8 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Jogja Untuk Kuliah dan Hidup Di Sana

Pantesan !! Ini Dia 8 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Jogja Untuk Kuliah dan Hidup Di Sana

Kuliah di Yogyakarta merupakan dambaan semua anak-anak yang sudah lulus dari SMA. Siapa yang tidak mau kuliah disana? Kota serba lengkap dan selalu menyediakan apa saja yang ingin kamu butuhkan dan diinginkan disana membuat kamu semakin ingin berlama-lama tinggal di Jogja.

Slogan Jogja Istimewa dan Jogja Berhati Nyaman, keunikan tagline inilah yang menjadikan kota ini semakin banyak dicintai dan tiada yang bisa menandingi dibandingkan dengan daerah lain. Berikut alasan-alasan inilah yang membuat Mengapa Para Pelajar dan Mahasiswa rela datang jauh-jauh ke Jogja demi menuntut Ilmu.

      1.       Pilihan Kampus Yang Lengkap Beragam

Pilihan Kampus Yang Lengkap Beragam
sumber : mamikos.com

Memilih berkuliah di Yogyakarta merupakan keputusan yang sangat tepat sekali. Kamu bisa mengambil beragam pilihan jurusan prodi apa saja yang diinginkan sesuai dengan minat dan bakatmu nanti. Disini, kamu bisa menemukan ratusan perguruan tinggi yang sudah berpengalaman dan berdiri sejak lama sekali. Tentunya, mutu kualitasnya tidak perlu diragukan lagi dan bahkan kamu juga bisa berkuliah dengan budget pas-pasan alias juga terjangkau disini.

Selain itu, berbagai fasilitas penunjang belajar juga banyak sekali dan bertebaran dimana-mana yang bisa membuat ongkos uang kamu semakin irit, misalnya Perpustakaan Kota dengan layanan akses Wifi Publik secara gratis atau Perpustakaan Grhatama Pustaka dengan akses fasilitas dan kelengkapan buku referensinya yang sangat lengkap dan ramah sekali khususnya para pelajar dan mahasiswa.

      2.       Lingkungan Yang Mendukung Untuk Berkembang

 Lingkungan Yang Mendukung Untuk Berkembang
sumber : akurat.co

Suasana iklim udara yang adem dan sejuk, menjadikan daerah ini sangat ideal dan nyaman sekali untuk ditempati. Sekaligus dengan banyaknya ribuan pelajar yang menuntut ilmu ke Jogja bisa memberikan peluang terciptanya berbagai komunitas, diskusi ilmu, kursus keterampilan dan organisasi yang bisa dijadikan mengisi waktu luang kamu dengan hal-hal yang bermanfaat.

Bagi kamu juga yang ingin memperkaya pengalaman dan mendapat nilai plus di jenjang karirmu, kamu juga bisa gampang menemukan pelatihan seminar, workshop, kajian-kajian keilmuan dan program magang bahkan ada juga yang diselenggarakan secara gratis, professional dan tokoh-tokoh pematerinya yang didatangkan juga hebat alias bukan kaleng-kaleng.

Oh iya satu hal lagi yang membuatmu betah disini, Adat kultur Masyarakat Yogyakarta yang kental sekali akan menjaga tata karma, sangat terbuka dan keramahannya juga sangat mendukung banget lho terhadap adaptasi lingkunganmu dalam bersosialisasi, jadi kamu tidak akan pernah merasa menyesal dan dijamin bikin ngangenin deh jika kamu berkuliah disini.

      3.       Biaya Hidup Yang Terjangkau Sekali

Biaya Hidup Yang Terjangkau Sekali
sumber : jogya.com

Kamu takut biaya hidup di kota rantau sangat mencekik kantong dompetmu? Jangan khawatir, disini kamu cukup menyiapkan budget Rp 10.000 saja bisa makan kenyang plus minuman dingin. Bingung mau makan dimana dan gak monoton  itu-itu saja? Tenang saja, kamu bisa cari Angkringan, Prasmanan, Burjo (hampir sekelas dengan warteg) hingga Rumah Masakan Padang dengan iming-iming Harga Mahasiswa yang sangat menjaga isi kantong dompet kamu.

Sewa kos-kosan, sampai biaya transportasi juga relatif murah meriah bahkan ada berani mematok harga sewa kos sekitar Rp 300.000 per Bulan saja. Akan tetapi, semua itu kembali kepada dirinya masing-masing, soalnya membicarakan tentang gaya hidup pastinya sangatlah berbeda dengan prioritas yang harus dikedepankan dengan namanya kebutuhan hidup.

      4.       Tempat-Tempat Nongkrong Bertebaran Di Mana-Mana

  Tempat-Tempat Nongkrong Bertebaran Di Mana-Mana
sumber : wedangkopiprambanan.com

Selanjutnya, banyaknya para pelajar dan mahasiswa yang menuntut ilmu di Jogja berimbas dengan meningkatnya kebutuhan tempat-tempat nongkrong anak muda. Suasana kekinian, ramah swafoto (instagramable), Free Wifi Access dan Live Music menjadi syarat incaran para kawula muda untuk kongkow dan menghabiskan malam dengan secangkir kopi bersama teman-teman terdekatnya.

