Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wawasan Negara Australia Terlengkap : Makna Simbol, Penampakan Alam, Politik, Demografi, dan Diplomasi


Wawasan Negara Australia Terlengkap : Makna Simbol, Penampakan Alam, Politik, Demografi, dan Diplomasi

Australia, nama resminya adalah Negara Persemakmuran Australia (Commonwealth of Australia), yang merupakan sebuah negara yang berada di suatu benua belahan selatan dunia dan dikelilingi pulau-pulau kecil Samudera Hindia dan Pasifik.

Negara-negara tetangga yang berdekatan dengannya adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di sisi utara, kemudian Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru dari arah penjuru timur-laut, dan Selandia Baru di sisi tenggara Australia.

Negara ini menggunakan Sistem Pemerintahan Federal Parlementer dan Monarki Konstitusional di bawah bayang-bayang Inggris, berpusat pada Ibu Kota Canberra dan menggunakan Bahasa Resmi Nasional yaitu Bahasa Inggris serta Mata Uang yang mereka cetak bernama Dollar Australia.

Australia berasal dari bahasa Latin, Australis yang berarti Selatan. Sebelum nama ini ditemukan, nama-nama lain temuan Bangsa Eropa ini teruntuk daratan luas Australia seringkali dirujuk sebagai Terra Australis yang Masyhur (Tanah Asing dari Selatan).

Menurut sebuah karya yang berjudul A Voyage to Terra Australis, seorang Penjelajah Matthew Flinders bersama rekannya Sir Joseph Banks yang menyisipkan pertama kali dengan istilah Terra Australis ke dalam bukunya, karena istilah menurut mereka berdua itu bakal sangat familiar di telinga masyarakat umum. 

Akhirnya, Flinders memberikan tambahan catatan kaki supaya istilah awalnya tersebut diplesetkan menjadi Australia, agar bisa lebih nyaman didengar dan dikenali apalagi istilah itu berasal dari perpaduan nama-nama bagian bumi lainnya.

Lambat-laun setelahnya, istilah nama tersebut mulai bertahap diterima oleh umum setelah 10 tahun kemudian. Lachlan Macquarie, Gubernur New South Wales mulai menggunakan istilah ini ke dalam surat-surat perintah tugas-nya yang dikirimkan ke Inggris, dan Macquarie akhirnya menyatakan untuk mengadopsi istilah itu secara resmi di depan Kantor Kolonial. Alhasil, Angkatan Laut Inggris menyatakan setuju bahwa Benua Selatan tak bernama itu secara resmi dapat disebut Benua Australia tepat pada tahun 1824.


Simbol Negara 


Simbol Negara Australia

Arti Simbol dan Lambang Negara :
  • Bidang Biru bersimbol Union Jack : Australia dinyatakan sebagai Negara Bekas Koloni Inggris dan resmi menjadi Anggota Negara Persemakmuran Britania Raya.
  • Bintang Besar di Bagian Bawah : Simbol Persemakmuran.
  • 5 Bintang di Bagian Kanan : Perbintangan Southern Cross (Bintang Alpha, Beta, Gamma, Delta, Epsilon Crucis)

Negara Australia merupakan satu-satunya Benua yang berdiri dalam satu negara besar di Dunia dan tidak berbatasan sama sekali dengan negara-negara manapun secara jalur daratan. Negara Australia ini membagi dirinya menjadi 6 Negara Bagian, dan masing-masing negara bagian tersebut juga terkenal dengan ciri khasnya yang unik dan menarik.

Di negara tersebut memiliki 3 daerah teritorial domestik internal, yang di antaranya ialah bagian Teritorial Utara yang berpusat pada Ibu Kota Darwin, Teritorial Ibu Kota yang mencakup kawasan Ibu Kota Canberra beserta kota kecil sekitarnya, dan Teritorial Jervis Bay yang berada di Negara Bagian New South Wales, selanjutnya juga mempunyai 6 daerah Teritorial Luar Negeri.

