Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Universitas AMIKOM Purwokerto : Profil Lengkap, Prodi Jurusan, dan Akreditasi

Universitas AMIKOM Purwokerto

Universitas AMIKOM Purwokerto berdiri secara resmi pada tanggal 16 Mei 2005 melalui Yayasan AMIKOM Purwokerto yang diketuai oleh Moch. Hari Purwidiantoro, S.T., M.M. dan Berlilana, S.P., S.Kom. di bawah perpanjangan tangan dan pembinaan langsung oleh Drs. Muhammad Suyanto, M.M.

Pada awal pertama kali diresmikan, Perguruan Tinggi ini masih berstatus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Purwokerto berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 64/D/O/2005 dengan diisi oleh 2 Program Studi Strata 1 (S-1) masing-masing, yaitu Prodi Sistem Informasi dan Prodi Teknik Informatika.

Kemudian, STMIK AMIKOM Purwokerto melakukan penggabungan dengan ABA SINEMA Yogyakarta guna melakukan perubahan alih status menjadi Universitas. Atas restu Kemenristek Dikti kepada Yayasan tersebut, ajuan perubahan alih status telah resmi diterima dan akhirnya berubah menjadi Universitas AMIKOM Purwokerto tepat pada tanggal 2 Juli 2019. Perubahan alih status perguruan tinggi ini sebagai yang paling cepat dalam sejarah, karena hanya memakan waktu beberapa bulan saja.

Berbicara tentang Akreditasi, Universitas AMIKOM Purwokerto saat ini telah meraih Predikat B dengan catatan kualitas yang baik sekali, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 3622/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 yang berlaku hingga tanggal 10-10-2022.

Universitas AMIKOM Purwokerto berkantor di Jalan Letjend Pol. Soemarto, Watumas, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Fakta uniknya, Perguruan Tinggi Swasta copy-an AMIKOM ini (Baca Juga : Profil Lengkap Tentang Universitas AMIKOM Yogyakarta) ternyata satu-satunya kampus yang memiliki prodi Bisnis Digital di Provinsi Jawa Tengah dan satu-satunya perguruan tinggi swasta yang mempunyai program studi kampus di luar Jawa Tengah.

Visi

        “Menjadi Pusat Penyelenggara Pendidikan Tinggi dengan wawasan kewirausahaan berbasis Teknologi”.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dengan wawasan kewirausahaan berbasis teknologi.
  • Mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat untuk pengembangan ilmu dan peningkatan daya saing bangsa.
  • Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas kerjasama untuk kemandirian penyelenggaraan pendidikan tinggi.
  • Mengembangkan tata pamong dan tata kelola universitas yang baik.

Tujuan

  • Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia berkualitas berjiwa technopreneur yang berakademik unggul sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  • Menghasilkan karya-karya yang diakui baik secara nasional maupun internasional melalui penelitian dan pengabdian masyarakat
  • Berperan aktif dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi pada tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  • Meningkatkan pelayanan pendidikan melalui penjaminan mutu internal maupun penjaminan mutu eksternal sehingga stakeholder memperoleh kepuasan.

Jurusan Universitas AMIKOM Purwokerto

Daftar Program Studi dan Fakultas Masing-Masing beserta Akreditasinya

Universitas AMIKOM Purwokerto terdapat 2 Fakultas dan 3 Prodi pada masing-masing setiap Fakultasnya. Untuk informasi selengkapnya bisa dicek tabel yang ada di bawah ini, semua yang didapat berdasarkan laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan website resmi Universitas AMIKOM Purwokerto.


Jurusan / Program Studi


Akreditasi


FAKULTAS BISNIS DAN ILMU SOSIAL (FBIS)


S1 – Bisnis Digital


-


D3 (PSDKU) – Bahasa Inggris


-


S1 – Ilmu Komunikasi


-


FAKULTAS ILMU KOMPUTER (FIK)


S1 – Sistem Informasi


B


S1 – Informatika


B


S1 – Teknologi Informasi


-



Konsentrasi Jurusan Prodi dan Prospek Lulusan 

Pihak Kampus sudah menyiapkan beberapa konsentrasi mata kuliah dan informasi prospek lulusan selepas nanti sesuai minat dan bakat para mahasiswa masing-masing, agar diharapkan mampu mencetak orang-orang yang berprofessional dalam pekerjaan di bidangnya masing-masing dan menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.


