Keindahan Surga Tiada Taranya Beserta Ciri-Ciri Penghuninya Terlengkap

Keindahan  Surga Tiada Taranya Beserta Ciri-Ciri Calon Penghuninya Terlengkap

Surga adalah suatu tempat kediaman di alam akhirat yang diliputi oleh berbagai kenikmatan dan kebahagiaan yang belum pernah seorang hamba Allah SWT. melihat, mendengar dan merasakan selama hidup di dunianya.

Dan ketahuilah, bahwa Surga dipersiapkan kepada setiap hamba-Nya yang bertakwa, beriman dan senantiasa beramal shalih sewaktu hidup di dunianya, dan hal itu merupakan balasan yang setimpal bagi mereka untuk selama-lamanya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT. dalam Al-Qur’an, Surat Asy-Syu’araa ayat 90.
“Dan (pada hari itu), surga didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa.”
Dan, firman-Nya dalam Surah Al-Baqarah, ayat 82.
“Dan, orang-orang yang beriman dan beramal shalih, mereka itu adalah penghuni surga, yang di dalamnya mereka kekal selamanya.”

Sifat dan Keindahan Surga

Mengenai Pintu Surga didasarkan Surah Ar-Ra’d ayat 23 dan Surah Shaad ayat 50, para penghuni surga akan menyaksikan semua pintu-pintunya telah terbuka dan mereka akan masuk ke dalamnya bersama ahli keluarga mereka yang termasuk golongan orang-orang yang sholeh, sedangkan para Malaikat masuk ke tempat mereka melalui semua pintu (Surga).

Menurut sebuah Riwayat Hadits menyampaikan, bahwa Rasulullah SAW. bersabda.
“Tidak ada seseorang yang berwudhu dari kamu dan menyempurnakan wudhu, lalu mengucapkan Asyhadu Alla Ilaaha Illallahu Wahda-hu Laa Syariika Lah Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhu Wa Rasuuluhu (Doa Setelah Wudhu). Melainkan pasti dibukakan baginya delapan pintu surga dan boleh masuk dari pintu mana saja yang dia inginkan.”
Arti yang disebutkan dalam Hadits di atas ialah, bahwa orang-orang yang benar-benar berwudhu dengan sempurna, kemudian berdo’a dengan demikian yang disebutkan (Doa Setelah Berwudhu), maka baginya akan dibukakan 8 pintu surga dan dia pun diperbolehkan masuk melalui pintu yang dia inginkan.

Selanjutnya, ada sebuah hadits yang mengabarkan Pintu Surga yang dikhususkan bagi Orang-Orang yang Berpuasa sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW. berikut ini.
“Sesungguhnya di surga, ada pintu yang bernama Rayyan, tempat pintu masuknya bagi orang-orang yang berpuasa pada Hari Kiamat kelak. Tidak ada seorang pun yang bisa masuk pintu itu kecuali orang-orang yang berpuasa melainkan penjaganya seraya memanggil ; Dimanakah Orang-Orang yang Berpuasa, lalu berdirilah mereka dan tidak ada seorang pun yang bisa masuk (melalui pintu itu) kecuali hanya mereka saja, dan jika mereka semua selesai masuk, lalu ditutup, karena itu tidak ada seseorang pun yang bisa masuk melalui pintu itu.”
Menurut Riwayat Hadist Rasulullah SAW. melalui Ibnu Abbas RA. Menceritakan bahwa Surga itu memiliki 8 Pintu dari emas yang ditaburi Jauhar (sejenis mutiara) dan ditulis pada pintu pertama dan lainnya yang berbunyi.
  1.       Pintu Pertama, Pintunya Para Nabi, Rasul, Syuhada dan Orang-orang Dermawan.
  2.       Pintu Kedua, Pintunya Orang-orang yang rajin memperbaiki, menyempurnakan Wudhu dan Sholatnya. 
  3.       Pintu Ketiga, Pintunya Orang-orang yang senantiasa membayar Zakat dengan hati yang ikhlas.
  4.       Pintu Keempat, Pintunya Orang yang senantiasa melakukan ‘Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
  5.       Pintu Kelima, Pintu Orang-orang yang mencegah/menahan hawa nafsu dan keji syahwatnya.
  6.       Pintu Keenam, Pintu Orang-orang yang menjalankan Haji/Umrah.
  7.       Pintu Ketujuh, Pintu Orang-orang Jihad Fi Sabilillah
  8.       Pintu Kedelapan, Pintu Orang-orang Bertakwa, Memejamkan Matanya dari Sesuatu Haram, dan Beramal Sholih.
Baca Juga : Jangan Terlewat ! Dahsyatnya Siksaan Neraka Allah ini Bikin Kamu Merinding dan Ciri-Ciri Penghuni Di Dalamnya