Berbicara menyangkut Teritorial Luar Negeri, Australia sebenarnya mempunyai 8.000 lebih pulau yang tersebar dalam kedaulatan negaranya, dan Pemerintahan Australia  menetapkan 6 pulau teritorial yang berbeda-beda tempatnya, bahkan sebagian pulau tersebut juga sudah dihuni oleh penduduk asli setempat.  6 Daerah Teritorial yang ditetapkan sebagai External Territories (Teritorial Terluar) adalah cakupan Kepulauan Ashmore dan Cartier, Kepulauan Cocos/Keeling, Kepulauan Coral Sea, Kepulauan Heard dan McDonald, Pulau Norfolk dan Pulau Natal, serta Teritorial Antartika Australia.

Geografi Alam


Penampakan Alam Australia

Negara Australia merupakan Benua yang paling kering di dunia setelah Antartika, bukan berarti disebabkan karena seluruh bagian Australia didominasi oleh gurun. Daerah Gurun yang berada di Negara Kangguru hanya mencapai sekitar 35% saja dan itulah penyebab kenapa 85% populasi penduduk bertempat tinggal di setiap ujung negara diukur mulai 50 Km dari garis pantai.

Sebenarnya, di Australia banyak sekali ditemukan pemandangan yang sangat dingin, sejuk maupun tropis, dan semua itu pasti bergantung pada zona iklim yang berbeda-beda di setiap negara-negara bagian tersebut. Sobat bisa menemukan Zona Tropis yang kaya akan tanah subur dan hutan hujan di Negara Bagian Utara, Zona Iklim Sub Tropis dengan keadaannya sedikit hutan, banyak rumput dan daratan tanah datar semi kering di penghujung negara bagian timur dan barat. 

Di penghujung Tenggara Australia seperti Kota Sidney misalnya, bisa ditemukan tanah kering nan dingin ala semi tropis tetapi masih juga terdapat sebahagian daerah yang agak kering dengan banyak pohon dan tanaman yang melimpah. Di Negara Bagian Tasmania, juga memiliki level pemandangan hijau yang sangat berbeda. Selanjutnya menuju tengah Pedalaman Australia, yang dimana terdapat Gurun Great Victoria dan Great Sandy atau yang biasa dikenal dengan nama The Outback.


The Outback Gurun Merah Australia

The Outback merupakan salah satu daerah Australia yang terdiri dari tanah yang luas dengan penampakan Gurun Pasir berwarna merah dan oranye, yang terbentang di atas garis cakrawala yang hanya dihuni oleh beberapa populasi penduduk dan tempat ini bisa dikatakan jarang dapat ditemukan dimana pun. Daerah ini yang dipenuhi dengan bebatuan kasar dan kering, tidak mustahil menjadi tempat bersarang yang nyaman dan dipenuhi oleh bermacam-macam serangga beracun dan reptil berbahaya, bahkan bisa saja lebih daripada itu.

Sama menyeramkannya juga dengan Danau Hillier, danau yang aneh dan berwarna merah muda secara misterius yang belum terpecahkan hingga saat ini dan beragam alasannya muncul yang membingungkan oleh para ilmuwan sekalipun.

Satu hal yang terbesit di pikiran banyak orang saat mengenali Australia karena keindahan pantainya yang begitu terkenal. Banyak para wisatawan mancanegara yang rela berpelancong jauh-jauh untuk menikmati atmosfer indah Pantai Australia.

Mungkin beberapa diantara mereka masih mengira bahwa berjemur di bawah terik matahari di pantai selama lebih 20 menit itu boleh-boleh saja, akan tetapi fakta pahitnya yang harus mereka tahu adalah tingkat penderita kanker kulit sebenarnya cukup tinggi di Australia dan penduduk setempat (penduduk Australia) sudah terbiasa dan banyak mengetahui tindakan pencegahannya yang diperlukan tersebut.