Jurusan / Program Studi


Konsentrasi


Prospek Lulusan


Fakultas Ilmu Komputer


S1 - Informatika


- Robotika
- Pemrograman Web/Mobile
- Multimedia


Business Analyst/System Analyst, Programmer, Software Engineer, Database Development and Administration, IT Consultant, Technopreneur, PNS, Graphic Designer, Multimedia Designer, Multimedia Programmer, Creative Advertisment, Animator 2D dan 3D, 2D dan 3D Modeling, Art Director, Character Designer, IT Consultant dalam Bidang Multimedia.


S1 - Sistem Informasi


- E-Business
- Manajemen Sistem Informasi



Planning Manager, Project Manager, System Analyst, Perancang Perangkat Lunak, Chief of Programmer, Programmer Bisnis, Manager Pengolahan Data, Auditor EDP, Support Administrator, Analis Riset Operasional, Manager Pemasaran Online, Manager Account, Manager E-Commerce, Konsultan Pemasaran Internet, Pengendali E-Business, Penasehat E-Learning, Proyek Online Manager, PNS.


S1 - Teknologi Informasi


- Cyber Security / Forensik
- Internet of Things (IoT)
- Animasi dan Game


IoT Hardware Engineer, IoT Softaware Engineer, IoT Technical Architect, IoT Fog Architect, IoT Mobile Application Engineer, IoT Android Engineer, IoT Security Analyst, Information Security.


Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial


S1 - Ilmu Komunikasi


- Creative Media Developer
- Public Relations
- Jurnalist


Interactive Media Developer, Instructional Media Developer, Content Developer, Social Media Manager, Creative Content Developer, Assistent Director of Social Media, Creative Director.


S1 - Bisnis Digital


- Financial Technology
- Business Analyst


Finance, Digital Financial Technology, Director IT Financial Technology, Legal Financial Technology, Product Manager Financial Technology, Operation, Consultant Business Development.


D3 – Bahasa Inggris


- Tourism


Tour Guide, Penerjemah Reporter, PNS.


Baca Juga : 

 

Rincian Biaya Studi Mahasiswa dan Sumbangan Wajib Pembangunan

Berdasarkan Laman Brosur PMB Universitas AMIKOM Purwokerto Tahun Ajaran 2020/2021, Para Mahasiswa diwajibkan membayar biaya kuliah yang harus disetor setiap Semesternya dan Biaya Pendukung yang disetor sebanyak 2 kali pada Semester 1 dan 2 berdasarkan dengan Program Studi-nya masing-masing, sebagai berikut di bawah ini.



Prodi Jurusan


SPP (Tetap dan Variabel)
*Pembayaran dilakukan setiap semester

Biaya Pendukung
(Berlaku hanya Semester 1 & 2)
*Pembayaran dilakukan 2 kali


Fakultas Ilmu Komputer


S1 - Informatika
S1 - Sistem Informasi


Rp. 3.900.000


Rp. 1.000.000


S1 - Teknologi Informasi


Rp. 2.900.000


Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial


S1 - Ilmu Komunikasi
S1 - Bisnis Digital


Rp. 2.500.000


Rp. 1.000.000

S1 - Bahasa Inggris


*Menunggu Informasi Selengkapnya

Rincian Biaya Sarana dan Sumbangan Wajib Pembangunan

Diperoleh informasi berdasarkan Brosur PMB Universitas AMIKOM Purwokerto Tahun Ajaran 2020/2021, Setiap Calon Mahasiswa diperkenankan membayar Biaya Sarana dan Biaya Sumbangan Wajib Pembangunan berdasarkan dengan Gelombang Masuk dan Program Studi yang diminati masing-masing.  


Program Studi

Biaya Sarana
(Berlaku hanya Semester 1 & 2)
           *Pembayaran dilakukan hanya 2 kali


Biaya Sumbangan Pembangunan Institusi
*Bersifat wajib

S1 - Informatika
S1 - Sistem Informasi

Gelombang Khusus    Rp 3.000.000
Gelombang 1              Rp 4.500.000
Gelombang 2              Rp 5.000.000
Gelombang 3              Rp 5.500.000


Gelombang Khusus    Rp 2.000.000
Gelombang 1              Rp 3.000.000
Gelombang 2              Rp 3.500.000
Gelombang 3              Rp 4.000.000

S1 - Teknologi Informasi

Gelombang Khusus    Rp 1.750.000
Gelombang 1              Rp 2.000.000
Gelombang 2              Rp 2.250.000
Gelombang 3              Rp 2.500.000


Gelombang Khusus    Rp 1.250.000
Gelombang 1              Rp 1.500.000
Gelombang 2              Rp 1.750.000
Gelombang 3              Rp 2.000.000

S1 - Ilmu Komunikasi
S1 - Bisnis Digital

Gelombang Khusus    Rp 1.000.000
Gelombang 1              Rp 2.000.000
Gelombang 2              Rp 2.500.000
Gelombang 3              Rp 3.000.000


Gelombang Khusus    Rp 1.000.000
Gelombang 1              Rp 1.250.000
Gelombang 2              Rp 1.250.000
Gelombang 3              Rp 1.250.000

D3 - Bahasa Inggris


*Menunggu Informasi Selengkapnya

*Menunggu Informasi Selengkapnya

PERHATIAN !!! Untuk mendapatkan informasi selengkapnya bisa dilihat dan didownload Brosur PMB Universitas AMIKOM Purwokerto DI SINI atau menghubungi website resmi yang terkait DI SINI

Fasilitas-Fasilitas Kampus

Guna untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan belajar segenap para mahasiswa, Pihak Kampus menyediakan berbagai fasilitas, sarana dan prasarana yang bagus dan terbaik, di antaranya adalah.

A. Ruang Kelas
Tempat ini digunakan untuk proses kegiatan belajar-mengajar yang dilengkapi dengan fasilitas AC, Sound System yang memadai, Projector, LCD Viewer, penerangan lampu, dan Kamera CCTV untuk pengamanan.

B. Laboratorium
Pihak Kampus memiliki banyak laboratorium yang memiliki fungsi yang berbeda-beda masing-masing dengan sarana penunjang yang sangat lengkap, yaitu jaringan komputer yang memadai, AC, Sound System, LCD Projector dan Kamera CCTV untuk pengawasan keamanan.

1. Laboratorium Multimedia
Ruang Laboratorium ini berkapasitas 60 orang dan tersedia 60 komputer client yang berspesifikasi tinggi, serta dilengkapi software-software yang menunjang untuk kebutuhan desain grafis, pembuatan iklan, animasi.

2. Laboratorium Pemrograman
Ruang Laboratorium ini memiliki kapasitas 60 orang dan tersedia 60 komputer client yang berspesifikasi tinggi, serta dilengkapi oleh software-software yang biasa ditujukan untuk menunjang proses pembuatan program aplikasi.

3. Laboratorium Aplikasi
Ruang Laboratorium tersebut berkapasitas 60 orang dan dilengkapi 60 komputer client yang memiliki spesifikasi yang tinggi, serta berbagai program aplikasi Windows untuk client seperti Microsoft Office, Turbo C++, PHP, ASP, MySQL dan aplikasi lainnya yang tentunya sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

4. Laboratorium Elektronika Digital dan Mikroprosesor
Ruang Laboratorium tersebut berkapasitas 60 orang yang berfungsi sebagai wadah para mahasiswa dalam bereksperimen sendiri untuk mengembangkan aplikasi digital dengan mudah sambil bebas berkreasi dengan menulis software atau perangkat lunak pada komputer.

5. Laboratorium Hardware, Software dan Jaringan
Laboratorium kali ini memiliki kapasitas yang memuat sebanyak 60 orang dengan dilengkapi dengan berbagai peralatan dan peripheral untuk perakitan dan perangkat keras Dual Core, serta juga dilengkapi dengan Sistem Operasi Windows 7 dan terdapat juga koneksi jaringan LAN pada komputer.

