bisa mendapatkan sumber penghasilan hanya melalui Fitur Live Streaming bersama para followers dengan cara mengirimkan banyak koin kepada content creator yang ia sukai.

Intinya, semua orang bisa punya banyak penghasilan jika mereka benar-benar serius, konsisten, dan pandai memanfaatkan peluang sosial media. Di era digital ini, kita tidak boleh lagi memandang remeh terhadap kekuatan jejaring sosial media. 

Keadaan ekonomi saya sendiri sebenarnya tidak terkena dampak besar akibat wabah pandemi sekarang ini, dikarenakan saya masih bisa mengandalkan hasil penjualan online shop melalui Instagram dan Facebook, apalagi kini sedang berfokus mendalami dunia Blogger

Kalian juga bisa menghasilkan uang kok seperti saya hanya sekedar #DiRumahAja kalau sudah paham akan potensi pasar dan memanfaatkan kolam Sosial Media. Berikut ini, ada beberapa pekerjaan yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan sumber penghasilan dari platform sosial media.

 


Kisah Pengalaman Saya Pertama Kali Terjun ke Dunia Blog

Sebagai seorang blogger, saya sudah merasakan beragam manfaat yang bisa didapat dari kegiatan blogging. Hanya bermodal internet dan perangkat pintar saja, saya sudah mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan untuk kebutuhan sehari-hari walau di tengah masa sulit Pandemi COVID-19.



Inspirator saya pertama kali yang mendorong saya ingin terjun ke dunia blog adalah Mas Timon Adiyoso. Orang inilah yang membuat saya terheran-heran bagaimana bisa punya banyak penghasilan hanya bersumber tulisan artikel di blog saja. Saya sering melihat isi-isi konten videonya di Youtube tentang bagaimana caranya membangun blog dari nol sampai sukses seperti sekarang ini.

Awalnya, saya berpikir bahwa menulis blog pada masa sekarang ini sudah tidak laku dan setenar seperti dulu lagi. Sebelumnya, orang suka sharing informasi dan cerita pengalamannya hanya melalui tulisan di blog maupun kaskus namun sekarang ini, zaman sudah berubah, orang-orang cenderung lebih tertarik dan betah menonton video di Youtube daripada membaca artikel. 

Namun ternyata, konten video milik Mas Timon mematahkan opini saya setelah menunjukkan berapa banyak uang yang dihasilkan dari blog sederhananya tersebut. Akhirnya, saya memutuskan untuk menjajal terjun ke dunia blogging dengan langkah pertama kalinya yaitu bergabung dengan Grup Komunitas Blogger di Facebook. 

Beberapa waktu kemudian, otak saya benar-benar terbuka lebar akan wawasan yang didapatkan dari kemampuan menulis ini dan riset mengumpulkan banyak informasi. Saya sadar, menulis artikel di blog itu tidak boleh hanya sekedar kejar uang iklan saja, melainkan harus serius berdasarkan dengan tekad yang bulat, hobi, dan mencintai passion yang kita miliki sekarang ini. 

Cerita ini membuat saya teringat dengan celotehan Kang Emil (Gubernur Jawa Barat) yang saya jadikan motivasi besar dalam kehidupan saya, yaitu :

Tidak ada pekerjaan yang paling menyenangkan, melainkan hobi yang dibayar.
Namun, banyak teman-teman kuliah saya yang masih penasaran, memang apa sih enaknya nge-Blog ? Padahal kalau dipikir-pikir, kebanyakan artikel yang berseliweran di Google sudah dikuasai media-media besar dan mainstream. Masih yakin peluang blog saat ini sama besarnya seperti Tahun 2010-an ?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya rasa itu kembali kepada diri masing-masing. Memang benar, blog saat ini sudah tidak sejaya seperti dulu lagi, namun masih banyak juga kok orang lain yang bisa berhasil dan mendapatkan pundi-pundi uang dalam jumlah besar hanya berasal dari blog yang dibuatnya.

Daripada kita membuang banyak waktu luang dan tenaga, karena melakukan kegiatan yang unfaedah sama sekali di tengah situasi pandemi seperti ini. Lantas, apa salahnya kita bisa membangun blog sejak dini ?

