Wawasan Negara Afghanistan Terlengkap : Makna Simbol, Penampakan Alam, Demografi, Politik dan Diplomasi

Sekilas Pengetahuan Geografi Tentang Negara Afghanistan

Negara Afghanistan merupakan Negara Republik Islam yang berada dalam kurungan daratan Benua Asia dan diapit di antara Kawasan Asia Tengah dengan Asia Selatan, luas wilayahnya mencapai 652.000 km2 dan menjadikan negara ini termasuk sebagai negara terbesar ke-41 di dunia.

Sedangkan untuk Perayaan Kemerdekaan Negara tersebut jatuh pada tanggal 19 Agustus Tahun 1919 setelah berhasil mengembalikan kedaulatannya melalui Kebijakan Luar Negeri Bangsa Inggris yang menjajah pada saat itu. Sistem Pemerintahan yang diterapkan hingga saat ini adalah Sistem Presidensiil Unitari, Ibu Kota Negara-nya berpusat di Kota Kabul dan mata uangnya bernama Afgani (AFN)
  

Simbol Negara

Arti Lambang Triwarna Bendera Negara Afghanistan
  1. Warna Merah : Darah para pahlawan yang telah berjuang untuk Bumi Afghanistan 
  2. Warna Hitam : Masa lalu suram dan sulit yang sudah mereka hadapi
  3. Warna Hijau : Harapan, Masa Depan, dan Islam sebagai Agama Resmi Negara
Di tengah-tengah bendera, terdapat lambang negara Afghanistan yang setiap gamabr miniature tersebut tentu mempunyai makna masing-masing tersendiri. Pada lambang tersebut, terdapat gambar sebuah masjid yang memiliki 2 bendera miniature Afghanistan yang berada di setiap sisi, inilah yang menjadikan Afghanistan termasuk salah satu dari 2 negara  di dunia yang mempunyai bendera versi miniatur di dalamnya.

Di setiap sisi terdapat banyak berkas gandum, dan di atasnya terdapat Kalimat Syahadat atau Pernyataan Iman Umat Muslim. Kemudian, di bawah terdapat nama Afghanistan dalam aksara Arab, lalu di atasnya tertulis angka Tahun 1298 Hijriyah dalam angka Arab (Tahun 1919 dalam Kalender Masehi), merupakan Tahun memperingati Peristiwa Afghanistan dilepaskan dari status protektorat Inggris, dan menjadi sebuah negara yang berdaulat penuh yang diakui oleh Dunia Internasional.

Geografi Politik


Geografi Politik Negara Afghanistan

Afghanistan saat ini berada di letak Asia Tengah, yang dikelilingi dengan 6 negara lainnya, akan tetapi secara teknis seharusnya dengan 7 negara lainnya. Jika kamu melihat bentuk negara Afghanistan, negara ini seperti sebuah gumpalan besar tak terbentuk di tengah antah-berantah. Namun jika kamu melihat di bagian timur negara tersebut, nanti akan terlihat bentangan daratan yang panjang dan sempit seakan-akan ingin menjangkau ke dalam Pegunungan Hindu Kush.

Ternyata ada sejarah tersembunyi di balik itu semua, dalang utama di sini tidak jauh dari ulah Negara Inggris dan Rusia. Di Era Tahun 1800-an, Persaingan di antara Bangsa Inggris dan Rusia sedang terjadi untuk menunjukkan di antara mereka tentang Bangsa Mana yang berhasil membentuk kekaisaran terbesar di dunia dengan kolonialisasi dan pengaruh propaganda.

Pada akhirnya, Rusia langsung mengambil alih sebagian besar negara-negara di Asia Tengah, sebut saja seperti Kazakhztan, Tajikistan, dan Uzbekistan, sedangkan Bangsa Inggris cenderung ambil alih dan mendominasi di wilayah Asia Selatan, seperti India, Bangladesh, dan Pakistan. Namun, terjadi berbagai kesulitan yang dihadapi oleh Bangsa Inggris soalnya Bangsa Afghanistan ini benar-benar tidak ingin diambil alih atau dijajah sama sekali.

Peta Negara Afghanistan

Negara ini sebenarnya menjadi sebuah titik yang sangat penting dalam peta kekuasaan, apalagi dikarenakan letaknya sangat berdekatan antara Wilayah Kekuasaan Inggris dan Rusia, mendorong lahirnya keputusan Bangsa Inggris untuk mengambil wilayah tersebut pada Akhir Abad ke-19. Namun, mereka tetap harus membedakan batas wilayah teritorialnya antara Afghanistan dan negara-negara lain dalam lingkaran kolonialnya.

Pada akhirnya, Inggris menetapkan untuk menggunakan Garis Durand, sebagaimana halnya pada Pakistan yang dulu sempat dikenal sebagai India Britania, sedangkan dalam Wilayah Kekuasaan Rusia, mereka memutuskan untuk menggunakan Sungai Pani dan Palmir sebagai landasan patokan perbatasan mereka. Hinggat saat ini, permasalahannya adalah garis wilayah perbatasan yang mereka bentuk ini antara Bangsa Inggris dan Rusia sebenarnya tidak bersentuhan satu sama lain di bagian timur laut dan meninggalkan sebuah daerah penyangga besar, panjang dan sempit yang dikenal bernama Koridor Wakhan.