Tawaran aneka cemilan, snack, makanan-minuman yang enak dan harga yang relatif murah terjangkau menjadikan para anak muda semakin asyik dan betah untuk berlama-lama di tongkrongan favorit mereka masing-masing.

      5.       Dekat Dengan Aneka Tempat Wisata

Dekat Dengan Aneka Tempat Wisata
sumber : eksotisjogja.com

Merasa bosan saat kuliah atau ingin jalan-jalan saat liburan, semua tempat wisata yang ada di Jogja  bisa kamu kunjungi, dari Pedestrian Malioboro, Hutan Raya, Museum, Candi-Candi, Pegunungan hingga hamparan Pantai. Andaikan kamu ingin berlibur menikmati indahnya Pemandangan Sunrise di pagi hari atau melakukan pendakian gunung, Kawasan Kaliurang dan Gunung Merapi merupakan salah satu tempat yang recommended sekali dikunjungi untuk kalian.

Ingin menikmati hangatnya semilir angin laut dan indahnya suasana pantai, kamu juga bisa mlipir menuju Daerah Selatan Jogja, di sana disediakan beragam pilihan Pantai yang indah dan sangat cocok sekali mengabadikan momen indah kamu bersama orang-orang terdekatmu.

Memang, semua wisata alam Jogja ini sangatlah indah dan lengkap sekali bahkan bisa dikatakan tiada tandingnya. Tidak salah, Jogja yang selalu diidentikkan dengan Pendidikan dan Kebudayaan di mata masyarakat kini juga bisa dijuluki Surganya Para Wisatawan.

Baca Juga :

      6.       Punya Kenalan Dari Seluruh Indonesia

Punya Kenalan Dari Seluruh Indonesia
sumber : harakatuna.com

Ratusan ribu para pendatang tiap tahunnya datang jauh-jauh merantau demi menuntut ilmu ke Yogyakarta dengan latar belakang agama, suku, dan budaya yang berbeda. Berbagai daerah dari ujung Sumatra sampai ujung Papua, bahkan Dunia Internasional sekalipun juga sangat tertarik untuk berkuliah di Jogja.

Tidak heran, Yogyakarta mendapat sebutan Miniatur Indonesia. Kamu disini bisa menemukan banyaknya komunitas-komunitas yang satu daerah asal yang sama denganmu, jadi kamu bisa memperbanyak networking social dan pengalaman baru dari orang-orang pendatang seperti mereka. Bahkan, kamu bisa saja belajar dan beradaptasi dengan sesuatu yang baru dari kultur budaya dan kearifan lokal yang dibawa mereka.

      7.       Segala Kebutuhan Ada Di Sini

Segala Kebutuhan Ada Di Sini
sumber : radarcianjur.com

Melihat banyaknya anak-anak muda yang berkunjung ke Jogja demi menuntut ilmu, dipandang sebagai peluang yang bagus bagi para pedagang dan tentunya juga para pengusaha. Semua kebutuhan komoditi pasar yang selalu digandrungi oleh anak-anak muda seperti perlengkapan barang kos-kosan, fashion, barang-barang elekronik (gadget dan laptop), makanan bahkan sampai pasokan alat tulis pun bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko dan pusat perbelanjaan terdekat.

Patut kamu syukuri disini, walaupun Yogyakarta dikenal sangat ramah dengan Masyarakat Kelas Ekonomi Bawah dan barang yang dijajakan cenderung relatif murah bukan berarti kualitasnya juga murahan dan membosankan lho. Semua model, merk atau brand-brand terkenal yang disodorkan bisa terjamin sangat beragam, dan tentunya kamu bisa menyesuaikan keperluan-keperluan yang ingin dibeli sesuai budget kantong atau selera keinginan kamu.

      8.       Event Yang Beragam dan Menarik

 Event Yang Beragam dan Menarik
sumber : radarjogja.jawapos.com

Sebagai Pusatnya Wisata Budaya, tidak heran Jogjakarta selalu membuka event acara penting atau pentas kebudayaan di waktu-waktu tertentu. Malioboro, Alun-Alun Kota, Tugu Pal Putih tidak bisa lepas dari daya tarik wisatawan yang ingin menikmati pemandangan kultur budaya yang sangat unik dan menarik tersebut.

Eitss tunggu dulu, bukan hanya itu saja. Jogja juga menyelenggarakan dengan berbagai event-event Millenial yang tidak kalah menariknya dan mampu menggaet para anak muda seperti Pameran Elektronik, Sunday Morning Market, Pasar Malam, Konser Musik, Pesta Buku bahkan sampai Student Party bagi kamu yang ingin having fun sampai larut malam.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Belum ada Komentar untuk "8 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Jogja Untuk Kuliah dan Hidup Di Sana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel