Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Karakteristik Generasi Millenial Yang Wajib Kamu Syukuri Dibandingkan Dengan Generasi Sebelumnya

4 Karakteristik Generasi Millenial Yang Wajib Kamu Syukuri Dibandingkan Dengan Generasi Sebelumnya

Apa Itu Generasi Millenial ? Generasi Millenial adalah terminology generasi saat ini banyak diperbincangkan oleh banyak kalangan di dunia dan di berbagai bidang. Millenials semula akan dipopulerkan sebagai generasi Y, karena merupakan penerus dari generasi X.

Namun di rentang memasuki Abad ke-21, Generasi Millenial yang memang diidentikan dengan Generasi Y ini, merupakan Generasi Muda yang dilahirkan dalam rentang tahun 1980-2000, atau generasi yang saat ini sudah berusia kisaran 15-34 tahun. Populasi Penduduk Indonesia yang tergolong dengan Generasi Millineal saat ini sudah terbilang sangat besar dan berpotensial, yaitu 34,45 %.

Berdasarkan berbagai penelitian, beberapa ciri-ciri yang menandai generasi millineal dan membuat kamu semakin bersyukur menjadi bagian dari generasi ini.

      1.       Generasi ini Tumbuh dalam Iklim Teknologi yang Sangat Kental.

Pada tahun-tahun ini, teknologi dan komputer mengalami perkembangan pesat. Maka, generasi ini terbiasa menerima berita dengan cepat, serta mengadopsinya dengan cepat pula. Generasi ini akan cepat mengalami kebosanan, jika menjalani metode pembelajaran konvensional, seperti yang diterapkan pada orang tua mereka.

Generasi ini menghadapi perubahan dan perkembangan teknologi yang terus-menerus dan pesat, sehingga mereka terbiasa untuk selalu mencari tantangan. Mencari yang terbaik, memperbaharui yang sudah ada, mempunyai rencana jangka panjang, mempunyai penghargaan yang tinggi dirinya.

      2.       Generasi ini Memiliki Gaya Belajar berbasis Indra

Karena teknologi berkembang semakin pesat, cara generasi ini memperoleh informasi dan memperluas wawasan pun semakin beragam. Mereka dapat belajar melalui  visual, audio, dan yang lainnya yang berbasis kepada bakat dan kepribadian mereka.

Pembelajaran mereka tercermin dari sikap yang lebih interaktif, kerja sama yang tinggi, kolaborasi, mandiri, terstruktur, penuh rasa ingin tahu, dan dapat menerima perbedaan dengan sangat baik.

      3.       Multi Tasking

Jika generasi sebelumnya, pergi ke ruang televisi untuk nonton televisi, pergi ke ruang makan untuk makan, dan ke kamar mandi untuk mandi, generasi Y dapat  melakukan beberapa aktivitas dalam waktu yang bersamaan. Ia mendengarkan musik sambil membereskan rumah.

Nonton televisi sambil ber-sms ria dari ponsel mereka, makan sambil browsing dan sesekali  berfoto dan upload foto-fotonya di jejaring social media. Selain itu, generasi ini juga merupakan internet sebagai sumber informasi apapun yang mereka butuhkan. Karena multitasking inilah, generasi ini tumbuh dengan kemampuan  yang lebih baik untuk memproses beberapa informasi dalam waktu yang sama.

      4.       Mengedepankan Passion

Generasi ini tidak lagi menggunakan falsafah “banting tulang untuk mencari nafkah”. Bagi mereka, aktivitas bekerja adalah hal yang harus dinikmati dan sesuai dengan keinginannya. Mereka begitu “mengangungkan” passion dan kenikmatan hidup. Maka, mereka tidak ragu untuk menciptakan pekerjaan-pekerjaan yang selama ini tidak terpikirkan generasi sebelumnya. Yang penting “gue banget”.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

See You Next Time….

Sumber Referensi : Buku Passion For Millenial People, Dinar Apriyanto 

Berlangganan via Email