Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Tanda Passion Pada Pekerjaan yang Sedang Dijalani Meredup


Inilah 5 Tanda Passion Pada Pekerjaan yang Sedang Dijalani Meredup


Manusia pada umumnya pasti akan merasakan kejenuhan dan kebosanan dalam menghadapi pekerjaannya, tidak terkecuali bagi pekerjaan yang sedang dilakoni itu sesuai dengan Passion-nya tersebut. Kamu harus mewanti-wanti tanda-tanda ini dan segera memperbaharui passion kamu agar bisa mengembalikan energi dan semangat hidupmu kembali.

Disarikan dari Boyatziz McKee dan Goleman (2002), ada beberapa tanda passion pada pekerjaan yang sedang kita jalani meredup.

     1.       Merasa Terperangkap


Perasaan ini hadir ketika kita menyelesaikan pekerjaan, tapi tidak lagi merasakan makna dari pekerjaan tersebut. Merasa sibuk, tapi tidak produktif alias tidak menghasilkan apa-apa. Merasa ada yang salah, namun tidak tahu bagaimana harus mengubah. Merasa ingin pergi, namun tidak mungkin karena kita punya tanggungan di rumah.

      2.       Merasa Bosan


Orang yang bosan akan kehilangan antusiasme melakukan sesuatu walaupun pada awalnya aktivitas itu sangat ia sukai. Kepuasan dalam pekerjaan, rasa riang, keinginan untuk mempelajari lebih dalam, seakan hilang entah ke mana. Di lain sisi, target pekerjaan harian tidak berubah. Penat pun menyerang.

Namun, seringkali seseorang yang sebenarnya bosan, tidak mau mengakui bahwa dirinya sedang bosan. Mereka mengabaikan bagaimana rasanya kenikmatan dan keriangan bekerja karena merasa telah mendapat kompensasi yang setimpal dengan kerja kerasnya; kesuksesan dan materi.

      3.       Merasa Tidak Berarti


Seringkali ada orang yang merasa bahwa ia bukanlah sosok yang diinginkan. Hanya menjadi cadangan atau pengganti. Ketika ia mencoba mendamaikan hatinya, ia tidak mendapat jawaban yang membuat ia merasa dibutuhkan. Justru semakin hari, ia merasa semakin kecil hati, frustasi dan akhirnya ia menyerah. Ia pun terus menjalani hidupnya sebagai “manusia kedua”, tidak pernah merasa berarti bagi sekitarnya.

      4.       Tidak Tahan Memegang Prinsip


Orang hidup haruslah punya prinsip. Walaupun prinsip hidup setiap orang tidak harus sama. Namun ada kalanya, seseorang merasa tidak ada gunanya mempertahankan prinsip yang mereka anut. Prinsip yang bertahun-tahun ia pertahankan, akhirnya runtuh di dunia kerja.

Seringkali mereka memisahkan kehidupan di kantor dengan kehidupan pribadi, sehingga yang ia lakukan di kantor bukanlah prinsip yang ia anut sebelumnya.

      5.       Ada Panggilan untuk Melakukan Hal Lain yang Berbeda, dan itu Sulit Ditolak Sekali


Misalnya, seseorang yang bekerja sebagai karyawan, pada suatu saat yang melelahkan, ia tiba-tiba ingin sekali menjadi guru. Ia tidak bisa membendung keinginan ini dan ia tiba-tiba memutuskan untuk resign dan menjadi pengajar. Tentu saja, yang salah bukan profesi yang dipilih sebagai pengganti.

Bukan juga tentang resignnya. Sikap terburu-buru tersebut yang harus kita cermati. Bisa jadi, passion kita memang berubah. Namun bisa juga, ini hanyalah perasaan ingin melarikan diri dari segala kepenatan kita.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

See You Next Time….

Sumber Referensi : Buku Passion For Millenial People, Dinar Apriyanto 

Berlangganan via Email