6. Laboratorium Broadcast
Laboratorium Broadcast ini terdiri dari 3 ruangan, yaitu ruangan penyiaran radio, ruangan divisi animasi dan pengembangan game, dan ruangan bioskop mahasiswa. Semua ruangan ini dilengkapi dengan penunjang PC Komputer berspesifikasi kualitas tinggi dan penunjang fasilitas yang sangat nyaman seperti AC, kursi sofa dan perabotan canggih nan lengkap yang bisa ditemukan pada Ruang Radio Mixer, Ruang Penyiar dan Ruang Interview.

7. Laboratorium Animasi
Ruang Laboratorium ini dilengkapi dengan 6 unit komputer yang berstandar tinggi untuk pembuatan animasi dan multimedia. Ruangan yang satu ini berfungsi untuk melayani mahasiswa dalam melaksanakan praktikum yang menunjang pemahaman dalam bidang animasi, audio visual, seminar, dan teknik presentasi, seperti Film 3 Dimensi, Kartun, Game, dan lain-lain.

C. Ruangan Kelas Eksekutif ini, mempunyai penunjang fasilitas yang sangat eksklusif, dengan tersedianya 60 unit laptop berstandar tinggi, sound system, LCD Viewer, dan sudah tentunya dilengkapi dengan AC.

D. Perpustakaan
Perpustakaan menyediakan koleksi-koleksi buku dari kalangan penerbit yang mutakhir, koleksi Skripsi Mahasiswa, Majalah, Surat Kabar, Jurnal Ilmiah Kampus, layanan Free Wifi, layanan Komputer dan fasilitas-fasilitas ruangan yang nyaman dan memadai.

E. Ruang Tunggu Dosen, disediakan bagi dosen yang menunggu jam kuliah dan dapat juga digunakan untuk ruang baca, konsultasi dan wadah berdiskusi.

F. Mushola, yang disediakan untuk mahasiswa, karyawan dan dosen yang memeluk Agama Islam untuk beribadah dan kegiatan-kegiatan kerohanian.

G. Aula dan Ruang Seminar, yang dilengkapi AC dan disediakan untuk kegiatan-kegiatan ilmiah.

H. Ruang Kegiatan Mahasiswa, digunakan untuk Kegiatan Senat Mahasiswa dan Semua Unit Kegiatan Mahasiswa Kampus

I. HotSpot Area, agar layanan internet gratis bisa dinikmati oleh seluruh warga civitas kampus.  


Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa

Pihak Kampus juga menyiapkan dan menyediakan wadah organisasi dan unit kegiatan mahasiswa agar bisa meningkatkan, mengasah dan menyalurkan bakat-bakat atau keahlian yang dimiliki oleh segenap para mahasiswa guna meningkatkan ajang kompetisi dan kualitas mereka sekaligus mengharumkan nama baik almamater kampus tercinta ini, di antara lain ialah.
  1. Himpunan Mahasiswa Jurusan
  2. Senat Mahasiswa
  3. Badan Eksekutif Mahasiswa
  4. Kerohanian Keagamaan Islam dan Nasrani
  5. Pelatihan Programming, Multimedia, dan Networking 
  6. Kesenian Musik dan Theater
  7. Bela Diri (Taekwondo, Karate, Merpati Putih)
  8. Pers Jurnalistik
  9. Olahraga (Futsal, Basket, Voli, Badminton, Sepak Bola)
  10. Kepramukaan
  11. Forum Asisten Dosen
  12. Pecinta Alam

Beasiswa

Guna meringankan biaya kuliah yang dibebankan bagi para mahasiswa atau wali keluarganya, Pihak Kampus juga menyediakan dan menerima beberapa jalur beasiswa yang bisa diajukan oleh segenap para mahasiswa sesuai dengan ketentuan syarat dan prosedur yang berlaku.
  • Beasiswa Bidikmisi
  • Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik
  • Beasiswa Yayasan
  • Beasiswa Perbankan

