Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dunia Sosmed, Tambang Aset Digital Para Millenial di Era New Normal

Dunia Sosmed, Tambang Aset Digital Para Millenial di Era New Normal

Selang setahun lamanya, Bangsa Indonesia sudah menghadapi banyak tantangan dan bencana yang tiada hentinya terjadi, dan salah satunya adalah Wabah Pandemi COVID-19. Demi menghambat rantai penularan virus ganas ini, sebagian besar masyarakat terpaksa berdiam diri di rumah sehingga membuat daya beli pasar menurun drastis dan beberapa kalangan pekerja turut merasakan hebatnya goncangan ekonomi terhadap penghasilan mereka masing-masing, seperti ada yang dipotong gajinya, terkena PHK, bahkan ada juga yang tidak mendapatkan omzet sama sekali saking sepinya minat para pembeli. 

Dengan kejadian-kejadian hebat ini, sudah kelihatan pastinya Angka Perekonomian Indonesia sedang mengalami terjun bebas ke jurang resesi selama beberapa bulan lamanya. Menurut Badan Pusat Statistika, kejatuhan angka ekonomi tahun ini merupakan titik terendah dan ujian terberat yang pernah dialami oleh Pemerintah Indonesia saat ini semenjak 20 tahun terakhir pasca Krisis Moneter Tahun 1998. 

Kalian bisa melihat hasil gambaran grafik berdasarkan perhitungan resmi BPS di bawah berikut ini.  


Tantangan Pemerintah Indonesia tidak hanya berguncang di segi ekonomi saja, melainkan kasus penderita Virus Corona yang kian melonjak tinggi seiring hari demi hari. Upaya pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sangat gencar di mana-mana, sampai-sampai para dokter dan tenaga medis mengaku kewalahan saking banyaknya pasien yang ditampung oleh Rumah Sakit Rujukan tetapi di sisi lain, vaksin ampuh yang ditunggu-tunggu belum jadi sepenuhnya. 



Namun di sisi lain, ternyata peristiwa ini bisa dijadikan momentum besar bagi para pemain dunia digital. Setelah beberapa bulan kemudian, Pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan protokol kesehatan pada Era New Normal, banyak masyarakat secara tidak sadar perlahan-lahan mulai didorong paksa untuk melek terhadap hal-hal yang berbau teknologi, terutama berkecimpung yang namanya dunia sosial media. 

Lambat-laun, masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi yang namanya kebiasaan digital. Kalian pasti sudah terbiasa dengan segala aktivitas yang harus menggunakan serba internet, sebut saja meeting menggunakan G-Meet atau Zoom, pesan makanan atau pergi ke suatu tempat bisa pesan ojol (ojek online), merasa bosan kalian bisa tinggal buka Tiktok dan menikmati semua video kreasinya di situ.

Ditambah satu lagi, pastinya di antara kalian sudah pernah berbelanja online lewat instagram atau aplikasi marketplace favorit kalian masing-masing. So, kalian semua tidak perlu kaget lagi, ternyata semua ini terjadi besar-besaran karena jumlah populasi penduduk Indonesia yang sangat besar dan begitu potensial untuk pertumbuhan Dunia Digital. 


Lanjut saja, karena begitu banyaknya orang-orang mau berbelanja online khususnya emak-emak yang suka tergiur dengan diskon dan promo ongkir, tidak heran pastinya para kurir suka bertebaran dan lalu-lalang ke rumah-rumah sekitar sambil meneriaki paket, tanda barangnya sudah tiba.

Nah, kira-kira coba kalian bayangkan berapa keuntungan yang didapat oleh para pelaku olshop (online shop), terutama yang bergerak di bidang UMKM ? Jangan salah, para pedagang warung makan kecil-kecilan juga turut merasakan nikmatnya orderan deras karena berkoneksi yang namanya dunia digital seperti layanan Go-Food dan Grab-Food.

Wow, ternyata mengejutkan juga yah terhadap dampak dunia digital bagi pertumbuhan dan berkembang pesatnya para pelaku usaha. Banyak juga di antara mereka ada yang mengaku pernah memperoleh omzet kisaran ratusan juta hingga milyaran rupiah dalam beberapa bulan hanya mengandalkan sosmed dan marketplace yang tersedia. 