Ada sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Sahabat Abu Hurairah RA. Bahwa Nabi Muhammad SAW. pernah bersabda.
  1.           Ahli Jihad dipanggil surga melalui Pintu Jihad
  2.           Ahli Sholat dipanggil surga melalui Pintu Sholat
  3.           Ahli Puasa dipanggil dari Pintu Rayyan
  4.           Ahli Sedekah dipanggil melalui Pintu Sedekah.
Begitu juga di antara Pintu-Pintu Surga yang lainnya yaitu ;
  1.           Pintu Para Nabi dan Rasul
  2.           Pintu Zakat
  3.           Pintu Haji
  4.           Pintu Syahadat dan Sholawat
  5.           Pintu Syuhada
  6.           Pintu Shalihin
  7.           Pintu Shaddiqin
  8.           Pintu Ilmu dan Iman
  9.           Pintu Rahmat
  10. .        Pintu Taubat
Demikianlah nama-nama pintu Surga yang dijelaskan dalam Hadits Nabi Muhammad SAW, semoga kita termasuk para hamba Allah SWT. yang benar-benar beriman dan beramal shaleh sehingga kita nanti menjadi Penghuni Surga-Nya yang penuh kenikmatan dan kekal abadi di dalamnya.

Ukuran luas Surga sudah ditegaskan dalam Al-Qur’an yaitu memiliki luas setara dengan langit dan bumi. Ada sebuah hadits yang menceritakan mengenai kriteria sungai-sungai di Surga. Di dalam surga itu, terdapat 4 sungai yang mengalir, yaitu.
  •          Sungai dari air yang warnanya tidak pernah berubah
  •          Sungai air arak (Khamr) yang rasanya lezat bagi peminumnya
  •          Sungai air susu yang rasanya tidak berubah
  •          Sungai madu yang sangat bening sekali
Demikian juga di dalamnya, terdapat ada Sungai Kautsar, Sungai yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. dan pohon-pohon di sekitarnya terbuat dari Intan dan Yaqut. Selain itu, ada juga Sungai Kafur, Sungai Tasnim, Sungai Salsabila, Sungai Rahiqul Makhtum, dan Sungai Rahmat yang di belakangnya juga terdapat banyak mengalirkan sungai-sungai hingga tidak terhitung jumlahnya.

Diceritakan, Sungai Rahmat ini mengalirkan air sungai dari keseluruhan surga, kerikilnya dari mutiara yang sangat putih nan putihnya melebihi dari air embun, rasa manisnya juga sangat melebihi daripada madu dan tiada bandingnya.

Kenikmatan surga yang lainnya, terdapat hamparan permadani-permadani, bantal-bantal sandaran yang tersusun, deretan dipan-dipan (ranjang) yang bertaburan emas dan permata, dan kasur-kasur yang tebal nan empuk.

Membicarakan kenikmatan surga pasti tidak akan lepas mengenai perihal bidadari, diriwayatkan dalam haditsnya ada bidadari-bidadari surga yang dinamakan ‘Aina’ diciptakan dari 4 unsur dari misik, kafur, anbar dan za’faran dan lempungannya berasal dari air kehidupan. Semua bidadari itu sangat merindukan suami-suaminya andaikan mereka meludah di laut dunia walaupun hanya sekali saja niscaya air lautnya langsung berubah menjadi air tawar.

Baca Juga : Jangan Terlewat ! Dahsyatnya Siksaan Neraka Allah ini Bikin Kamu Merinding dan Ciri-Ciri Penghuni Di Dalamnya

Di dalam hadist lainnya diceritakan bahwa Allah SWT. menciptakan wujudnya bidadari dari 4 warna, yaitu putih, hijau, kuning, dan merah sedangkan rambutnya sehalus seperti Sutera, dari ujung jari kakinya hingga ke lututnya terbuat dari Zha’faran, mulai dari lutut sampai kedua payudaranya berasal dari Misik. Dan, dari kedua payudaranya hingga lehernya terbuat dari Anbar, dan dari lehernya sampai kepalanya terbuat dari Kafur.