Penghargaan Prestasi dan Karya

Dalam rangka meningkatkan Reputasi Pihak Kampus baik di Skala Nasional maupun Internasional, Universitas AMIKOM Purwokerto telah memenangkan 6 Penghargaan Internasional dan 61 Penghargaan Nasional di Bidang Informasi dan Teknologi Komunikasi, beberapa di antaranya sebagai berikut.
  1. Juara 3, Kompetisi Aplikasi DINAKOM 2016, Semarang, Jawa Tengah.
  2. Launching Apps E-Complaint Aplikasi Pelayanan Polisi Berbasis Elektronik melalui bekerja sama dengan Polres Banyumas, Jawa Tengah.
  3. Juara 3, Kompetisi Kategori Film Dokumenter 2016, Universitas Jenderal Soedirman, Jawa Tengah.
  4. Juara 1, Kejuaraan Unsoed Badminton Cup 2017, Banyumas, Jawa Tengah.
  5. Juara 3, Kompetisi Dinus Application 2017, Universitas Dian Nurwantoro Semarang.
  6.  Juara Runner Up, Kompetisi Agriculture Badminton Pingpong Championship 2017, Universitas Jenderal Soedirman.
  7. Peraih 2 Medali Emas dan 1 Medali Perak, Kejuaraan Nasional Yogyakarta Master Taekwondo Poomsoe Championship 2017, Sleman, Yogyakarta.
  8. Juara 3, Lomba Sistem Informasi dalam Ajang Information Technology Creative Competition 2017, Universitas Udayana, Bali.
  9. Juara 3, Kategori Mobile Apps, Ajang Kompetisi IT 2nd Citisee STMIK 2017 AMIKOM Purwokerto.
  10. Juara 1, Kategori Desktop Apps Ajang Kompetisi IT 2nd Citisee 2017 STMIK AMIKOM Purwokerto.
  11. Juara 1, Kategori Web Programming Tingkat Nasional, Universitas Negeri Gorontalo.
  12. Juara 1, Ajang Kompetisi Kreativitas dan Inovasi Tingkat Kabupaten Banyumas.
  13.  Peraih 2 Medali Emas, Kejuaraan Makzom Cup Taekwondo Championship, Universitas Budi Luhur Jakarta.
  14. Juara Harapan 2, Ajang Gelaran Universitas Teuku Umar Awards 2019, Aceh Darussalam.
  15. Penghargaan Nasional dalam Tema Gotong-Royong Inovasi Indonesia Hadapi Covid-19, Apps ODP Tracker untuk Banyumas dari Kemenristek RI.
  16. Juara 2 Nasional, Ajang Kompetisi Visualisasi Jalur Rempah 2020 dalam Kategori Animasi.

Kerja Sama dan Kolaborasi Antar Pihak

Pihak Kampus juga telah melakukan jalinan kerja sama dan kolaborasi dengan beberapa Perguruan Tinggi Dalam maupun Luar Negeri, Korporasi dan Perusahaan Ternama serta Perbankan supaya dapat melahirkan sinergi dan dampak positif bagi para lulusan akademisi selepasnya dengan melalui program pertukaran Mahasiswa, transfer ilmu dan pengalaman, beasiswa maupun kerja sama dengan dosen dan peneliti, sebagaimana berikut di bawah ini.
  • Stasiun Pertelevisian AMPU TV
  • Komunitas Animator Banyumas
  • I-Tech (Consultant, Service and Sales)
  • KRU Studios Malaysia
  • Stasiun AMIKOM Radio Purwokerto
  • Perusahaan Perangkat Lunak seperti Microsoft dan Adobe Acrobat
  • Perusahan Multimatics
  • Perusahaan Foresec
  • Multimedia University (MMU) di Melaka, Malaysia
  • Universiti Kuala Lumpur, Malaysia
  • Universiti Kebangsaan Malaysia
  • Acharya Institutes
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Lambung Mangkurat
  • Southern Taiwan University of Science and Technology
  • Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM)
  • PT. Kombas Digital International
  • PT. PuskoMedia Indonesia
  • PT. Ampu Kreatif Studio
  • Bank Jateng Syariah
  • PT. Nacola
  • PT. Ngampooz Pintar Sejahtera
  • PT. Tekno Karya Nusa
  • PT. Time Exellindo
  • PT. Zetta Intelijen Teknologi
  • Institut Teknologi Tangerang

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.