Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dongeng Asal Mula Perseteruan Ayam dan Ikan Tongkol (Kepulauan Riau)

Dongeng Asal Mula Perseteruan Ayam dan Ikan Tongkol (Kepulauan Riau)

Alkisah, ada persahabatan ayam jantan dan ikan tongkol dan kedua sahabat hewan ini gemar saling bantu-membantu dalam kesulitan. Pada suatu hari, rakyat ayam mengajak rakyat ikan tongkol untuk menghadiri acara syukuran nelayan di pinggir pantai.

Sebelum datang pada acara itu, Kepala Suku Ikan Tongkol meminta agar rakyat ayam memberitahu mereka bila fajar tiba disebabkan jika fajar telah terbit, air laut akan surut dan menjadi kering. Oleh karena itu, rakyat ikan tongkol harus segera kembali ke laut.

Kepala Suku Ayam menyanggupi permintaan Kepala Suku Ikan Tongkol itu. Syair-syair dan zikir di acara itu langsung dilantunkan dan berkumandang mengiringi perayaan pesta syukuran itu. Tanpa disadari, hari sudah sangat larut dan rakyat Ikan tongkol tertidur pulas. Tanpa diduga, ternyata rakyat ayam juga ikut tertidur pulas.

Ketika waktu subuh tiba, tak ada satu pun rakyat ayam jantan yang berkokok padahal air laut sudah surut. Bencana pun menimpa rakyat ikan tongkol, mereka sontak kaget bukan kepalang. Ketika mereka bangun dari tidur, hari sudah semakin pagi dan daratannya sudah terlanjur kering.

Mereka tidak dapat kembali lagi ke laut. Para rakyat ikan tongkol pun segera berhamburan ke lubang-lubang karang yang berisi air di sekitar pantai tetapi sebagian besar lagi terjebak di daratan dan tidak bisa pergi ke mana-mana.

Pada pagi itu, akhirnya seluruh penduduk pantai terkejut kesenangan melihat banyak sekali ikan tongkol yang menggelepar-gelepar kekeringan di sekitar pantai. Mereka beramai-ramai menangkapi ikan tongkol. Mengetahui hal ini, kepala suku Ikan Tongkol sangat marah pada suku ayam jantan yang tidak berkokok dan membangunkan mereka.

Sejak saat itu, hewan ayam dan ikan tongkol saling bermusuhan dan para nelayan punya siasat agar cepat mendapatkan ikan tongkol dengan cara mudah sekali jika umpannya adalah bulu ayam jantan.

Pelajaran yang bisa kamu petik dari Dongeng Asal Mula Perseteruan Ayam dan Ikan Tongkol (Kepulauan Riau), yaitu gemar dan ikhlas saling tolong-menolong antar sesama dalam kesulitan, menjaga janji itu harus dijaga dan ditepati, jangan bersikap ceroboh dan lalai dalam menjalankan tugas.
Semoga cerita rakyat di atas bisa membantu kamu terkait hikmah pelajaran yang bisa kamu petik, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Berlangganan via Email