Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Lokasi Yang Harus Diperhatikan Untuk Mendapatkan Kost Strategis


5 Lokasi Yang Harus Diperhatikan Untuk Mendapatkan Kost Strategis


Asrama Kos-Kosan merupakan pilihan favorit yang dipilih oleh banyak anak perantauan khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa, selain harganya begitu terjangkau serta tempatnya yang cukup nyaman dan layak untuk ditinggali. Tentu, mendapatkan lokasi kos-kosan strategis menjadi hal yang didambakan bagi para anak kos.

Berikut inilah, sebaiknya kamu wajib memperhatikan dan mengecek tempat-tempat ini agar bisa mendapatkan lokasi kos-kosan yang tepat dan strategis untuk kamu.

     1. Kampus Universitas


Kampus Universitas

Lokasi yang harus kamu cek pertama kali dalam memilih kost-mu ini adalah jarak antara tempat tinggalmu dan kampus, apakah bisa ditempuh dengan jalan kaki, naik motor atau bahkan naik angkutan umum itu sangat mempengaruhi rutinitas kegiatan kamu. Waktu yang ditempuh dan akses jalan harus perlu diperhatikan juga agar tidak menjadi kendala yang menghambat kamu untuk berangkat kuliah esok harinya.

Biasanya, jarak antara asrama kos menuju kampus yang selalu ditargetkan oleh para mahasiswa tidak jauh lebih dari 5 KM saja, dan itu pula harus diperhatikan kemudahan akses jalan, keamanan dan ketertiban lingkungan yang dilalui, jangan sampai terjadi rawan kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan kriminalitas di sekitar jalan yang dilalui tersebut.


      2. Laundry

Laundry

Pakaian kotor yang menumpuk tentu membuatmu terganggu dengan pemandangan yang tidak mengenakan dan bau yang tidak sedap. Mencuci di Laundry menjadi salah satu solusi alternatif yang tepat daripada kita mencuci pakaian sendiri yang memakan banyak tempat, tenaga dan boros waktu, mengingat jam dan tugas kuliah akan terus berjalan dan bertumpuk.

Usahakan dalam memilih laundry yang tepat, harus mempertimbangkan harga, kualitas kebersihan cuci, kerapihan setrikaan dan waktu yang akan diselesaikan supaya bisa menghemat waktu serta uang biaya hidup kamu setiap bulan. Syukur-syukur, jarak laundry yang bisa kamu tempuh hanya dengan jalan kaki saja agar tidak perlu membawa beban besar yang membuat kamu ilfeel ketika dilihat oleh umum juga.

     3. Warung Makan ( Burjo / Warteg )

Warung Makan ( Burjo / Warteg )
sumber : www.provoke-online.com
Tempat tinggal kamu berdekatan dengan warung makan adalah hal yang wajib dilakukan bagi para mahasiswa rantau. Bagaimana tidak, bayangkan saja jika kamu mager untuk pergi jauh hanya cari makanan saja dan kamu tidak bisa hanya mengandalkan Pesan Makanan secara daring entah via Go-Food atau Grab Food.

Apalagi jika kamu ingin membeli makanan dengan harga murah meriah, tentu saja agak susah ditemukan aneka menu makanan aplikasi ojek online tersebut bahkan bisa saja membuat kamu gampang ngiler dan menjadi boros kebablasan kantong bolong. Jadi, sebaiknya kamu harus mempertimbangkan keberadaan kos-kosanmu dengan jarak lokasi warung makan sekitarnya karena itu sangat penting sekali untuk kenyamanan dan kebetahan kamu di sana dalam jangka panjang.

     4. Pertokoan / Pusat Perbelanjaan

  Pertokoan / Pusat Perbelanjaan


Toko Swalayan seperti Supermarket Lokal, Indomaret, Alfamart dan sebagainya itu, biasanya pasti menjadi target sasaran untuk hunting membeli barang keperluan sehari-hari kamu. Kemudahan akses lokasi yang dekat dan harganya yang begitu terjangkau tidak perlu kamu pusingkan lagi dalam membelanjakan jatah keuangan kamu untuk barang-barang yang pokok dan penting.

    5. Fasilitas Publik


Fasilitas Publik
sumber : www.id.techinasia.com
Adanya bangunan publik seperti Tempat Ibadah, Mall, Apotek, Rumah Sakit, Lapangan Alun - Alun bahkan Foto Copy sekalipun memang termasuk tempat yang perlu diperhatikan, akan tetapi masih bersifat Opsional boleh iya boleh tidak ). Kebanyakan, hal ini dianggap nilai plus semata saja untuk jangkauan area kos-kosan bagi mereka.

Tetapi, jangan dipandang sebelah mata untuk tips ini apalagi menyangkut bagian primer pula terutama salah satunya yaitu kesehatan. Kamu juga harus menyiapkan obat-obatan dan hal-hal yang harus kamu ketahui ( Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ) jika sedang mengalami masa-masa darurat/genting.

Dari sekian tips lokasi yang sudah dipaparkan pada postingan artikel di atas, sebenarnya ada istilah singkat yang digunakan oleh para mahasiswa dalam memilih kos-kosan strategis, biasanya dinamakan dengan istilah Kawasan Segitiga.

Kawasan Segitiga yang dimaksud adalah Jarak Kos-Kosan menuju Universitas, Laundry dan Warung Makan sangat berdekatan. Nah, ketiga tempat inilah yang bisa dijadikan patokan dasar dalam memilih area kos-kosan yang tepat sesuai dengan keinginan kamu.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu. Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.


Berlangganan via Email