Berbicara tentang dunia digital dan pelaku usaha, kita akan membicarakan generasi anak muda yang bisa menginspirasi kalian untuk menjadi pengusaha punya penghasilan tinggi, bebas finasial dan waktu sejak dini. Mereka semua anak muda yang hebat dan berhasil mengembangkan usaha mereka sampai bertahan dari dampak wabah pandemi sekarang. 

Di antara kalian pasti pernah mem-follow Akun Influencer, Selebgram, Youtuber, SelebTiktok, ternyata mereka juga bisa mendapatkan penghasilan besar dengan memanfaatkan kolam audience yang dimiliki, caranya bisa bekerja sama secara langsung atau melalui management demi mendapatkan iklan Endorsement, Paid Promote, Brand Ambassador dan lain-lainnya. 

Salah satu anak muda dari kalangan mereka yang sudah berkutat jualan di dunia sosmed dan telah menjadi pengusaha muda terkenal di usia 24 tahun, bernama Rico Huang


Awal perjalanan, saat berusia 15 tahun dirinya memberanikan diri untuk menjajal berjualan aksesoris handphone. Alhasil, ia mendapatkan keuntungan yang lumayan banyak namun sayangnya hal itu tidak berlangsung lama karena sudah tidak kuat menghadapi persaingan harga yang dibanting besar-besaran.  

Selanjutnya, dia mencoba berbagai usaha yang bergerak di bidang-bidang lain dan semuanya sudah ia cicipi akan pahit, asin, manisnya dalam bisnis. Beragam cobaan dan rintangan sudah pastinya datang menghadang, dari awalnya pernah ditipu, mengetahui kecurangan para pegawainya, dan titik terendah sekalipun seperti tidak ada modal uang sedikitpun. 

Karena semangatnya yang begitu tinggi dan mental baja yang sudah tertanam di dada anak hebat tersebut, singkat cerita dia mencoba mendalami dunia maya dan teknik digital marketing. Dia sadar, betapa penting dan kuatnya pengaruh sosial media suatu saat nanti.

Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk mendirikan usahanya dengan nama Dropshipaja.com yang bergerak dalam bidang bisnis custom casing HP dan sebagainya. 

Kemudian, ia bekerja dengan kawan baik sekaligus partnernya, Aron Blenda untuk mendirikan Funnelspro.id dan Komunitas Pengusaha Muda. Beberapa bulan kemudian, ia berhasil membeli mobil mewah pertama, Ferrari atas hasil keringatnya sendiri pada usia 21 tahun. 
Banyak yang mundur duluan sebelum mencoba sesuatu yang baru, karena menganggap sesuatu yang baru itu asing padahal bisa jadi itu peluang mengubah hidup. Emang bener kata orang, sukses itu punya orang-orang yang berani, berani ambil resiko.
~ Rico Huang




Selanjutnya, ada seorang anak muda berusia 20 tahun yang kini berhasil memutuskan jalan hidupnya untuk terus menjadi full-time investor. Siapa lagi kalau bukan Timothy Ronald, dia pertama kalinya terjun ke dunia investasi sejak berusia 15 tahun. Dia dikenal oleh teman-temannya sebagai murid biasa saja, bahkan mengaku dirinya sering tertidur di kelas setiap kali guru mengajar.

Namun, saat dia mengenal dunia investasi membuat pandangan dan pola pikir Timothy berubah. Ia segera mempelajari otodidak tentang analisa teknis dan dunia fundamental saham dengan berbagai cara seperti buku, film, komunitas dan berguru kepada orang-orang hebat seperti Sandiaga Uno.

Pada awalnya, ia dibekali uang tabungan sebanyak Rp 2 Juta untuk menjalankan trading saham, setelah melewati banyak kesalahan dan rintangan, ia berhasil pelan-pelan menguasainya dan membangun portofolio keuangan hingga mencapai milyaran rupiah.

Kemudian, ia bertekad untuk mewujudkan cita-cita mulianya yaitu menjadikan masyarakat Indonesia melek finansial dan sadar akan penting dunia investasi dengan mendirikan situs ternakuang.id. Ia juga pernah mendapat kesempatan untuk berguru kepada Sandiaga Uno langsung, salah satu jajaran orang terkaya di Indonesia dan punya pengalaman segudang tentang dunia investasi. 