Tepatnya di dada mereka selalu bertuliskan nama suaminya masing-masing dan satu nama dari sekian nama-nama Allah SWT.  yang indah. Pada setiap tangan dari kedua tangannya, ada sebanyak 10 gelang emas, tepat pada jari-jarinya memiliki 10 cincin dan pada kedua kakinya ada 10 binggel (gelang kaki) dari Jauhar dan Mutiara. Paras dan penampilan Para Bidadari Surga juga sudah dikabarkan oleh Allah SWT. dalam Qur’anul Karim, seperti paras wajahnya yang cantik jelita, bermata indah menarik, putih, bersih dan pesonanya bagaikan wanita yang sedang dipingit dalam rumahnya.

Selanjutnya, pepohonan yang ada di dalam Surga pernah diceritakan dalam Al-Qur’an Surah Al-Waqi’ah ayat 28-29.
“Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya”  
Dijelaskan juga dalam Al-Qur’an, bahwa di dalam Surga itu ada pepohonan yang rindang, buah-buahan yang banyak, jaraknya satu sama lain sangatlah dekat serta sangat menarik hati bagi orang-orang yang ingin memetiknya, dan tidak ada larangan sama sekali baginya (sebagaimana larangan memetik pohon khuldi oleh Nabi Adam dan Hawa). 

Salah satu pohon di antaranya ialah Pohon Thuba’ yang akarnya terbuat dari intan, batangnya berasal dari Yaqut, dahannya terbuat dari bahan Zamrud, serta daunnya sehalus dan seakan-akan berupa Sutera Sundus (Sutera Berbenang Emas).

Pohon ini mempunyai 70.000 dahan dan setiap dahannya selalu menyentuh Arsy Allah SWT. dan serendah-rendahnya dahan pohon ini berada di langit dunia. Buah-buahannya pun sangat dekat sekali, sehingga cukup mudah untuk dipetik. 

Kenikmatan satu lagi yang Allah SWT. berikan bagi para hamba-Nya yang kelak menjadi Ahli Surga, akan dibangunkan bangunan-bangunan megah seperti rumah, gedung hingga istana-istana kerajaan (Mahligai) di Surga yang terbuat dari emas, perak, mutiara dan yaqut yang indah.

Baca Juga : Jangan Terlewat ! Dahsyatnya Siksaan Neraka Allah ini Bikin Kamu Merinding dan Ciri-Ciri Penghuni Di Dalamnya

Adapun di Surga, memiliki masing-masing tingkatannya dan setiap tingkatannya juga terdapat kriteria Calon Penghuninya, sebagaimana berikut.

      1.       Surga Firdaus

Surga Firdaus merupakan salah satu surga yang menempati tingkatan tertinggi dibandingkan dengan Surga lainnya. Konon, tempat ini diciptakan oleh Allah SWT. dari emas dan kenikmatan yang diberikan-Nya bagi calon para penghuni Firdaus yaitu senantiasa merasakan nikmat dan suka cita yang luar biasa dan tiada hentinya, bahkan saking luar biasanya mereka sampai tidak ingin berpindah tempat ke surga lainnya.

Ciri-ciri calon penghuni surga sudah termaktub dalam Surah Al-Mukminun ayat 1-11, ialah.
  • Orang-orang yang khusyuk dalam mengerjakan sholat
  • Orang-orang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada gunanya
  • Orang yang membayar zakat tepat pada waktunya
  • Kuat menjaga diri dari segala bentuk kemaksiatan
  • Memelihara amanat yang diberikannya
  • Orang-orang yang menepati janji
  • Orang-orang yang senantiasa memelihara shalatnya
(Rujukan Ayat Surah Al-Qur’an yang diambil dari Q.S Al-Kahfi ayat 107-108; Q.S Al-Mukminun ayat 1-11).

      2.       Surga ‘Adn (Aden)

Surga ‘Adn telah diciptakan oleh-Nya berasal dari intan putih dan hanya orang-orang pilihan Allah saja yang dapat menempati surga ini. Menurut Kitab Tafsir At-Thabari, sebutan “Jannat Adn” karena tempat itu berupa kebun-kebun yang abadi dan kelak akan dijadikan sebagai tempat tinggal. Ada juga yang mengatakan, bahwa Surga ‘Adn adalah Negeri Allah yang diistimewakan untuk diri-Nya dan untuk golongan makhluk pilihan-Nya yang Dia kehendaki.

