Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna dan Arti Lambang Logo AMIKOM : AMIKOM Yogyakarta, Purwokerto, Surakarta


Makna dan Arti Lambang Logo AMIKOM : AMIKOM Yogyakarta, Purwokerto, Surakarta

Banyak orang yang baru tahu, ternyata Universitas AMIKOM YogyakartaUniversitas AMIKOM Purwokerto, dan STMIK AMIKOM Surakarta itu berada dalam satu naungan yang sama, yaitu Yayasan AMIKOM yang dipimpin oleh Drs. Muhammad Suyanto, M.M. yang berpusat di Sleman, Yogyakarta.

Dari sekian 3 logo yang di atas pada setiap Perguruan Tinggi AMIKOM, terlihat tampak ada kesamaan pada gambarnya masing-masing. Tentu sisi pola bentuk yang terdapat pada lambang AMIKOM tersebut mengandung arti dan makna psikologis yang sangat penting sekali untuk melangkah ke masa depan dan mewujudkan visi misi yang sudah ditargetkan.

ESENSI MAKNA & ESTETIKA SISI POLA BENTUK



Jenis Bentuk


Arti dan Makna Psikologis


Roda (Gear) / Perjalanan

Bentuk Roda yang sangat geometris dan sederhana memberikan kesan makna yang begitu modern dan elegan, dan menjadi simbol jiwa AMIKOM yang terkenal dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Selain itu, logo roda gear ini seakan-akan menyimbolkan 5 jari tangan yang menengadah ke atas sambil menggenggam lingkaran kuning yang ada ditengahnya, ini bermakna tentang ketangguhan dan keuletan dalam berusaha, semangat dan daya juang tinggi, serta kaya akan potensi yang begitu besar dalam melahirkan/menciptakan sesuatu dan berkarya.

Simbol tangan menggenggam lingkaran juga dapat diartikan peningkatan pencapaian prestasi AMIKOM dalam ranah regional, nasional, dan internasional.

Struktur lingkaran susunan jari yang terbentuk secara teratur juga menggambarkan kekuatan solidaritas, profesionalitas, komitmen, dan konsistensi dalam berkarya.

Roda Gear ini nampaknya terlihat lebih besar yang mengartikan seberapa jauh dan besar dalam perjalanan sebuah institusi ke depan nantinya.

Roda Gear ini berputar mengarah ke arah kanan yang dimaknai supaya perjalanan selanjutnya nanti akan selalu terarah menuju hal-hal yang positif dan mendapatkan banyak manfaat.


Buku (Kitab) / Ilmu



Untuk pola bentuk seperti ini, sepertinya terlihat mengalami perbedaan di setiap insitusi AMIKOM masing-masing.

Universitas AMIKOM Yogyakarta terlihat tidak memiliki pola bentuk dalam lambang kampusnya itu, sedangkan AMIKOM Purwokerto dan Surakarta memiliki simbol buku di logonya masing-masing tetapi dalam pola bentuk yang berada.

Selanjutnya, logo AMIKOM Surakarta mengilustrasikan buku dalam bentuk huruf M, yang artinya buku merupakan jendela ilmu pengetahuan yang dijadikan landasan sekaligus tujuan dalam menggapai kemuliaan hidup.

Untuk logo AMIKOM Purwokerto memiliki pola bentuk 4 garis tegak lurus dan lengkung yang menyimbolkan bentuk sebuah buku. Simbol pola bentuk memberikan makna bahwa semua ilmu ini didapatkan dari 4 arah penjuru dunia (segala arah), yang bisa diartikan juga sebagai tanda perwujudan institusi yang sangat kaya akan ilmu pengetahuan.

Dalam pandangan Islam, 4 lembar pada simbol buku di logo tersebut dapat memberikan sebuah arti bahwa ilmu kehidupan itu tidak lepas dari pedoman syariat, tareekat, hakikat, dan ma’rifat. Bisa juga dikaitkan untuk meneladani suri tauladan 4 Khulafa’ur Rasyidin, sekaligus meniru 4 sifat Rasulullah SAW. yaitu Tabligh, Amanah, Shidiq, dan Fathonah.


Lingkaran Matahari / Sinar

Simbol lingkaran matahari melambangkan arti sebuah institusi kampus harus membawa cahaya yang bersinar (manfaat dan sumbangsih pengabdian)  tiada henti selama-lamanya bagi kehidupan masyarakat sekitar.


Pola Dasar 5 Gabungan (Buku dan Sinar Matahari)

Pola penggabungan dari simbol buku dan sinar matahari ini memberikan arti agar selalu memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan kepada khalayak masyarakat, dan simbolik 4 lembar/garis buku dan 1 pusat lingkaran matahari juga bisa dikaitkan dengan rukun islam dan panca indera manusia yang berarti memiliki peran yang sangat penting sekali dan tidak dapat dipisah dari masyarakat.



ESENSI MAKNA & ESTETIKA GARIS



Jenis Garis


Makna


Lurus


Sifat dan sikap individu yang selalu bermental positif dan tegak.


Lengkung


Fleksibel dan luwes di segala kemampuan tiap individu.


ESENSI MAKNA & ESTETIKA WARNA



Jenis Warna


Makna


Ungu


Warna ungu yang memang sudah menjadi identitas khas AMIKOM, menurut makna filosofisnya menggambarkan spiritualitas, intuisi, kreatifitas, dan kebijaksanaan.


Lingkaran Kuning Matahari yang digenggam jari-jari roda gear yang berwarna ungu



Menggambarkan potensi dan energi yang selalu terbuka untuk diaplikasikan atau dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, namun tetap selalu dilapisi dan diiringi oleh ketaqwaan, kebijaksanaan, dan akal budi yang luhur.



Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

sumber :
http://www.amikompurwokerto.ac.id/profil/makna_lambang
https://www.amikomsolo.ac.id/logo-stmik-cds/


Berlangganan via Email