Oh iya, tahukah kalian sebenarnya ada kesamaan lho yang terdapat pada 2 anak muda sukses itu ? Yaps, mereka berdua sama-sama punya aset digital. Nah dengan aset digital itu, mereka berdua tidak terkena resiko buruk ekonomi akibat Wabah Pandemi.

Walaupun mereka berdua pakai jalan yang berbeda, tetapi mereka sama-sama memanfaatkan kekuatan sosial media seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok untuk memperkuat Personal Branding mereka. Jadi, begitulah kisah mereka berdua Rico Huang yang sukses di dunia digital marketing dan Timothy Ronald yang sukses di dunia investasi saham.  
Terakhir, saya sedikit bercerita tentang postingan Tiktok yang tidak sengaja saya temukan. Jujur, saya merasa sontak kaget setelah melihat postingan Bisnis Bareng Bram yaitu seorang anak kecil bersuai 13 tahun sudah berani mendirikan kafe, apalagi saat ini dia sudah nekad merintis untuk membuka usahanya itu berbagai cabang.

Melihat video itu, saya ikut tersentil dan ketularan untuk ingin berwirausaha sama seperti anak kecil itu. Pastinya saya tidak boleh kalah juga dong, rasanya sudah ter-influence oleh postingan bermutu. Sebenarnya sih, saya sudah pernah berjualan online shop walau sekedar kecil-kecilan saja.

Setidaknya alhamdulillah, saya pernah merasakan nikmatnya orderan deras jualan online shop dan aplikasi hingga total keuntungan Rp 5 Juta lebih. Namun, saat ini saya berhenti untuk jualan dan memutuskan untuk berfokus menekuni dunia blog demi menciptakan pundi-pundi uang sejak dini.      

Seberapa Pentingnya Anak Milenial Punya Aset Digital ?

Nah lanjut kembali, sebenarnya apa sih Aset Digital itu ? Akhir-akhir ini, banyak orang kelabakan karena menurun drastisnya tabungan yang disimpan untuk kebutuha sehari-hari. Masih banyak orang yang tidak sadar betapa pentingnya untuk melek finansial dan money management, sedangkan salah satu caranya ialah harus punya aset digital untuk persiapan jangka panjang.

Seiring meningkatnya Para Influencer dan Youtubers yang berusaha menyadarkan akan pentingnya melek finansial, anak-anak muda saat ini mulai tersadar ternyata membangun hal itu bisa dimulai dengan mudah dan kian hari menganggapnya sebagai primadona yang sangat berharga untuk persiapan dirinya bebas finasial dan waktu. Mereka pastinya berpikir, tidak mau selama seumur hidupnya bekerja terus-menerus.

Nah berikut ini, gambaran pengertian aset digital secara sederhana berikut serta contoh-contohnya.

Pengertian Aset Digital

Mengingat aturan pemerintah untuk selalu #StayInHome, tentu kalian berpikir bagaimana mungkin mendapatkan uang jika tetap terus tinggal di rumah ? 

Situasi ini mendorong kalian harus pandai-pandai mengalokasikan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan persiapan jangka panjang. Pastinya, kalian ingin bisa mendapatkan uang walau hanya tinggal di rumah saja. Nah, berikut ini berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan dari Aset Digital.

Manfaat Aset Digital

Bangun aset digital sejak dini memang patut sekali diacungi jempol, seiring kemajuan zaman semakin banyak sekali para anak muda yang sadar betapa pentingnya punya aset digital, melek finansial dan jiwa berwirausaha. Sebenarnya, ada langkah-langkah mudah yang wajib kalian ketahui untuk bangun aset digital ini di antara lain ialah.

Tips Jitu Membangun Aset Digital


Indonetwork, Sahabat Marketplace Terbaik Bagi Para Pebisnis Indonesia

Bingung cari supply chain yang bisa dipercaya ? Mau jual barang-barang keperluan bisnis/usaha, tetapi tidak tahu harus disalurkan ke mana ? Solusinya, kalian bisa ikut bergabung saja bersama Situs Indonetwork, yang di mana merupakan sebuah Platform B2B Marketplace (Bussiness to Bussiness) dan Direktori Bisnis UKM terbesar dan terlengkap di Indonesia. 

