Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat dan Ciri-Ciri Calon Penghuni Surga di Alam Dunia, Kubur dan Akhirat

Sifat dan Ciri Calon Penghuni Surga di Alam Dunia, Kubur dan Akhirat

Sifat-sifat dan ciri-ciri orang yang akan menjadi Calon Penghuni Surga yaitu : Pada saat hidup di dunianya, di alam kubur, dan pada Hari Kiamat.

1. Ketika Hidup Di Dunia

Menurut keterangan di dalam Al Qur'an, bahwa keadaan dan sifat calon penghuni surga saat di dunianya, yaitu bagi mereka beriman dan bertaqwa dengan sungguh-sungguh. Demikian juga selama di dalam kehidupan dunia baginya senantiasa beramal shalih.

Tersebut di dalam Surat Al-Hujarat ayat 13 yang artinya :

"Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah yaitu orang yang paling bertaqwa di antara kamu.”

Ketahuilah, bahwa antara iman dan beramal shaleh itu tidak bisa dipisahkan. Karena mustahil dapat kita raih kebahagiaan manakala kita tidak beriman dan beramal shaleh, baik kebahagiaan hidup di dunianya maupun di akhirat nanti.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai hal ini sudah disesuaikan dengan penegasan Allah Ta’ala di dalam Al Qur'an Surat Al Ashr ayat 2-3 artinya :

"Sesungguhnya manusia itu benar-benar di dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, mengerjakan amal shaleh, saling menasehati agar mematuhi kebenaran dan saling menasehati agar menetapi kesabaran.”

Dan penting sekali kita ketahui, bahwa amalan yang termasuk anak shaleh menurut keterangan dari Al Qur'an dan Hadits, yaitu :

  • Mengerjakan shalat
  • Berpuasa
  • Beribadah haji
  • Bersedekah
  • Amar Ma'ruf Nahi Munkar
  • Berjihad (berjuang) di jalan Allah

 

2. Di Alam Kubur

Di dalam sebuah hadits telah diceritakan, bahwa apabila orang itu mati dan ada di dalam kubur, maka ia bakal mengetahui apakah termasuk ahli surga atau ahli neraka, karena di alam kubur dia akan diperlihatkan tempatnya di akhirat, jika dia ahli surga maka dia akan dapat melihat surga, dan jika seandainya dia ahli neraka maka dia akan diperlihatkan kengerian siksa api neraka. 

Hal ini diperlihatkan pada setiap pagi dan sore hingga datangnya Hari Kiamat.

 

3. Pada Hari Kiamat

Keadaan wajah mereka tampak berseri-seri, bersinar dan bercahaya yang amat terang di Hari Kiamat sebagaimana Allah telah menjelaskan dalam Surah Al-Qiyamah ayat 22 :

"Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri."

Ada yang mengatakan wajah-wajah yang berseri itu diakibatkan seringnya mengerjakan wudhu untuk shalat selama hidup di dunia, sebagaimana pernah dijelaskan oleh Sabda Nabi Muhammad SAW. :

"Sesungguhnya umatku pada hari kiamat nanti mendapat sebutan, Ghurran Muhajjalin (putih seluruhnya bagian anggota wudhunya) dari bekas wudhunya."

Dari penjelasan hadits di atas, maka kita paham dan mengetahui bahwa dengan melakukan wudhu yang benar dan sempurna saat akan mengerjakan shalat, maka bagian anggota wudhu khususnya wajah kita akan tampak berseri-seri putih dan bersih di hari kiamat nanti.

Perhatikan keterangan dari Hadits Nabi SAW. diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. yang berbunyi :

"Kelompok yang paling awal masuk surga seperti bulan purnama, kemudian di belakang mereka sebagaimana bintang yang paling terang di langit."

Sedangkan, keadaan penghuni surga di dalam surga itu seperti keterangan di dalam Al Qur'an dan Hadits di bawah ini :

  • Hati mereka sama saja antara penghuni surga yang satu dengan yang lain
  • Mereka senantiasa berbahagia
  • Tidak pernah kentut, kencing, sakit, dan buang kotoran
  • Keringatnya berbau harum, sebagaimana minyak kasturi

Selain itu, semua kebutuhan mereka terpenuhi dengan seketika. Apapun yang mereka inginkan dikabulkan dan keadaan ini berlangsung akan terus selama-lamanya alias kekal abadi.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

 

Berlangganan via Email