Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hal Yang Wajib Kamu Pertimbangkan Dalam Memilih Kost


10 Hal Yang Wajib Kamu Pertimbangkan Dalam Memilih Kost

Sebelum mencari informasi lokasi kost yang akan kamu pilih, sebaiknya kamu harus tau hal-hal apa saja yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih kost yang tepat supaya kamu juga tidak merasa rugi dan menyesal ke depannya saat tinggal disana. Berikut ini, hal – hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelum memilih area kost.  

    1. Aneka Fasilitas Kost

Hal pertama yang biasanya dicek oleh Para Kost Hunter, yaitu melihat berbagai fasilitas kost yang disediakan. Wifi, Kamar Mandi Dalam, Balkon/Teras Terbuka, Dapur Bersama, Satpam bahkan AC dan sebagainya pasti disesuaikan dan disetarakan dengan harga sewa kost yang sudah dipatok.

Bahkan, ada kost yang mematok harga yang cukup terjangkau/termurah kisaran Rp 400.000 – Rp 500.000 per bulan dengan fasilitas kamar mandi dalam dan sudah terhitung biaya listrik plus airnya. Tentu, model kost tersebut menjadi surga rebutannya para perantau khususnya kalangan menengah ke bawah.

    2. Pertimbangan Harga Sewa Kost

Biaya sewa kost yang harus disetor oleh anak – anak kos tergantung peraturan masing-masing yang diterapkan oleh pemiliknya. Hitungan waktu setor biaya sewa kost per harian, bulanan, 3-6 bulanan hingga 1 tahunan, hal ini harus kamu pertimbangkan dan dipersiapkan nominal budget berapa yang harus ada di rekening kamu, karena kamu tidak boleh menunggak setor bayaran sewa kost ini atau bahkan kamu bisa diusir paksa dari situ.

    3. Pilihan Isi Kamar (Kosongan/Isian)

Selanjutnya, kamu harus mempertimbangkan model kost apa saja yang akan kamu pilih, dari model kosongan, isian, campur, bebas, khusus (putra/putri), bahkan ada yang diperuntukkan khusus pasutri (Pasangan Suami Istri). 

Jika kamu termasuk orang yang malas membawa beban-beban berat bahkan harus beli banyak barang hingga harus bolak-balik jauh, disarankan untuk mengambil model kost isian. Biasanya, pemilik kost sudah menyediakan fasilitas kamar seperti kasur, meja belajar, dan lemari pakaian untuk anak-anak kost yang memesan model kost isian ini.

 

    4. Sistem Iuran Biaya Listrik dan Wifi

Jika kamu sudah merasa informasi lokasi kosmu ini sudah tepat, sebaiknya langkah yang harus dilakukan segera ditanyakan/cari tahu mengenai biaya listrik dan wifinya. Biasanya, ada beberapa kost yang menerapkan biaya listrik ditanggung sendiri dengan cara membayar token sesuai saldo (bisa bayar via alfamart & indomart terdekat). Dan, untuk iuran wifi biasanya dikumpulkan dalam model patungan oleh anak-anak kost dan biasanya langsung disetor ke penanggung jawab kos tersebut.


5. 
Jenis Kost (Khusus/Campur)

Perlu kamu ketahui, ada banyak macam-macam model kost yang bertebaran dimana-mana seperti model kos bebas campur yang biasanya diistilahkan dengan LV (Las Vegas) dan model kos khusus. Nah, untuk model kost khusus ini biasanya terbagi 3 macam yaitu khusus putra, putri dan pasutri (pasangan suami istri).

Biasanya, kamu perlu memilah dan memilih kost yang benar-benar khusus (putra/putri) saja dan kost khusus campur yang mana disediakan juga untuk kalangan pasutri, soalnya hal itu bisa mempengaruhi suasana lingkungan sekitar kamu dan tentunya kamu tidak mau terganggu/terusik juga dengan kehidupan rumah tangga pasutri yang ada di samping kosmu kan...

    6. Lingkungan Pertemanan Sekitar Kost

Coba perhatikan bagian situasi dan suasana lingkungan anak-anak sekitar di kos yang bakal kamu tempati, jangan sampai kamu bisa terbawa pengaruh dengan lingkungan pertemanan yang buruk apalagi hingga bisa menghancurkan masa depanmu. 

Syukur-syukur, kamu mempunyai teman baik yang sudah kenal atau mungkin suasana pergaulan anak kost yang bisa membawa banyak dampak positif untuk kamu.  


7. Akses Jalan yang dilalui

Akses jalan yang dilalui sebaiknya kamu perhatikan, lihat cek kondisi jalan area lokasinya apakah mulus/rusak, apakah gampang dihapal atau banyak berbelok-belok lewat sekat jalan kecil/gang bahkan kamu juga bisa perhatikan bagian pinggir jalan apakah tersedia tempat-tempat yang kamu perlukan apa tidak keberadaannya, seperti laundry, warnet, fotocopy, minimarket dan sebagainya.


8. 
Lingkungan Kost Aman, Nyaman dan Bersih

Patut diingat, kamu wajib memperhitungkan soal keamanan, kenyamanan dan kebersihan lingkungan kost yang kamu tempati, soalnya barang-barang hingga kendaraanmu jangan sampai terjadi kehilangan karena kasus pencurian/pembobolan, dan biasanya pemilik kost selalu mempekerjakan beberapa tukang sapu secara terjadwal agar selalu menjaga kebersihan lingkungan anak kost.

    9. Peraturan dan Tata Tertib Penghuni Kost

Nah, hal terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam memilih kost adalah mengetahui peraturan dan tata tertib di kost. Biasanya, peraturan yang selalu disoroti oleh penghuni kost adalah batas jam bebas malam, peraturan buka-tutup pintu gerbang hingga tamu inap wajib lapor 1 x 24 jam di kamar anak kost. Semuanya harus kamu ketahui supaya kamu tidak merasa keberatan dengan berbagai peraturan kost yang ada, terutama bagi kamu yang pertama kali tinggal di kost.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Berlangganan via Email