Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sukses Edy Joenardi, Investor Handal Suka Beramal 25 % dari Laba Perusahaan

Kisah Sukses Edy Joenardi, Investor Handal Suka Beramal 25 % dari Laba Perusahaan

Nama Lengkap

Edy Joenardi

Tempat, Tanggal Lahir

Majalengka, 1969

Total Harta Kekayaan

Diperkirakan kisaran lebih Rp 6 Triliun

Jenjang Pendidikan

Magister Manajemen, Prasetya Mulya University

Karir Perusahaan

·         Pendiri Edy Joenardi Foundation

·         Pemilik i-Capital International (ICI)

·         Pengelola PT Indonesia Heavy Equipment (IHE)

·         Pendiri PT Ejra Energy (EE)

·         Investor  PT. Bumi Resources

 

Perjalanan usaha Edy Joenardi sangatlah ajaib dan unik, tentunya kisahnya dapat diambil sebuah hikmah pelajarannya. Pada Tahun 2003, Edy punya modal Rp 62 juta dari hasil tabungannya untuk memulai usaha baru dan bermain saham. Dia memutuskan untuk bermain saham melalui sejumlah broker seperti Nikko Securities dan Kim Eng Securities. 

Karena kegigihannya untuk terus belajar akhirnya tidak lama berselang, Edy mengalami lonjakan yang positif dalam bisnisnya. Hingga tiba-tiba suatu hari, ia mengalami kerugian yang membuat syok sebesar Rp 400 Miliar, jiwa Edy merasa terguncang. 

Namun cepat-cepat, Edy menyadari akan kesalahannya yang ia lakukan dalam hidupnya yaitu selalu merasa pamrih dan kurang bersyukur. Sejak saat itu, ia bersedekah 25 % dari laba yang diperolehnya. Dikatakan, Edy pernah menyalurkan sedekah sebesar Rp 220 miliar dari return main saham. 

Ia membangun masjid dan jalan kampung, menyantuni kepada anak yatim, dan memberikan 600 traktor (harganya berkisar 16-18 juta/unit) kepada para petani di berbagai pelosok desa, sehingga akhirnya datanglah keberuntungan yang tidak diduga-duga oleh Edy. Sejak saat itulah, bisnisnya terus menanjak. 

Pada Tahun 2008, Edy menjual sahamnya di Perusahaan Bumi Resources yang menyebabkan pundi-pundi kekayaannya menembus triliunan rupiah, padahal ketika masuk pertama kalinya di Bursa Saham Tahun 2003, dia hanya menyiapkan modal hasil tabungannya hanya sebesar Rp 62 juta.

"Saya tidak bisa sebutkan berapa nilai penjualan saham Bumi milik saya tahun lalu. Yang pasti, sekarang dana likuid saya pribadi dan perusahaan milik saya mencapai Rp 12-12,6 triliun,”

Pada saat itu, Edy membeli saham Bumi pada harga Rp 400-an/lembar hingga waktu yang tepat akhirnya Edy dapat menjualnya, yakni kisaran harga Rp 6.000 dan keuntungan modal (dalam berinvestasi) yang diperolehnya mencapai Rp 5,6 triliun bahkan hal itu terjadi bukan hanya sekali saja dan itu pun baru berasal dari satu perusahaan saja belum yang lain.

Pada waktu itu, Pasar Modal Amerika Serikat belum jatuh namun Edy sudah kedahuluan mendapatkan kabar dari seorang temannya di Pasar Modal AS bahwa pasar modal di sana akan ambruk. Akhirnya, Edy segera menjual saham-sahamnya dan ternyata betul saja dalam sebulan kemudian saham AS ambruk.

Selain bermain di pasar modal, Edy Joenardi juga terjun dunia usaha di bidang sektor riil. Pada tahun yang sama, Edy segera menyuntikkan modal yang sangat besar untuk perkembangan bisnisnya.

Saat ini kliennya antara lain, Perusahaan Freeport, Newmont, dan Badan Pelaksana Migas, Edy juga punya perusahaan yang bergerak dalam pembuatan tabung gas 3 kg yang produksinya mencapai 3-4,5 juta tabung gas per bulannya. 

Edy juga memiliki Pabrik Amoniak Nitrat di Bontang, Kalimantan Timur yang dimana perusahaan patungan ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Edy juga berekspansi bersama-sama temannya ke bisnis penyewaan rumah terapung yang harga sewanya mencapai 75 ribu USD per hari. 

Di Banten, Edy juga ikut andil dengan teman-temannya mendirikan Pabrik Ban untuk alat berat. Bahkan dia tidak puas hanya di situ saja, Edy ternyata memiliki 300 unit mesin printing yang tersebar di Jogjakarta, Bandung, dan Semarang.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Berlangganan via Email