Portal bisnis ini telah dibangun dan dikelola oleh PT. Indonetwork Adi Perkasa, serta berdiri pertama kalinya pada Tahun 2001. Tempat ini bukan hanya sekadar bergerak di kalangan antar pebisnis saja, namun juga ditujukan bagi kalangan pebisnis terhadap customer (Business to Customer).

Keunggulan Indonetwork


Layanan Jasa Indonetwork.co.id
SEO

SEO

  • SEO Internal
  • SEO Eksternal
  • SEO Corporate (Starter, Pro, Premium)
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
Info Detail
SEM (Adwords)

SEM (Adwords)

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
  • -
Info Detail
Premium Membership

Premium Membership

  • Template Website Profesional
  • Prioritas Listing
  • Best Deal
  • Statistik Website
  • Produk Upsell
  • Fitur Premium Lainnya
  • -
  • -
  • -
  • -
Info Detail
Produk Upsell

Produk Upsell

  • Perusahaan Favorit
  • Artikel Bisnis
  • Company Profil
  • Personal Domain
  • Email
  • Domain Email
  • Email Blast
  • SPR, SSL, HPR
  • Leaderboard Banner
  • FB & IG Ads
  • Management Ads
  • -
Info Detail
Tips Tutorial Penjualan & Pembelian di Situs Indonetwork
       Tips Tutorial Penjualan & Pembelian di Situs Indonetwork        Tips Tutorial Penjualan & Pembelian di Situs Indonetwork


Sebelum kalian ingin berbelanja di sini, Situs Indonetwork memberikan beberapa tips belanja dengan aman supaya para customer dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, di antara lain ialah.
  • Cek Informasi Perusahaan secara lengkap dan Apakah Member Penjual Sudah Terverifikasi
  • Perhatikan Detail Produk-Produk yang Ingin Dibeli
  • Perhatikan Harga dan Bandingkan, Jangan Pernah Tergiur Penawaran Harga Murah yang Tidak Masuk Akal
  • Memastikan Kredibilitas Penjual dan Vendor
  • Hubungi Kontak Penjual yang Telah Tersedia
  • Simpan Bukti Percakapan dan Transaksi untuk Mengantisipasi Hal-Hal yang Tidak Diinginkan

Inilah Alasan Penting Sekali Join Membership Premium

Premium Membership merupakan Sistem Keanggotaan Berbayar yang menyajikan berbagai layanan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Free Membership, begitu juga disuguhkan dengan tampilan website yang lebih menarik dan bagus, sehingga Premium Membership sangat cocok dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk perusahaan yang ingin memasarkan produknya secara maksimal. 

Soal keuntungan, hal ini yang sudah pasti diprioritaskan terhadap periklanan setiap produk dan jelas keuntungan ini tidak bisa didapatkan bagi Para Pengguna Free Membership. Selain itu, Premium Membership juga memiliki fitur yang lebih lengkap untuk menunjang kebutuhan para member dengan harga terbaik, kalian juga sudah bisa menikmati layanan personal domain dan situs website demi keperluan perusahaannya masing-masing.

Nah, bila kalian ingin mencari portal bisnis online yang tepat dan berpengalaman untuk memasarkan produknya secara optimal, pilihan untuk join Premium Membership Indonetwork.co.id adalah keputusan yang tepat, kalian bisa pilih dan bandingkan segala fitur dan layanan apa saja yang diberikan pada masing-masing paket yang diberikan.  
 

Testimoni-Testimoni Member Premium Indonetwork

Mitra Bisnis Indonetwork

Official Account
Facebook

Facebook

Like
Instagram

Instagram

Follow
Youtube

Youtube

Subscribe
Twitter

Twitter

Ikuti


Kesimpulannya, kalian tidak perlu ragu lagi untuk melakukan transaksi jual-beli lewat Situs Indonetwork.co.id. Selain telah berpengalaman hampir kurang 20 tahun, Indonetwork juga turut membantu dan mendorong perkembangan Satu Juta UKM di seluruh Indonesia melalui dunia digital dan jejaring online. Jadi, pihak perusahaan maupun pelaku usaha kecil menengah tidak perlu khawatir dalam menghadapi gempuran Pasar E-Commerce, soalnya Situs Indonetwork juga menyediakan berbagai layanan jasa digital marketing dan penguatan branding secara online.  

Sekian, semoga artikel saya ini bisa bermanfaat dan membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar di bawah ini.

*****