Koridor ini memainkan peran sangat yang besar dan penting sekali dalam dunia analisis geopolitik Afghanistan, karena garis batas yang dimiliki sangat amat pendek, hal itu disebabkan Garis Batas Wilayah Tiongkok ditemukan sepanjang kurang lebih 20 mil dari bagian paling ujung Koridor Wakhan.

Geografi Alam


Geografi Alam Negara Afghanistan

Afghanistan mempunyai susunan bentangan alam beraneka ragam yang besar maupun luas, tetapi Sebagian besar bentang alam dari negara ini sebenarnya bergunung-gunung, dengan Pegunungan Hindu Kush yang mencakup bagian wilayah timur laut dan tengah dari negara tersebut.

Dan faktanya, lelehan salju dari Gunung-Gunung ini berpotensi menyumbang sebagian besar aliran sungai yang kompleks dan sangat besar di seluruh wilayah Afghanistan. Kekayaan sumber daya alam ini seharusnya memungkinkan negara ini memiliki lembah-lembah hijau nan subur yang dimana dapat dimanfaatkan oleh banyak sektor pertanian di sana, akan tetapi sayangnya Afghanistan ini relatif masih menjadi negara yang kering.

Ada hal unik yang bisa kamu temukan di sini, konon Afghanistan memiliki tempat paling kering di dunia, Cekungan Sistan yang letaknya tidak jauh dari Sungai Dori, beberapa Ahli Geologi berspekulasi bahwa kemungkinan dahulu kala (sekitar ribuan tahun yang lalu) pernah terdapat genangan air yang besar, namun saat ini berubah total menjadi gurun kosong yang kering dan tandus.

Meskipun begitu, beberapa wilayah Afghanistan yang memiliki tanah-tanah subur masih bisa menghasilkan beberapa hasil panen terbaik yang ada di dunia, seperti Buah Delima, Buah Apricot, dan Bunga Poppy, bahkan Opium sekalipun juga termasuk komuditas utama dan terdepan dari negara ini.

Demografi Penduduk


Demografi Penduduk Afghanistan

Perlu diketahui, Populasi Penduduk Afghanistan mencapai 32 juta jiwa atau kira-kira sedikit lebih kecil bila dibandingkan populasi penduduk Kanada. Mayoritas penduduk negara teridentifikasi sebagai etnis Pashtun, atau orang-orang Suku Pashtun dan berbicara menggunakan bahasa daerahnya yang dikenal sebagai Bahasa Pashtun (Pashto). Lalu, ada etnis minoritas lainnya yang bisa ditemukan di negara tersebut, seperti orang Uzbek, Tajik, dan Hazara. 

Hal yang menarik dari mayoritas masyarakat Afghanistan (termasuk orang-orang Pashtun), ternyata kebanyakan menggunakan Bahasa Persia Afghani (Dari), dan tentunya ada hubungan erat budaya bahasa ini dengan Iran. Jadi, mereka mampu bolak-balik alias bepergian jauh antar kedua negara tersebut (Afghanistan-Iran) tanpa perlu khawatir akan mengalami masalah atau kendala bahasa yang tidak bisa dimengerti oleh satu sama lain.

Kerja Sama Antar Negara Sahabat

Negara Afghanistan ternyata memiliki cara-cara yang menarik dalam berinteraksi dengan negara lain, di antaranya adalah kesamaan dan resonansi budaya bahasa dengan Negara Iran, begitu juga upaya pendekatan dengan Negara Pakistan dan India yang telah menjadi Mitra Bisnis terbesar yang dimiliki oleh negara ini, tetapi sayangnya juga pernah mengalami hubungan pasang-surut, perseteruan dan ragam kontroversi yang menyangkut dengan 3 Negara Tetangga itu.

Mengenai negara sahabat terbaik, Negara Turki-lah yang terpilih sebagai teman terbaik dan terdekat bagi hati rakyat Afghanistan, karena ikatan diplomasi/kerja sama sejak dulu sudah terjalin erat 100 tahun lebih lamanya dengan penuh kedamaian, bahkan hingga melahirkan sebuah pepatah setempat yang berbunyi sebagaimana berikut.
Tidak ada seorang Afghanistan pun yang pernah dibunuh oleh peluru orang Turki, dan tidak ada seorang Afghanistan pun yang dilatih oleh orang Turki yang pernah mengkhianati negaranya. 
Kesimpulannya, Negara Afghanistan yang biasanya identik dengan penuh konflik dan kontroversi modern yang terjadi, ternyata merupakan sebuah negara yang indah dengan budaya dan sejarah masa lalu yang kaya dan hidup, walaupun sering tersembunyi dan selalu terabaikan dari sorotan Dunia Internasional.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Wawasan Negara Afghanistan Terlengkap : Makna Simbol, Penampakan Alam, Demografi, Politik dan Diplomasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel