Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sukses Eike Batista, Sales Tambang Yang Naik Tahta Menjadi Raja Minyak Brazil

Kisah Sukses Eike Batista, Sales Tambang Yang Naik Tahta Menjadi Raja Minyak Brazil

Nama Lengkap

Eike Fuhrken Batista

Tempat, Tanggal Lahir

Governador Valadares, Minas Gerais, Brasil, 3 November 1956

Total Harta Kekayaan

Diperkirakan kurang dari 1 Miliar USD atau sekitar kurang dari Rp 14 Triliun

Jenjang Pendidikan

Metallurgical Engineering, Aachen University Germany

Karir Perusahaan

CEO of OGX Petroleo e Gas Participacoes SA


Eike Fuhrken Batista
adalah pengusaha yang sedang bersinar, ia dikenal sebagai pengusaha yang berani dan berpikir besar dalam urusan bisnisnya. Sebelum lulus kuliah, Batista mengumpulkan semua modalnya dengan bekerja menjadi Sales Tambang lulusan Sarjana Teknik Metalurgi di Jerman.

Saat kembali ke Brazil, dia berusia 24 tahun dan saat itu, ia membeli Tambang Emas sendiri senilai 6 Juta USD. Semua modal uang yang ia dapat berasal dari hasil komisi selama dirinya bekerja ditambah dari pengajuan hutang dan aliran dana para investor.  

Tidak salah, dia dikenal pemberani dan pantang menyerah karena harga pembelian tambang emas sangatlah tinggi (diperkirakan senilai Rp 84 Miliar dengan kurs Rupiah 14.000 saat ini). Tindakan nekad itulah yang membuat orang berdecak kagum karena bermental berani dan baja.

Pada waktu itu, Eike Batista pernah melakukan perjalanan ke Hutan Amazon dan menemukan orang-orang pedalaman sedang menambang dengan cara tradisional. Melihat apa yang mereka lakukan itu yang menjadikan dia tertarik dan nekad mengumpulkan uang demi membeli Tambang Emas senilai 6 Juta USD tersebut.

Lambat laun, pundi-pundi kekayaan Batista mulai menggunung dari hasil pertambangan tersebut. Hari demi hari, bisnis pertmbangan kelihatan merangkat semakin membesar dan mulai menancapkan kukunya ke sektor bisnis lainnya seperti perminyakan dan gas alam. Hingga kini, Batista berhasil mendapatkan total kekayaannya sebesar 6,6 Miliar USD dan akhirnya masuk jajaran orang terkaya di Brazil dan dunia.

Setelah beberapa bulan Perusahaan Migas OGX Petroleo e Gas Participacoes SA telah dibangun, perlahan-lahan mulai tampak hasil kinerjanya yang sangat memuaskan. Meski tergolong masih baru, alias baru berdiri tepat pada Bulan Kuartal Ke-3 Tahun 2007, perusahaan miliknya itu mampu bertumbuh besar dengan cepat.

Pada pertengahan Juni 2008, Perusahaan telah menyatakan dirinya untuk IPO dan tercatat dalam Bursa Saham. Banyak sekali para investor yang membeli saham yang ditawarkan perusahaan tersebut, sejak terhitung saham perdana hingga berhasil mengumpulkan dana sebesar 4,2 Miliar USD.

Perusahaan OGX segera memanfaatkan uang sebanyak itu untuk ekspansi bisnisnya dengan Kegiatan Eksplorasi Sumur dan Ladang Minyak Baru, ia melakukan pembelian 21 Lahan Konsesi Minyak di Lautan dalam Brazil dengan luas total mencapai 7.000 Km2.

Keputusan itu akhirnya menuai kritikan besar-besaran bahkan dicap gila oleh banyak kalangan, namun Batista tidak mendengarkan omongan orang-orang tersebut sehingga dia mengambil keputusan untuk tetap membeli ladang-ladang itu dengan merogoh kocek sebanyak 1 Miliar USD padahal banyak rumor beredar bahwa cadangan minyak di daerah tersebut dikatakan tidak mencapai 4,8 Miliar Barel.

Untuk membiayai bisnis minyak tersebut ternyata harus membutuhkan dana yang sangat besar, Batista langsung membuat rencana yang cerdas dengan membuat 4 Tim Eksekutif yang bertugas berkeliling dunia untuk menjaring pasar investor hingga akhirnya tim mereka berhasil bertemu dengan 363 Perusahaan Investasi Strategis dan mendapatkan aliran dana segar yang sangat besar.

Selain Perusahaan Migas OGX, Batista juga memiliki jaringan bisnis lain, seperti Perusahaan LLX Logistica SA, yang bergerak di bidang pengiriman paket dan distribusi logistik. Kini, perusahaan logistik milik Batista sudah resmi terjun IPO dan berusaha menargetkan dana investasi senilai 1 Miliar USD.

Karena keberanian, kelihaian dan gerak cepatnya, ia sangat menekankan kekuatan modal sebagai bertumbuhnya bisnis yang bagus. Di dalam bukunya, ia dikenal dengan kemampuannya dalam memilih dan mengatur orang sebagai jurus mautnya dan ia juga menceritakan dirinya punya impian besar.

Dia juga terkenal sebagai tipikal pengusaha modern, dengan sangat mementingkan kekuatan modal dan investasi, ia segera membentuk tim khusus untuk menargetkan orang-orang kaya agar mau berinvestasi dengannya. Menurutnya, hal ini sangat diperlukan supaya pengusaha seperti dirinya tidak perlu bergantung kucuran dana dari pemerintah.

Dia memang sangat pandai merayu para investor asing agar mau menanamkan modal mereka ke Perusahan-Perusahaan Batista yang ada di Brazil.

Dalam waktu singkat sejak awal Tahun 2008 hingga pertengahan 2010, Perusahaan-Perusahaan Batista berhasil menarik dana investasi asing mengalir masuk ke Negara Brazil sebanyak 198 Miliar USD dan tentunya aliran dananya ini lebih besar dibandingkan dengan aliran dana yang masuk ke Bursa Saham Global.

Ia mengaku dirinya juga mendapatkan sumber modal dari hutang Bank, bahkan bisa dianggap dirinya sangat gampang menarik pinjaman dari sana karena bisa menjaga kepercayaan dan nama baiknya.

Sebenarnya banyak sekali deretan kemampuan Batista yang diakui hebat, salah satunya ia menggabungkan antara iklim investasi dengan sektor tambang yang sangat bagus dengan rayuan maut agar orang-orang kaya mau menanamkan uangnya ke sektor perusahaannya itu dengan iming-iming tingkat keuntungan harga minyak yang bakal naik terus-menerus.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar di bawah ini.


Berlangganan via Email