Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Sukses Wang Chuan Fu, Bos Mobil Terbesar Asal China

Kisah Sukses Wang Chuan Fu, Bos Mobil Terbesar Asal China

Nama Lengkap

Wang Chuanfu

Tempat, Tanggal Lahir

Wuwei, Anhui, Wuhu, China, 8 April 1966

Total Harta Kekayaan

Mencapai 8,6 Miliar atau setara Rp 120,4 Triliun

Jenjang Pendidikan

·         Central South University

·         Beijing Non-Ferrous Research Institute

Karir Perusahaan

·         Kimiawan

·         Peneliti Departemen Pemerintahan

·         Pendiri Perusahaan Build Your Dream


Wang Chuan Fu merupakan sosok pengusaha baru yang namanya meroket di jajaran orang terkaya di China, karena kelihaian dan kecepatannya dalam membesarkan usaha, sehingga tidak heran harta kekayaannya melambung naik karena Buffet Effect dan sorotan media massa.

Tidak tanggung-tanggung, Warren Buffet yang terkenal sebagai sang investor legendaris berani menggelontorkan dana investasi ke Perusahaan Wang melalui Berkshire Hathway dengan perantara Mid American Energy Holdings yang menguasai 10 persen saham Perusahaan Build Your Dream milik Wang.

Pembelian saham yang dikuasainya mencapai total nilai transaksi 225 Juta USD dengan harga per lembar sahamnya 8 HongKong Dollar (setara dengan Rp 9.692). Belum genap setahun pasca pembelian saham tersebut, harga saham Perusahaan BYD itu naik mencapai 800 % dengan nilai aset perusahaan diperkirakan sekitar 18,2 Miliar USD.

Sedangkan bagi Wang sendiri, dia memiliki 32 persen saham BYD yang merupakan pemegang emiten otomotif terbesar di Bursa Saham HongKong. Menurut perhitungan Majalah Forbes, kekayaan Wang saat ini telah menyentuh angka 5,1 Miliar USD.

Baca Juga :

 

Punya Impian Besar

Pada awalnya, Wang Chuan pernah berpengalaman menjadi peneliti di sebuah Departemen Pemerintah China. Ia memang dikenal sebagai seorang ahli yang sangat menyukai dengan hal-hal yang berbau penelitian.

Namun suatu hari, ia merasakan suatu ketidakpuasan dalam hidupnya sehingga mendorong dirinya untuk ingin membangun usaha. Sadar dirinya akan minimnya pengalaman dan modal, ia lantas berusaha memulai bisnisnya dengan apa saja yang ia bisa dan tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. wang segera mengumpulkan semua uang dari sisa tabungannya dan hasil pinjaman dari beberapa kerabatnya.

Wang berusaha meyakinkan para kerabatnya, bahwa ia akan dapat mengembalikannya, sehingga para kerabat mau meminjamkannya karena dia dikenal sebagai sosok yang jujur dan bertanggung jawab. Setelah mendapat pegangan modal, akhirnya Wang segera membuka usahanya di daerah Shenzhen, Kawasan Ekonomi Khusus China di sebelah utara HongKong.  

Ia menamakan perusahaannya dengan nama Build Your Dream yang artinya Bangunlah Mimpimu. Dengan tekad dan usaha yang sangat keras, Wang berusaha membangun jaringan relasi ke berbagai perusahaan sekaligus menawarkan produk dengan desain yang bagus namun harganya miring/murah.

Wang memang dikenal sebagai pengusaha yang bekerja keras, bahkan hingga sekarang, dia masih saja bekerja selama 5-6 hari dalam seminggu. Berkat perjuangan yang keras dan tekun, kini Perusahaan BYD menjadi industri produsen baterai telepon seluler dengan pangsa pasar 30 persen dari total produksi dunia.

Seiring perkembangan bisnisnya, ia mulai menggeser perusahaannya menuju bisnis yang memakan modal besar dan mendatangkan profit yang lebih tinggi lagi. Setelah Wang melihat dunia otomotif sangat cocok dengannya, ia lantas mengakuisisi perusahaan Mobil China yang hampir bangkrut dan segera memperbaiki manajemennya tepat pada Tahun 2003.

Menurutnya, orang-orang China banyak sekali menduduki golongan kelas menengah atas dan kaya raya, tentu saja hal ini dapat dijadikan kesempatan emas bagi target pasarnya.

Wang berpendapat, pasar otomotif China akan menjadi yang terbesar di dunia dan bakal menggantikan Amerika Serikat. Akhirnya, Perusahaan BYD segera memproduksi Mobil Hibrida yang harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan Mobil Hibrida Merk Prius buatan Toyota.

Perusahaan Otomotif BYD juga menargetkan agar penjualan produksi mobilnya dapat mengekspor ke luar negeri sampai tembus ke Amerika Serikat.

Tidak puas hanya di situ saja, ia juga berusaha menargetkan Produk BYD berhasil menjadi Produsen Mobil paling pertama di China pada Tahun 2015 dan akan menjadi nomor 1 di dunia. Wang benar-benar bertekad dengan harapan, produk buatannya bisa dikenal sebagai jagoan di kancah internasional.


Pendekatan Bisnis Yang Unik

Wang memiliki pendekatan bisnis yang unik karena ia berbeda dalam hal cara berproduksi. Ia pernah  mengatakan, bahwa produksi dengan menggunakan mesin itu lebih mahal dibandingkan menggunakan tangan manusia.

Perusahaan BYD mempekerjakan lebih dari 130.000 karyawan, pihak perusahaannya juga menyediakan perumahan bagi karyawannya dan Wang sendiri juga tinggal bersama karyawannya di kawasan perumahan tersebut.

Perusahaan Otomotif milik Wang bertekad terus dalam inovasinya agar produk mobilnya menjadi aman. Dalam pertemuan jumpa pers, Wang kerap kali menyindir para pesaingnya bahwa produknya (buatan BYD) tidak pernah ditarik dari pasar, seperti yang dilakukan oleh para pesaingnya.

Wang juga pernah dikritik, bahwa desain mobilnya menjiplak model mobil dari Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa namun ia menanggapinya dengan tenang,

"Sebanyak 60 % dari produk baru diambil dari informasi yang terbuka untuk publik, 30 % dari produk yang sudah ada, 5 % dari bahan yang tersedia, dan 5 % dari riset kami sendiri."

Dalam wawancara CNN, Charles Munger, sebagai tangan kanan Warren Buffett mengatakan bahwa Wang adalah perpaduan antara Thomas Alva Edison, sang pemecah masalah teknis dan Jack Welch, sang pemecah masalah manajemen perusahaan.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar di bawah ini.