Satwa Liar Dilindungi Australia

Saat ini, Australia menjadi sebuah rumah besar bagi kebanyakan aneka spesies hewan yang berbeda-beda, menarik dan begitu unik dari belahan dunia lain, apalagi banyak juga ditemukan beberapa spesies tahi babi disini. Ada fakta menarik, terdapat 50 spesies hewan invasif sebenarnya yang dibawa dari daratan Eropa dan Amerika. Kemudian, setelah hampir 150 tahun lamanya berkembang biak dan menyebar luas ke segala penjuru negeri Australia.

Hewan-hewan yang dimaksud ialah seperti kelinci eropa, rubah merah, kerbau, kambing, babi, unta, dan hewan yang terburuk yang pernah ada yaitu Katak Tebu Beracun yang terkenal mematikan. Tidak disangka, pelepasan liar dan penyebaran hewan-hewan invasif tersebut tenyata selalu menimbulkan kerugian biaya miliaran dollar oleh Pemerintah Australia akibat kerusakan lingkungan dan pemeliharaan terhadapnya.

Demografi Penduduk


Penduduk Australia

Australia ditempati sebanyak 23 juta lebih populasi penduduk. Sejarah singkat penyebab kebanyakan Penduduk Australia tergolong orang-orang yang berkulit putih bermula dari Kolonisasi Bangsa Inggris yang mengirimkan ratusan ribu narapidana ke salah satu daerah Australia yang bernama Botany Bay (kini dikenal dengan nama Sidney).

Pemerintah Kolonial Inggris selalu melakukan hal itu selama 80 tahun lamanya, tetapi tetap saja kebanyakan populasi Australia yang sebenarnya berasal dari orang-orang imigran asal Kolonial Inggris yang tergolong bukan narapidana hingga saat ini.

Faktanya, Australia pertama kali ditemukan bukan oleh Orang Inggris, melainkan Orang Belanda yang telah menamainya Tanah New Holland (Australia) dan Pulau Besar yang ada di sebelahnya dinamai dengan nama Tanah New Zeeland (Islandia Baru).


Suku Aborigin. Suku Asli Australia

Persentase Penduduk Australia terdiri dari mayoritas 85% populasi orang-orang Eropa, selanjutnya 12% orang-orang Asia yang kebanyakan berasal dari China, India, Vietnam dan Filipina. Kemudian, Australia juga ditempati orang-orang berkulit hitam sekitar 3% populasi penduduk yang terdiri dari 1% orang-orang Afrika (kebanyakan dari Negara-Negara Sub Sahara seperti Afrika Selatan, Mauritius, Zimbabwe, dan Sudan) dan sisanya 2% orang-orang Suku Aborigin yang merupakan suku asli Australia.

Diplomasi Kerja Sama Antar Negara


Interaksi Australia terhadap Negara Lain

Melihat banyak orang yang datang menuju Australia, penduduk Australia tampaknya sudah terbiasa dan akrab dengan orang-orang Asia asal mancanegara, terutama China dan India yang kebanyakan di antara mereka menjalani bisnis di sana.  Australia juga akrab dengan negara-negara kepulauan Ocenia, akan tetapi itu tidak berlaku untuk Fiji. Alasannya, Pemerintah Australia menolak membantu kudeta militer untuk melawan pemerintahan sah Fiji, sehingga membuat hubungan antar kedua negara tersebut menjadi retak.

Selanjutnya, Selandia Baru sudah dinobatkan menjadi sahabat terbaik dalam peringkat teratas bagi Australia, ibarat adik-kakak kandung sama halnya dengan hubungan Indonesia-Malaysia yang terkenal dengan akar serumpun. Sebabnya pun tidak jauh dari kesamaan latar belakang kebudayaan, bahasa, sejarah dan pernah senasib menjadi negara bekas kolonial Inggris.

Berlanjut menuju hubungan antara Amerika Serikat dan Australia, banyak orang-orang Amerika yang mencintai atau menyukai logat bahasa, aksen bicara dan budaya orang-orang Australia. Saking eratnya, pemerintahan Australia seakan-akan selalu ada setiap saat ketika Amerika Serikat ingin membutuhkan pertolongan apalagi saat kekuatan persekutuan mereka memang sedang diperlukan.  

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.