Saya percaya, kita semua selama masih punya tekad yang bulat dan terus mencoba banyak hal, pastinya dia menemukan bakat dan kemampuan yang tepat untuk dirinya sendiri. Sudah menjadi kewajiban, apabila ingin meraih sesuatu pastinya harus pantang menyerah dan tidak boleh putus asa demi mengejar kesuksesan yang ingin diraih.


5 Tips Penting Membangun Blog Bagi Para Pemula

Dalam membangun blog, sebaiknya kita harus menyiapkan beberapa hal supaya dapat mengembangkan artikel tulisan dan bisa lebih mudah ditemukan oleh para pembaca Google. Nah sebagai blogger, saya ingin membagikan 5 tips penting sebelum kalian terjun ke dunia blog. 


1. Tentukan Niche Blog dan Target Para Pembaca

Pertama-tama, kita harus menyiapkan niche apa yang akan difokuskan. Saran saya, demi menyajikan blog yang relevan dan punya kredibilitas tinggi di mata para pembaca sebaiknya kalian memilih satu niche/bidang saja untuk blog masing-masing. 

Walaupun sebenarnya boleh-boleh saja untuk memilih niche campuran alias gado-gado, namun Algoritma Google akan menganggap blog yang kalian buat itu tidak otentik, dipertanyakan kredibilitasnya dan dipandang tidak bisa menguasai sebuah niche yang telah ditulis. 

Kesimpulannya, lebih baik kalian memilih satu niche saja yang sesuai dengan minat bakat yang diinginkan masing-masing, selain bisa lebih mudah dilirik oleh Google ternyata cara itu juga bisa meningkatkan jumlah pemasukan dari iklan Adsense.


2. Pelajari dan Tingkatkan Ilmu SEO

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, teknik ini berfungsi untuk mengoptimalkan sebuah website agar dapat ditampilkan oleh mesin telusur Google. Dengan teknik optimasi ini, Algoritma Google dapat menilai apakah artikel blog ini pantas mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian ataupun tidak. 

Dengan adanya Page One (halaman teratas Google), artikel yang kalian buat bisa memperoleh trafik organik yang begitu tinggi dan menggaet banyak para pengunjung yang masuk ke blogmu. Satu lagi yang membuat para blogger bersemangat, seiring meningkatnya jumlah trafik organik yang sudah masuk dalam artikel maka semakin meningkat juga penghasilan iklan yang kalian dapatkan.


3. Asah Skills Menulis Demi Menghasilkan Konten Yang Berkualitas

Untuk menghasilkan sebuah artikel yang bagus dan berkualitas, ada 2 cara yang harus kalian terapkan dalam blog ini, yaitu memperhatikan isi konten yang baik dan mengasah teknik penulisan yang baik, 

Menurut saya, semua hal itu bisa dilakukan apabila kita sering melakukan riset dari berbagai sumber seperti buku, majalah, koran, atau artikel lainnya dan usahakan sering-sering latihan menulis artikel sebanyak mungkin untuk menyajikan artikel yang lebih baik dan sangat nyaman dibaca bagi para pengunjung. 


4. Lakukan Riset Keyword Persaingan Rendah

Dalam penulisan artikel, kita sebaiknya untuk mengetahui, cari dan riset kata-kata kunci yang tepat dan bagus untuk dimasukkan dalam konten artikel. Untuk cara mengetahui bagus jeleknya sebuah keyword dapat dilihat pada tingkat persaingan sebuah kata dan volume pencarian.

Kalian bisa memanfaatkan tools-tools ternama untuk melakukan riset banyak keyword yang sedang dibutuhkan, seperti UberSuggest, Ahrefs, dan Semrush. Syarat sebuah keyword yang bagus adalah tingkat persaingan yang rendah namun mempunyai volume pencarian yang tinggi, apalagi syukur-syukur bisa masuk dalam kategori HPK (High Paying Keyword).  


5. Gunakan Platform, Domain, Hosting, dan Template Terbaik

Sebelum membangun blog, kalian seharusnya untuk memilih terlebih dahulu mana media platform yang bisa membuatmu nyaman untuk menulis. 

Pada umumnya, para blogger selalu menggunakan platform Blogger dan Wordpress. Untuk membedakan keduanya, kalian harus melihat dari segi performanya, kelengkapan fiturnya, biaya yang harus dikeluarkan dan effort yang dihasilkan.

Bagi para pemula, saya sarankan untuk menggunakan platform Blogger terlebih dahulu karena desain tampilan dan pengaturan penggunaan yang begitu mudah dan sederhana. Jika ada rezeki lebih, kalian sah-sah saja untuk beralih pindah atau migrasi menggunakan platform Wordpress yang sudah dilengkapi banyak plugin dan fitur berbayar yang tidak bisa kalian dapatkan dari Blogger.

Jika kalian masih bingung untuk menentukannya, anggap saja bahwa Blogger dan Wordpress itu adalah kendaraan mobil dan sepeda. Jika kalian memilih mobil, tentunya waktu tempuh perjalanan akan menjadi cepat sampai tujuan, namun harus siap paham untuk memperbaiki isi mesin mobil jika sewaktu-waktu akan mogok. 

Sedangkan, jika kalian lebih memilih sepeda tentunya waktu yang ditempuh akan terasa lama dan menguras banyak tenaga, tetapi jika ada kendala misalnya rantainya lepas dari roda gir tentunya kalian sangat mudah untuk memperbaikinya kembali. So, kalian ingin memilih Blogger atau Wordpress ?

Selanjutnya, upaya kalian dalam memilih theme (template) sebaiknya harus banyak-banyak riset, blogwalking, dan tanya kepada para blogger lainnya di Grup Komunitas tentang template mana yang paling rekomendasi, cocok dan bagus. 

Sebagian ciri-ciri template yang baik adalah sudah dilengkapi fitur SEO Friendly, speed loading yang mumpuni, dan banyak bukti testimoni yang positif dari para pengguna theme tersebut. 

Begitu juga dalam memilih domain dan hosting, kalian harus menyiapkan nama domain yang simple, pendek dan mudah diingat oleh orang lain dan hal yang paling penting untuk para pemula adalah harus order domain dan hostingnya ini di tempat penyedia layanan yang populer, terbaik, dan terpercaya. 


Sahabat Hosting, Sahabat Para Blogger Indonesia

Nah, untuk mendapatkan sumber penghasilan dari blog seperti yang di atas tadi. Kalian dapat mengawalinya dengan membangun blog bersama Layanan Sahabat Hosting, yang merupakan salah satu Perusahaan berbasis IT yang menyediakan layanan hosting terbaik di Indonesia  dengan dilengkapi dukungan Infrastruktur Cloud, SSD Ultra-Fast, serta Optimasi Keamanan Tingkat Tinggi.

Di sini, kalian juga bisa memanfaatkan semua layanan registrasi nama domain Indonesia dengan harga yang begitu terjangkau dan pas di kantong. 


Mengapa sih kalian harus menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Sahabat Hosting ? Karena, Layanan Sahabat Hosting memiliki keunggulan dan fitur teknologi yang sesuai dengan perkembangan IT di Indonesia. Selanjutnya, kalian bisa mengetahui beberapa manfaat yang didapatkan bila berlangganan dengan Sahabat Hosting sebagai berikut.


Bagi kalian yang ingin mendapatkan harga domain dan hosting murah tidak perlu khawatir, Layanan Sahabat Hosting juga sedang mengadakan Promo Desember Menjelang Akhir Tahun dengan menawarkan harga yang Super Gila-Gilaan, mulai dari Rp 10.000 saja.

Sangat menarik bukan ? Jadi, kalian tidak perlu ragu lagi. Ayo segera berlangganan dengan Layanan Sahabat Hosting, Sahabat Baik untuk Blogger Indonesia. Kalian bisa merasakan keunggulan layanan ini untuk perkembangan blogmu di masa yang akan datang.

Kesimpulannya, mulai sekarang ini tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa mendapatkan sumber penghasilan alih-alih karena keadaan sulit Wabah Pandemi. 

Semua orang sama-sama punya kesempatan untuk membangun pundi-pundi uang mereka dari dunia internet dan sosial media, kecuali orang itu sendiri yang takut dan tidak mau mencoba melakukan sesuatu yang baru, padahal salah satu caranya yang paling simple adalah membangun blog ini.

Sekian, semoga artikel saya tentang membangun sumber penghasilan dari internet ini bisa bermanfaat dan membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar di bawah ini.

*****