Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips Paling Ampuh dan Mudah Untuk Menghilangkan Stress dan Depresi Agar Bisa Lebih Bahagia


12  Tips Paling Ampuh dan Mudah Untuk Menghilangkan Stress dan Depresi Agar Bisa Lebih Bahagia

Miris sekali, banyak diantara kita yang terlalu menyepelekan dan masih awam terhadap pentingnya kesehatan mental. Bagi Generasi Millenial, Stress atau Depresi merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh dipandang sebelah mata dan sangat mengganggu produktivitas kita dalam beraktivitas sepanjang hari.

Nah, beberapa tips dibawah ini bisa membantu kamu untuk mengurangi gejala stress atau depresi yang sedang kamu hadapi saat ini, diantara lain yaitu.

    1. Jangan Terlalu Perfeksionis Alih-Alih Memberikan Yang Terbaik

Rasa perfeksionis cenderung mengalami depresi dan stress, diakibatkan selalu sibuk dan fokus terhadap kesalahan dirinya secara berlebihan. Selain itu, orang tersebut terkadang suka membandingkan dirinya dengan orang lain, selalu memikirkan harapan orang lain yang ditaruh kepadanya dan bahkan suka merasa berat untuk melakukan penolakan terhadap orang lain.

Sebaiknya, kamu berusaha mencintai dirimu apa adanya dan selalu membiasakan untuk tidak berharap terlalu tinggi kepada orang lain, karena pada fitrahnya bahwa setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing bahkan bisa saja melakukan kesalahan yang tidak kamu inginkan.

    2. Berupaya untuk Mempertahankan dan Bersikap Positif

      Kamu harus bisa menempatkan diri kamu agar berada di situasi dan kondisi yang positif, karena hal itu bisa mempengaruhi kesehatan mental dan produktivitas kamu dalam beraktivitas. Dan, kamu dianjurkan untuk segera berusaha memperbanyak teman yang baik dan menjaga attitude agar sinergi positif terus terjaga pada diri kamu.

    3. Mencari Pola Stress

Selanjutnya, kamu mencoba untuk memahami cara pola pikir yang ada pada diri kamu. Biasanya, seseorang yang mampu memahami dan mengendalikan cara berpikirnya dapat mengontrol emosionalnya, sehingga kamu bisa terhindar dari gejala-gejala stress atau depresi yang tidak kamu inginkan.

Untuk cara ini, kamu bisa memulai sesuatu dengan mencoba berbagai cara untuk memahami dirimu sendiri, berusaha mengetahui apa yang harus dilakukan dan hal apa saja yang harus dihindari (problem solving).

    4. Batasi Alkohol dan Kopi

Pasalnya, banyak orang yang menganggap bahwa meminum alkohol itu dapat mengurangi stress yang biasa dialami orang-orang selepas bekerja di kantor. Sebenarnya, kandungan alkohol itu dapat mempengaruhi sinyal sel saraf otak kamu sehingga kamu mulai merasakan lelah, linglung dan menjadi lamban.

Ditambah lagi bagi kamu pecinta kopi, sebaiknya kamu harus batasi minum kopi karena zat kafein yang ada di dalamnya bisa mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah.

Demikian hal ini, bisa membuat kamu merasa cemas dan stress yang berlebihan bahkan lebih parah lagi dapat menimbulkan gejala dehidrasi dan sakit kepala yang cukup parah bagi para pecandu kopi yang sudah akut.

    5. Jangan Melewatkan Waktu Makan

Untuk ini, kamu harus biasakan untuk segera mengisi perut sebelum memulai aktivitas kamu di awal hari. Kondisi perut kosong terkadang bisa mendorong emosi seseorang itu meledak-ledak dan mudah sekali tersinggung, jadi jangan sampai kamu lupa dan melewatkan waktu makan secara teratur.

    6. Hindari Makanan Cepat Saji

Selanjutnya, kamu harus menghindari makanan cepat saji (junk food). Perlu kamu ketahui, bahaya akan menumpuknya lemak perut yang banyak dan kadar resistansi insulin yang buruk  dari kandungan junk food ini dapat mengakibatkan stress dan depresi yang cukup kronis bagi kesehatan mental kamu.

    7. Tidur Cukup & Tepat Waktu Selama 8 Jam 

Tidur yang cukup dan tepat waktu dapat mengurangi gejala stress/depresi yang sedang kamu alami. Selain itu, hal ini ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi manusia terutama bagi kesehatan fisik dan mental. Saat tertidur, seluruh bagian tubuh akan melakukan perbaikan massal dan sel darah putih segera memperbaiki sel-sel yang rusak setelah kamu menjalankan aktivitas kamu seharian.

    8. Berolahraga Setiap Hari untuk Menjaga Kesehatan

Berdasarkan beberapa penelitian, olahraga yang dilakukan secara rutin bisa membuat pikiran dan tubuh kamu semakin rileks dan meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Gejala – gejala stress biasanya dialami seperti denyut jantung semakin cepat, tekanan darah semakin meningkat dan kondisi otot semakin menegang bisa diredam dan dinormalkan kembali menjadi keadaan semula.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga-olahraga yang berat, yang terpenting dalam hal ini selalu dilakukan secara mudah, sederhana dan rutin seperti berjalan, berlari/jogging, bersepeda, berenang atau yoga.

    9. Saat Anda Merasa Stres, Ambil Napas Dalam-Dalam

Tips yang disarankan saat ini cukup sederhana sekali, kamu bisa berusaha menenangkan diri kamu dengan mengkosongkan pikiran seakan-akan tidak ada beban masalah yang kamu hadapi saat ini dan tarik-tarik nafasmu dalam-dalam melalui hidung. Kemudian, tahan untuk beberapa saat dan setelah itu kamu hembuskan keluar dari mulut secara perlahan.

Lakukan tips ini secara berulang-ulang, jika memang cocok dirasakan terbantu sekali dengan petunjuk ini.

    10. Luangkan Waktu untuk Hobi Anda

Lupakan sejenak dengan berbagai masalah yang kamu hadapi saat ini dan alihkan pikiran kamu untuk berfokus melampiaskan emosinya dengan melakukan berbagai hal-hal yang positif seperti menyalurkan bakatmu atau melakukan hobi yang kamu senangi sekarang.

Dengan sedikit meluangkan waktu kamu dengan mengisi hobi kamu saat ini, bisa meredam emosi dan menenangkan perasaan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan waktu bersantai, meningkatkan rasa semangat dan produktif-mu kembali sampai kepuasan batin dan kebebasan bisa dirasakan.

    11. Berbicara dengan Teman Dekat dan Kekasihmu

Jangan dipandang remeh untuk hal ini, ternyata melakukan curhat dengan sekitar orang terdekatmu seperti sahabat, teman dan pacar bisa membantu untuk meredakan stress/depresi kamu yang sedang kamu alami saat ini.

Kamu bisa mendapatkan simpati, dukungan dan hiburan dari orang-orang terdekatmu dan batinmu tidak perlu merasa sesak lagi karena sudah diungkapkan kepada orang-orang kepercayaan kamu dan tidak perlu dipendam lagi.

    12. Gunakan Obat Alami Herbal Yang Terbaik

Membiasakan diri kamu untuk mengkonsumsi makanan/minuman yang sehat dan bernutrisi merupakan salah satu cara yang terbaik untuk menurunkan tensi emosional kamu.

Diantara lain kamu bisa mengkonsumsi daging ikan salmon, buah blueberry, asparagus, ubi jalar, mencium aroma lada hitam, dan kamu juga bisa mencoba untuk minum air putih, teh, jahe dan ginseng sebagai cara alternatif meredakan rasa stress atau depresi kamu.

Dan, kamu juga bisa memanfaatkan obat-obat dan tumbuhan herbal yang bisa kamu temukan di sekitar kamu seperti mencium aroma minyak kayu putih, minyak jojoba, minyak esensial kulit jeruk bergamot, aroma yang berasal dari tumbuhan lavender dan rosemerry.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar.

See You Next Time.....

Berlangganan via Email