Kata ‘Adn ini diambil dari kalimat bahasa Arab; ‘Adana Fulan bi Ardhin Kadza’ artinya menempatkan si fulan di daerah tersebut dan menyuruhnya tinggal di sana. Adapun hamba-hamba pilihan Allah yang kelak akan menjadi Penghuni Surga ‘Adn, sebagaimana berikut.
  • Orang-orang senantiasa beristiqomah dalam ketaqwaannya
  • Orang-orang yang suci atau bebas dari kekafiran dan kemaksiatan
  • Orang-orang yang banyak melakukan amal kebaikan
  • Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dengan sungguh-sungguh dan niat yang ikhlas Lillahi Ta’ala
  • Orang-orang yang sabar melaksanakan ibadah hanya demi mendapatkan keridhaan Allah Ta’ala semata, dan berusaha keras untuk menjauhi diri dari perbuatan maksiat.
(Rujukan Ayat Surah Al-Qur’an yang diambil dari Q.S An-Nahl ayat 30-31).

      3.       Surga Na'im

Selanjutnya, Jannatun Na’im bisa diartikan sebagai Surga yang penuh dengan kenikmatan ini diciptakan dari perak putih. Dan, ciri-ciri orang yang termasuk golongan penghuni Surga Naim ialah sebagai berikut.
  • Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dengan sebenar-benarnya.         
  • Orang-orang yang bertaqwa dengan sungguh-sungguh dan sebenar-benarnya
(Rujukan Ayat Surah Al-Qur’an yang diambil dari Q.S Luqman ayat 8; Q.S Al-Hajj ayat 56).

      4.       Surga Ma’wa

Surga Ma’wa, Surga yang kelak akan menjadi Tempat Tinggal ini diciptakan oleh Allah Ta’ala dari Zamrud Hijau. Sedangkan para hamba Allah yang diperkenankan menempati di dalamnya adalah ;         
  • Orang-orang beriman yang senantiasa melakukan Amal Shaleh
  • Orang-orang yang bertaqwa kepada-Nya
  • Orang-orang takut kepada Kebesaran Tuhannya
  • Orang-orang yang dapat menahan diri dari maksiat dan hawa nafsu yang jahat
(Rujukan Ayat Surah Al-Qur’an yang diambil dari Q.S An-Najm ayat 15; Q.S As-Sajdah ayat 19; Q.S An-Nazi’aat ayat 40-41).

      5.       Surga Darussalam

Arti Darussalam ini dalam Bahasa Arab yang sebenarnya ialah Tempat yang Penuh akan Keselamatan. Surga ini diciptakan oleh-Nya dari Yaqut Merah, dan ciri-ciri calon penghuni Surga Darussalam ialah mereka yang memiliki iman dan keislamannya dengan kuat, percaya dan mengakui kebenaran ayat-ayat Allah Ta’ala, serta senantiasa mengerjakan amal sholeh hanya semata-mata karena Ridha Allah Ta’ala.

(Rujukan Ayat Surah Al-Qur’an yang diambil dari Q.S Al-An’am ayat 126-127).

      6.       Surga Darul Maqamah

Surga Darul Maqamah yang berarti tempat tinggal kekal nan abadi, yang di mana orang-orang yang di dalamnya tidak akan pernah merasakan letih dan lesu, tempat indah yang diciptakan oleh Allah Ta’ala ini terbuat dari permata putih.

Surga Darul Maqamah ini diperuntukkan bagi orang-orang yang banyak bersyukur, kuat tebal keimanan dan Islamnya, memperbanyak amal kebaikannya dan menjauhi kesalahan serta kemaksiatan.

(Rujukan Ayat Surah Al-Qur’an yang diambil dari Q.S Fathir ayat 34-35).

      7.       Surga Maqamul Amin

Surga Maqamul Amin yang artinya adalah Tempat Tinggal yang Penuh akan Rasa Aman, tempat ini telah diciptakan terbuat dari emas. Tempat indah yang dipenuhi rasa aman ini ditujukan bagi orang-orang yang senantiasa benar-benar menjaga ketaqwaannya hanya karena Allah Ta’ala semata.

(Rujukan Ayat Surah Al-Qur’an yang diambil dari Q.S Ad-Dukhon ayat 51).

      8.       Surga Khuldi

Surga yang dibahas terakhir kali ini, Surga Khuldi yang berarti Surga Keabadian atau kekal selama-lamanya. Surga ini terbuat dari batu Marjan Merah dan Kuning, tempat ini diperuntukkan bagi orang-orang yang bertaqwa sebenar-benarnya, yakni taat menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

(Rujukan Ayat Surah Al-Qur’an yang diambil dari Q.S Al-Furqon ayat 15).

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.


Belum ada Komentar untuk "Keindahan Surga Tiada Taranya Beserta Ciri-Ciri Penghuninya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel